Jakarta, Tamasya – Kamboja adalah salah satu anggota negara ASEAN yang bidang pariwisatanya kurang populer di telinga wisatawan asal Indonesia. Keindahan negara Kamboja ini jarang terdengar karena tertutupi oleh berbagai masalah seperti teror dari pasukan Khmer, keberadaan ranjau darat, kemiskinan, dan keterbatasan infrastruktur.

Namun seiring dengan perkembangan infrastruktur yang semakin baik, kini Kamboja mulai dilirik banyak wisatawan mancanegara. Bagi kamu yang mulai tertarik dan penasaran dengan negara Kamboja, yuk kunjungi 8 tempat wisata di Kamboja berikut ini!

  1. Angkor Wat

Sumber: Cambodia

Berlibur ke Kamboja tidak lengkap jika tidak bertandang ke Angkor Wat yang menjadi landmark negara. Angkor Wat atau Kota Candi sendiri merupakan sebuah candi  yang berada di ibu kota Angkor pada zaman kerajaan Khmer abad 9 hingga 15. Kompleks Angkor Wat merupakan kompleks candi terindah dan terbesar di Kamboja. Luas kompleks Angkor Wat ini sekitar 200 kilometer persegi. Untuk mengelilingi kompleks ini, kamu membutuhkan waktu seharian dan menggunakan motor atau sepeda karena jarak antar candi tidak mungkin dijangkau hanya dengan berjalan kaki. Selain menjadi surga bagi pecinta peninggalan sejarah, candi Hindu ini juga digandrungi oleh fotografer. Spot foto yang paling menarik adalah pintu masuk Angkor Wat pada saat matahari terbit.

  1. Angkor Night Market

Tidak jauh dari Angkor Wat, kamu bisa menemukan Angkor Night Market tepatnya di kawasan Siam Reap. Pasar malam di sini sama dengan pasar malam di kebanyakan pusat wisata. Setelah puas mengelilingi Angkor Wat, kamu bisa puas belanja oleh-oleh atau sekedar mencari jajanan pinggir jalan di sini. Untuk oleh-oleh, kamu wajib membawa pulang sehelai kain tradisional khas Kamboja, Krama.

  1. Kratie

Kratie adalah sebuah kota yang berada di tepian Sungai Mekong. Kota ini didominasi sejumlah pasar yang di sekitarnya banyak bangunan tua peninggalan Perancis saat menjajah Kamboja. Kota kecil ini merupakan tujuan wisata yang populer di kalangan backpacker. Daya tarik kota ini selain bangunan-bangunan tuanya adalah kamu bisa menyaksikan lumba-lumba Irrawaddy yang mulai langka berenang di Sungai Mekong. Perlu kamu ketahui, saat ini hanya tersisa 66 hinga 86 ekor lumba-lumba Irrawaddy di Sungai Mekong.

  1. Bokor Hill Station

Bokor Hill Station merupakan tempat bekas perlindungan pasukan Perancis yang mundur dari kota Phnom Penh yang dibangun pada tahun 1920-an. Berada di area Kampot, tempat ini tidak lagi dihuni sejak tahun 1970. Suasananya sungguh kelam dan mencekam. Bagi para wisatawan yang ingin mengunjungi tempat ini, harus mengantongi ijin pemerintah setempat dan ditemani oleh agen tur setempat. Berani mengunjunginya?

  1. Silver Pagoda

Silver Pagoda berada di dalam kompleks istana kerajaan di Phnom Penh. Saat berkunjung ke sini, kamu akan menemukan beberapa koleksi negara mulai dari emas serta patung Buddha dari emas dan permata. Bagian dalam Silver Pagoda ini menggunakan ubin perak untuk lantainya dan lukisan kisah Ramayana yang dilukis pada tahun 1903-1904. Di luar pagoda, kamu bisa bersantai di taman-taman yang asri.

  1. Tonle Sap

Tonle Sap merupakan danau air tawar terbesar di Asia Tenggara yang terkenal dengan desa terapungnya. Meski berada di Kamboja, desa terapung di Tonle Sap ini malah didominasi oleh etnis Vietnam dan China. Di Tonle Sap juga kamu bisa menemukan berbagai macam satwa liar yang jarang ditemui di tempat lain. Tidak heran kalau tempat ini dinobatkan sebagai cagar biosfer pada tahun 1997 silam oleh UNESCO. Konon, di kawasan ini terdapat ikan lele raksasa yang panjangnya bisa mencapai 8 meter.

  1. Sihanoukville

Sumber: Vong Veng

Garis pantai di Kamboja hanya sepanjang 443 kilometer. Pantai terbaik di Kamboja ini adalah Sihanoukville. Sebagai pantai terbaik, kawasan ini memiliki sejumlah pulau dan resor mewah yang memanjakan para pengunjungnya. Kegiatan yang bisa dilakukan di Sihanoukville ini adalah bersantai di pinggir pantai berpasir putih, menikmati pemandangan hutan tropis, dan menikmati hidangan laut.

  1. Phnom Penh

Phnom Penh merupakan sebuah kota dengan kombinasi suasana romantis, bangunan tua peninggalan colonial Perancis, kuil, istana kerajaan, dan sejumlah bangunan modern. Ibu kota Kamboja ini memiliki julukan Mutiara Asia. Suasana kotanya cukup meriah karena menjadi tempat tinggal dari 2 juta penduduk dengan latar belakang budaya yang berbeda-beda. Kegiatan yang bisa dilakukan di sini tentunya mengamati kehidupan masyarakat ibu kota yang sibuk, berbelanja di Central Market, bersantai di Foreign Correspondents Club, mencicipi kuliner khas Kamboja, serta mengunjungi pagoda-pagoda.

Itulah 8 tempat wisata di Kamboja yang akan membuatmu betah berlama-lama di sana karena keindahan dan keunikannya. Yakin tidak mau pesan tiket pesawat dan booking hotel mulai dari sekarang?

417

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here