Sumber: internationaltraveller.com

Keliling Eropa jadi hal yang sangat didambakan oleh banyak traveler, tak terkecuali yang berasal dari Indonesia. Eropa sebuah benua besar ini memiliki banyak sekali negara-negara cantik yang sangat menantang untuk dijelajahi. Selain itu, traveling ke Eropa juga jadi salah satu hal yang didambakan oleh orang Indonesia yang ingin melihat salju.

Meski beberapa negara Asia ada juga yang bersalju, namun musim dingin di Eropa punya sensasi tersendiri terutam bagi traveler dari negara-negara tropis. Selain itu, Eropa juga benua di mana banyak orang orang bisa mempelajari banyak hal. Mulai dari arstitektur kuno dengan segala keindahanya, wisata sejarah dan religi bisa dilakukan di benua biru ini. Belum lagi landmark-landmark atau bangunan ikonik dan terkenal, yang membuat banyak orang terobsesi bisa mengunjungi semua negara-negara yang ada di benua Eropa ini.

Berbeda dengan benua Asia di mana beberapa negara terpisah oleh laut dan bahkan samudera, Eropa merupakan benua di mana hampir seluruh negaranya berkumpul menjadi satu di sebuah daratan yang mega luas tersebut. Kita bisa bepergian ke satu negara dan negara lain , semudah kita melakukan perjalanan dari satu kota ke kota lainnya di Indonesia.

Meskipun begitu, tetap saja pemeriksaan ketat dilakukan oleh aparat ketika traveler atau wisatawan melewati setiap batas negara tersebut. Mengingat hampir semua negara bisa dituju dengan menggunakan transportasi darat, maka kereta api jadi tranportasi favorit yang digunakan oleh penduduk benua biru itu. Tak heran jika traveler yang datang ke Eropa dan ingin nenjelajah benua ini, sangat disarankan untuk mengendarai kereta api saja.

Meskipun angkutan lain seperti bus atau pesawat juga tersedia, kereta tetap memiliki penumpang setia yang ingin menggunakan moda transportasi ini guna berkeliling Eropa. Beberapa alasan diutarakan, di antaranya harga tiket yang terbilang lebih murah dibandingkan dengan moda transportasi jenis lainnya. Dengan hanya beberapa Euro saja, Anda bisa mendapatkan tiket kereta untuk berkeliling ke beberapa negara Eropa sekaligus. Tak hanya itu, kereta-kereta di Eropa juga terkenal nyaman dan juga bersih.

Selain itu berbeda dengan di Indonesia, hampir semua kereta di negara-negara Eropa diketahui selalu tepat waktu sehingga penumpang tak akan dibuat menunggu lama. Tak hanya itu, rel kereta api di Eropa juga umumnya membelah hutan dan gunung dengan pemandangan yang sangat indah. Beda dengan pesawat, Anda bisa melihat dari dekat keindahan negara-negara Eropa ini melalui kereta yang Anda tumpangi. Nah bagi Anda yang ingin berkeliling Eropa dengan menggunakan kereta api, beberapa tips tersebut bermanfaat untuk Anda praktekkan.

Pilihlah tiket yang tepat

Berbeda dengan Indonesia di mana satu tiket bisa digunakan untuk melewati seluruh kota sekaligus di Pulau Jawa, di Eropa Anda harus memilih tiket yang tepat untuk menghemat uang dan membuat perjalanan semakin efisien. Anda bisa memilih tiket kereta dari kota ke kota atau ke beberapa negara sekaligus. Jika Anda punya waktu yang banyak dan memang ingin mejelajah dari satu kota ke kota, sangat disarankan untuk membeli open ticket yang umumnya berlaku selama satu bulan setelah tanggal penerbitannya.

Atau pilihan kedua Anda juga bisa membeli ticket with reservation, yang bisa digunakan pada hari-hari tertentu sesuai dengan jadwal Anda. Selain open ticket, ada juga rail passes yang digunakan untuk traveling dari satu negara ke negara lain di Eropa. Anda bisa membeli tiket jenis valid yang bisa digunakan selama beberapa waktu tertentu atau felxi yang berlaku selama beberapa hari saja.

