Malaysia, negara yang berdekatan dengan wilayah Kepulauan Indonesia ini menjadi salah satu negara favorit wisatawan asal Indonesia. Alasannya sederhana, lokasinya dekat dan tidak perlu khawatir dengan kendala bahasa atau makanannya karena mirip-mirip dengan Indonesia. Negara ini bisa dibilang cocok bagi para wisatawan yang baru pertama kali ke luar negeri.

Lalu, destinasi wisata populer apa saja yang ada di Malaysia? Simak daftarnya berikut ini dan susunlah jadwal untuk mengunjunginya saat liburan mendatang!

  1. Kuala Lumpur

Jalan-jalan ke suatu negara kurang afdol jika tidak berkeliling di ibu kota. Kuala Lumpur adalah ibu kota Malaysia sekaligus kota terbesar di Malaysia. Kota Kuala Lumpur diapit oleh Pegunungan Titiwangsa dan Selat Malaka. Kota ini juga menjadi area pertemuan dua sungai yaitu Sungai Klang dan Gombak. Meski merupakan ibu kota, ternyata pusat pemerintahan Malaysia berada di Putrajaya, sedangkan yang ada di sini hanyalah Istana Negara Malaysia. Tempat wisata yang harus kamu kunjungi di sini adalah Menara Kembar Petronas, Menara Kuala Lumpur, Masjid Jamek, Masjid Negara Malaysia, Dataran Merdeka, dan Lake Garden.

  1. Kota Kinabalu

Sumber: Nomad is Beautiful

Bagi pecinta tempat wisata alam, berkunjunglah ke Kota Kinabalu yang menjadi favorit para wisatawan mancanegara. Ibu kota dari negara bagian Malaysia Timur, Sabah, ini memiliki Gunung Kinabalu sebagai landmarknya. Pemandangannya sungguh mempesona. Tempat wisata lainnya yang perlu dikunjungi di sini adalah Tanjung Aru, Pulau Manukan, Masjid Negeri Sabah, Masjid Bandaraya Kota Kinabalu, Gaya Street, dan Kinabalu Park.

  1. Kuching

Kuching adalah ibu kota dari negara bagian Sarawak yang ada di Malaysia Timur. Lokasinya berada di sebelah barat Pulau Borneo. Kota Kuching merupakan pintu masuk bagi sejumlah wisatawan yang ingin berkunjung ke Sarawak dan bagian Malaysia Timur lainnya. Saat berkunjung ke sini, pastikan untuk mencatat tempat wisata seperti Bako National Park, Semenggoh Wildlife Centre, Rainforest World Music Festival, State Assembly Building, The Astana, Fort Margherita, Kuching Cat Museum, Sarawak State Museum, dan Kuching Wetlands National Park.

  1. Johor Baru

Johor Baru merupakan ibu kota dari negara bagian Johor. Berdasarkan geografis, kota ini berada di tepi Selat Johor, ujung selatan Semenanjung Malaysia. Johor Bahru dan Singapura yang berdekatan bisa ditempuh menggunakan Johor-Singapore Causeway. Kota yang bernama Tanjung Puteri atau Iskandar Puteri pada zaman dahulu ini mendapatkan pengaruh dari Singapura untuk bidang perekonomiannya. Saat berkunjung ke Johor Bahru, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati tempat wisata seperti Istana Besar, Masjid Negeri Sultan Abu Bakar, Danga Bay, Dataran Bandaraya, dan Legoland Malaysia.

  1. Genting Highlands

Genting Highlands atau biasa dikenal dengan sebutan Resorts World Genting ini merupakan sebuah kawasan wisata yang berada di Pegunungan Titiwangsa. Lokasinya berada pada ketinggian 1.740 meter di atas permukaan laut. Kawasan wisata ini pertama kali dibuka pada tahun 1965 dan terus berkembang hingga saat ini. Genting Highlands ini bisa dicapai melalui 2 jalur. Pertama adalah melalui jalur darat dari Kuala Lumpur dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Jalur berikutnya adalah dari Batang Kali, Selangor, menggunakan cable car Genting Skyway yang memiliki jarak tempuh sekitar 3,38 km. Cable car ini diklaim sebagai jalur gondola terpanjang di Asia Tenggara sehingga patut kamu jajal. Tempat wisata utama yang harus kamu kunjungi adalah 20th Century Fox World, Chin Swee Caves Temple, Genting Strawberry Farm, dan Highlands Mushroom Farm.

  1. Bandar Melaka

Sumber: Malacca

Bandar Melaka atau Malacca City merupakan  ibu kota dari negara bagian Melaka. Berdasarkan tata geografis, Bandar Melaka berada di tepi Selat Malaka. Melaka pertama kali ditemukan oleh Parameswara, seorang Pangeran Sumatra yang melarikan diri saat Kerajaan Sriwijaya jatuh ke tangan Kerajaan Majapahit. Pada masa Kesultanan Melaka, Bandar Melaka menjadi pusat perdagangan utama di Selat Malaka dan seluruh wilayah Asia. Melaka dulu sempat dikuasai oleh Spanyol, tidak heran sejumlah bangunan yang ada di sana bernuansa seperti di Spanyol. Bisa dibilang Melaka ini seperti miniaturnya Spanyol. Sejumlah tempat wisata yang bisa kamu kunjungi saat berada di Banda Melaka ini adalah Taming Sari Tower, Masjid Selat Malaka, Gereja St Paul, Kuil Cheng Hoon Teng, Stadthyus, dan Chinatown.

  1. George Town

George Town adalah ibu kota dari negara bagian Penang. Pada zaman dulu, kota ini bernama Tanjung Penaga atau Cape Penaigre. George Town juga merupakan salah satu dari kota tertua yang ada di Selat Malaka. Beberapa tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di George Town adalah Kapitan Keling Mosque, Kek Lok Si, Sri Mahamariamman Temple, Church of the Assumption, Jubilee Clock Tower, Penang Botanic Gardens, Penang Hill, dan masih banyak lagi.

652

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here