Pantai sekitar jakarta

Liburan tidak selalu harus mahal dan jauh dari tempat tinggal. Kamu bisa melakukan short escape tanpa perlu menginap di Jakarta. Cuti tidak habis, uang yang dikeluarkan tidak akan banyak. Bagi kamu yang tinggal di Jakarta, simak dulu yuk daftar short escape ke pantai berikut ini!

  1. Pantai Ancol

Pantai Ancol
Pantai Ancol Jakarta

(Sumber: Travel Dream)

Pantai yang paling populer di kalangan warga Jakarta dan sekitarnya adalah Ancol. Tidak hanya pantai yang menarik dan bisa digunakan untuk berenang ataupun sekedar jalan santai, kawasan Pantai Ancol memiliki aneka atraksi wisata yang menghibur dan mendidik seperti akuarium raksasa SeaWorld, Dunia Fantasi, Atlantis Water Adventure, Ocean Dream Samudra, dan masih banyak lagi. Bagi kamu yang ingin pergi ke Pantai Ancol tapi malas membawa kendaraan sendiri karena sulit mencari parkiran, tenang saja karena sudah ada bus Transjakarta yang akan mengantarkanmu.

  1. Pantai Perawan

Pantai ini bisa kamu hampiri dengan menggunakan speed boat dari Dermaga Marina Ancol karena berada di kawasan Pulau Pari yang jaraknya hanya 1-2 jam. Dibandingkan dengan Pantai Ancol, pantai ini memiliki air yang jelas lebih bersih dan jernih. Ombaknya tenang sehingga cocok untuk berenang dan snorkeling. Terdapat juga aneka permainan air seperti banana boat, sofa boat, kano, dan jet ski.

  1. Pantai Anyer

Kamu pasti sudah tidak asing lagi ketika mendengar nama Pantai Anyer, bukan? Pantai yang berjarak sekitar 30 km dari pusat Kota Jakarta ini digemari warga ibukota karena pantainya cantik dan dilengkapi dengan sejumlah fasilitas. Selain menikmati keindahan pantai yang menyejukkan pikiran, kamu juga bisa menikmati megahnya anak Gunung Krakatau yang bernama Gunung Rakata dari kejauhan. Untuk yang suka hunting foto atau mengunjungi bangunan bersejarah, mampirlah ke sebuah mercusuar tua peninggalan Belanda di masa lampau.

  1. Pantai Sawarna

Pulau Sawarna
Pantai di Pulau Sawarna

(Sumber: Banten Wisata)

Pantai Sawarna cocok untuk kamu yang ingin liburan sejenak tanpa menemukan kerumunan banyak orang. Pantai ini terbagi atas 3 kawasan yaitu Pantai Bokor, Pantai Karang Ciantir, dan Pantai Karang Taraje. Daya tarik utama dari pantai ini bukan hanya airnya yang bersih, tapi juga banyaknya gua batu kapur yang eksotis. Kamu bisa berpetualang dengan melakukan cave tubing.

  1. Pulau Tidung

Perjalanan dari Jakarta menuju Pulau ini hanya membutuhkan waktu 2-3 jam saja. Kamu bisa menumpang speed boat yang ada di Pelabuhan Muara Angke. Aneka kegiatan yang bisa dilakukan seperti snorkeling, banana boat, berenang, bersantai di tepi pantai, dan jalan-jalan mengeksplor kawasan pantai. Pulau Tidung memiliki 2 bagian yaitu Tidung Besar dan Tidung Kecil. Kedua bagian ini dihubungkan Jembatan Cinta yang sudah terkenal di kalangan wisatawan. Spot ini juga cocok untuk menikmati matahari terbenam.

  1. Pulau Pramuka

Tahukah kamu kalau Pulau Pramuka sebelumnya bernama Pulau Elang? Hal ini dikarenakan ada banyak elang bondol yang hidup di pulau tersebut. Sayangnya, beberapa waktu kemudian pulau ini ditinggalkan oleh elang bondol. Kemudian pada tahun 1950 hingga 1970, pulau ini sering dijadikan spot untuk aneka kegiatan pramuka sehingga diubah namanya menjadi Pulau Pramuka. Beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan di sini di antaranya adalah snorkeling, menikmati pemandangan matahari terbenam yang eksotis, mengunjungi tempat penangkaran penyu, hingga mengelilingi pulau menggunakan kapal wisata. Untuk mengunjungi Pulau ini, kamu bisa menyeberang dari Dermaga Marina Ancol atau Pelabuhan Muara Angke.

  1. Pulau Bidadari

Pulau Bidadari adalah salah satu pulau yang ada di kawasan Kepulauan Seribu. Jika berangkat dari Dermaga Marina Ancol, kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit saja menggunakan speed boat. Meski sudah banyak wisatawan yang berkunjung ke sini, kebersihan pantainya cukup terjaga. Airnya biru jernih dan hamparan pasir putihnya sangat bersih. Di sini juga ada banyak cottage atau penginapan yang nyaman. Cottage yang ada di Pulau ini tidak hanya berada di tepi pantai, tapi ada juga yang di tengah lautan sehingga kamu bisa langsung mencelupkan kaki ke lautan tanpa perlu beranjak jauh dari kamar.

Itulah daftar short escape ke pantai sekitar Jakarta yang bisa kamu kunjungi. Tidak perlu pikir panjang lagi, langsung saja tentukan pantai mana yang akan kamu kunjungi untuk short escape di akhir pekan ini!

241

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here