Traveling dengan first class atau second class?

Sumber: etraffic.ng

Selain tiket, pertimbangkan pula untuk memilih first atau second class dalam kereta yang akan Anda tumpangi nantinya. Tiket kereta first class atau kelas utama harganya sedikit lebih mahal, namun kenyamanan dan kebersihannya sangat terjaga. Anda juga akan mendapat makan satu kali jika berpergian menggunakan tiket kereta first class ini. Anda juga punya banyak space yang bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang yang dibawa. Selain itu, tempatnya juga terbilang lebih sepi shingga Anda tak perlu terganggu dengan berisiknya penumpang lain.

Sementara itu second class atau kelas ekonomi harga tiketnya lebih murah, namun jangan berharap lebih untuk urusan privasi dan kenyamanan. Meskipun begitu kereta second class juga tidak seburuk yang Anda bayangkan kok. Anda tetap bisa beristirahat dan menikmati perjalanan dengan kereta second class ini. Bagi Anda yang akan melakukan perjalanan lebih dari dua jam, sangat disarankan untuk menggunakan first class kereta saja. Selain pelayanan yang prima, Anda juga akan mendapat layanan prioritas untuk memesan tiket lain saat ingin melanjutkan perjalanan ke kota atau negara lainnya.

Tidur nyaman dalam kereta

Meskipun perjalanan menyenangkan, namun bukan berarti Anda akan terus terjaga selama dalam perjalanan. Bahkan jika Anda berencana melakukan perjalanan pda malam hari, maka pertimbangkan pula untuk bisa tidur dengan nyaman dan tenang dalam kereta. Untuk bisa tidur dengan nyaman di kereta saat traveling keliling Eropa, ada beberapa opsi yang bisa dicoba. Salah satunya dengan menyewa sleepers, yakni kabin pribadi di mana Anda bisa tidur dan beristirahat dengan tenang. Setelah duduk berjam-jam, mungkin Anda ingin tidur dengan nyaman di tempat yang tenang.

Maka memilih sleepers ini sangat disarankan. Namun untuk menghemat biaya Anda  juga bisa memilih untuk tidur di couchettes, sebuah kabin berisi ranjang tingkat yang muat hingga enam orang. Biayanya lebih murah dibanding Anda menyewa sleepers, namun privasinya memang sedikit tidak terjaga. Untuk bisa menikmati sleepers dan couchettes, Anda wajib reservasi terlebih dahulu karena yang tersedia kadang tidak sebanyak jumlah penumpang. Memilih perjalanan malam dengan kereta untuk keliling Eropa, sama artinya Anda menyimpan sejumlah uang yang mungkin digunakan untuk tidur di hotel.

Bawa perlengkapan untuk mengusir rasa bosan

Sebenarnya, tak ada kata bosan ketika berkeliling Eropa dengan menggunakan kereta. Pemandangan baik berupa bentang alam yang indah atau desa serta perkotaan yang unik, akan memanjakan mata Anda selama melakukan perjalanan dengan menggunakan kereta ini.

Namun tentu tak selamanya Anda akan menikmati pemandangan, saat traveling ke Eropa menggunakan kereta ini. Karena itulah untuk mengusir rasa bosan, sangat disarankan untuk membawa gadget seperti laptop atau buku bacaan untuk dibaca ketika dalam perjalanan. Beberapa kereta api di Eropa uga dilengkapi sambungan WiFi, sehingga Anda bisa berinternet ria ketika menumpang didalamnya.

Selain itu Anda juga bisa membawa camilan dan makanan ringan, asal tidak berbau menyengat dan menghasilakn banyak samapah. Namun jika Anda kelaparan, ada juga kok bar atau restoran kecil di dalam kereta ini. Petugas juga bisanya akan berkeliling dengan kereta penuh cemilan dan makanan ringan yang ditawarkan untuk Anda. Namun karena harganya yang relatif mahal, Anda disarankan untuk membeli cemilan sebelum memulai traveling dengan kereta ini. Selain itu Anda juga bisa mengobrol dengan penumpang di sebelah untuk mengusir rasa bosan selama perjalanan panjang keliling Eropa ini.

