Jakarta, Tamasya – Tingkat kepopuleran Belitung sebagai destinasi wisata dalam negeri kian meningkat berkat film Laskar Pelangi yang tayang pada tahun 2008 silam. Belitung ini terkenal dengan pemandangan alamnya yang begitu mempesona, terutama pantai-pantai berpasir putihnya. Saking populernya, Belitung ini disebut-sebut sebagai Bali Baru oleh pemerintah.

Nah buat kamu senang berwisata, jangan ngaku sudah keliling Indonesia kalau belum pergi ke Belitung dan mengunjungi tempat wisata wajib berikut ini!

  1. Pantai Tanjung Tinggi

Salah satu adegan dalam film Laskar Pelangi disyuting di Pantai Tanjung Tinggi. Pantai ini berada di antara Tanjung Kalam dan Tanjung Pendam. Kata “Tanjung” pada nama pantai ini berarti semenanjung, sedangkan “Tinggi” berarti bebatuan yang tinggi. Secara harafiah berarti pantai dengan bebatuan tinggi.

Saat tiba di pantai ini kamu akan mendapatkan pemandangan pantai yang tidak biasa. Pantai seluas 80 ha ini memiliki air jernih, hamparan pasir putih, dan ratusan batu granit dalam beragam ukuran yang berdiri di sekitar pantai. Sangat cantik dan mengagumkan.

Pantai Tanjung Tinggi merupakan sebuah pelabuhan nelayan, ombaknya tenang sehingga cocok untuk wisatawan yang ingin bersantai di sana. Kegiatan yang harus kamu lakukan di sana adalah berenang, diving, dan snorkeling. Namun harus berhati-hati dengan keberadaan ubur-ubur yang bisa menyengat tubuhmu. Para pemburu matahari terbenam, jangan lewatkan pemandangan matahari terbenam yang eksotis di sini.

  1. Bukit Berahu

Bukit Berahu merupakan sebuah bukit yang terhubung dengan bungalow dan restoran. Lokasinya dekat dengan Tanjung Tinggi. Di Bukit Berahu ini ada sebuah pantai yang cukup private di bagian kaki bukit. Untuk mengunjungi pantai ini, kamu harus menuruni sejumlah anak tangga dari bungalow. Karena terbilang cukup private, pantai ini tidak dikunjungi banyak orang. Sangat cocok untuk kamu yang sedang menjalani bulan madu atau sekedar ingin mencari ketenangan di tengah alam yang asri.

  1. Danau Kaolin

Sumber: Katalog Wisata

Danau Kaolin merupakan bekas area tambang di Belitung. Keunikan dari Danau Kaolin ini adalah perpaduan warnanya yang cantik. Bebatuan besar di sini berwarna putih bersih dan kontras dengan warna biru air. Sangat cantik. Tempat ini sangat cocok untuk kamu yang gemar fotografi atau sekedar ingin mempercantik tampilan media sosial. Saking cantiknya, tidak jarang Danau Kaolin menjadi lokasi pemotretan pre-wedding.

Sebagian besar masyarakat percaya bahwa air di Danau Kaolin ini bisa membuat kulit terasa lebih halus dan lembut.

  1. Pantai Nyiur Melambai

Pantai Nyiur Melambai berada di Desa Lalang, Belitung Timur. Selain Pantai Tanjung Tinggi, Pantai Nyiur Melambai ini juga menjadi tempat wisata favorit. Suasananya sangat rindang karena memiliki banyak pohon pinus di sekitarnya, cukup mampu menyejukkan tubuh yang kepanasan akibat suhu udara tinggi di Belitung. Beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan di sini adlaah berenang, bermain voli pantai, bahkan panjat tebing.

  1. Pulau Pasir

Pulau Pasir merupakan sebuah pulau kecil yang terbentuk dari tumpukan pasir yang akan terlihat saat air laut surut. Pulau yang sering muncul dan tenggelam ini ukurannya sangat kecil, kurang lebih setengah ukuran lapangan bola. Para wisatawan senang mengunjungi Pulau Pasir ini untuk bermain pasir sepuasnya.

  1. Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas yang berada di Kecamatan Sijuk ini terkenal dengan bangunan mercusuarnya yang sudah tua. Meski sudah tua, mercusuar ini masih aktif hingga saat ini. Mercusuar setinggi ini dibangun pada tahun 1882 oleh Belanda. Jika sudah sampai pulau ini, sempatkan diri untuk naik ke atas mercusuar dan menikmati pemandangan pulau dan deretan batu-batu granis di sepanjang pantai. Jika tidak kuat naik hingga ke puncak mercusuar, tenang saja karena di setiap lantai mercusuar ini ada jendela yang bisa digunakan untuk memandang.

  1. Museum Kata Andrea Hirata

Sumber: Indonesia Kaya

Museum kecil yang berada di Jalan Raya Laskar Pelangi, Belitung Timur ini merupakan tempat untuk memamerkan karya tulisan milik Andrea Hirata, pencipta novel Laskar Pelangi. Mulai dari isi novel, foto-foto, beberapa kalimat inspiratif, dan sampul novel Laskar Pelangi yang diterbitkan dalam berbagai bahasa. Museum ini wajib dikunjungi oleh kamu penggemar Laskar Pelangi dan karya tulis lainnya.

  1. Pantai Punai

Pantai Punai berada di Desa Tanjung Kelumpang yang lokasinya cukup jauh dari ibu kota Tanjung Pandan, sekitar 93 km. Meski harus menempuh perjalanan jauh, semua rasa lelah akan terbayarkan karena kamu akan disuguhi pemandangan yang luar biasa indah. Air Pantai Punai ini berwarna biru, di sepanjang pantai kamu bisa bermain pasir putih yang bersih. Di beberapa sudut pantai, ada hamparan batu-batu granit kecil yang cantik. Di pantai ini ada Pulau Punai yang bisa dikunjungi dengan berjalan kaki ketika air laut surut. Pantai ini cocok untuk kamu yang ingin beristirahat dari kesibukan sehari-hari.

205

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here