Jangan bawa barang berlebihan

Saat traveling kemanapun dan menggunakan alat transportasi apapun, memang tidak dianjurkan untuk membawa barang secara berlebihan alias over packing. Selain merepotkan, belum tentu dalam kereta tersedia banyak space untuk menampung bawan Anda. Meskipun kereta first class memiliki banyak space, namun tentu saja harus dibagi-bagi dengan penumpang lain dan bukan untuk Anda sendiri saja.

Karena itulah Anda lebih baik membawa tas berukuran sedang atau kecil,  daripada sebuah koper berukuran super besar yang akan membuat Anda repot membawanya. Selain itu ingatlah bahwa traveling keliling Eropa ini berbeda dengan menggunakan pesawat. Ada kemungkinan Anda harus keluar masuk peron untuk berganti kereta dan melanjutkan perjalanan. Sekarang bayangkan jika Anda membawa banyak barang yang berat dan besar. Karena itu pilihlah untuk melakukan packing yang seringkas mungkin, agar tak menyusahkan diri Anda nantinya.

Siapkan salinan tiket atau dokumen perjalanan lain

Sebelum berangkat traveling keliling Eropa dengan kereta api, sipakan dulu surat pentng mulai dari tiket kereta, konfirmasi email pembelian tiket yang harus dicetak, paspor dan juga visa. Ada baiknya Anda memiliki copy atau salinan dari semua surat-surat penting tersebut. Meskipun menggunakan kereta api, tapi tetap akan ada petugas imigrasi yang akan memeriksa paspor Anda.

Sebelum memasuki negara tertentu, petugas akan berkeliling meminta Anda menunjukkan paspor dan visa jika diperlukan. Karena itulah siapkan semua dokumen penting itu, selayaknya ketIka Anda akan terbang ke luar negeri menggunakan pesawat. Oh ya sebelum naik pesawat, pastikan paspor Anda mendapat cap atau validasi dari sebuah mesin yang ada  di stasiun atau platform kereta. Sebab jika petugas tak menemukan tanda validasi ini, Anda bisa dikenai denda yang sangat besar jumlahnya.

Ketahui stasiun tujuan Anda

Sumber: wsj.com

Sama seperti di Indonesia, ada beberapa kota di Eropa yang memiliki nama yang sama seperti kota Basel di Jerman dan Perancis. Bukan tak mungkin kedua kota itu akan dilewati kereta yang Anda tumpangi ini. Mengingat kedua kota itu memiliki nama yang sama namun di dua negara yang berbeda, ada baiknya Anda benar-benar memperhatikan dan mengetahui destinasi tujuan traveling.

Lihat tiket Anda baik-baik untuk menetukan di kota mana Anda akan berhenti selanjutnya. Namun jika Anda keliru dan turun di staiusn yang salah, segera cari taksi untuk mengejar kereta di stasiun selanjutnya dan melakukan booking lagi. Tentu hal ini sangat merepotkan dan melelahkan. Karena itu Anda wajib memperhatikan pengumuman dan mengetahui pasti di stasiun mana Anda harus turun nantinya.

Nikmati perjalanan Anda namun pastikan tak menganggu penumpang lain

Orang Eropa diketahui sangat menjunjung tinggi yang namanya privasi. Karena itulah jika kebetulan Anda duduk di samping mereka, pastikan Anda tak menganggu privasi teman duduk Anda ini. Anda tetap bisa bersikap ramah dan mencoba mengobrol, namun begitu mereka menunjukkan isyarat tak ingin melanjutkan obrolan maka sebaiknya Anda memahami itu. Selain itu, pastikan Anda tidak berisik atau bersuara keras yang bisa mengganggu penumpang lain selama dalam perjalanan ini.  Saat mendengarkan musik pun, pastikan suara dari headphone atau earphone hanya didengar oleh Anda sendiri saja.

244

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here