Sumber: gadventures.com

Punya rencana traveling ke luar negri dalam waktu dekat ini? Jika iya coba deh rencanakan untuk berlibur ke Thailand. Kenapa Thailand? Ya selain lokasinya yang lumayan dekat dengan Indonesia, Thailand juga punya sejuta pesona yang akan membuat traveling kamu semakin menyenangkan. Selain itu sama seperti Indonesia, Thailand juga punya landscape atau pemandangan alam yang sangat indah dan akan membuat terpesona. Tak hanya itu negara berjuluk Gajah Putih ini juga memiliki adat dan kebudayaan yang banyak dan beragam, sehingga kamu tidak akan menyesal telah mengunjungi negara dengan ibu kota Bangkok ini. Selain itu, Thailand juga punya bergama kuliner lezat yang bisa memanjakan lidah, dan juga masih banyak lagi alasan lain yang patut kamu pertimbangkan untuk memilih negara ini sebagai tempat destinasi untuk liburan.

Beberapa tahun belakangan ini, Thailand memang sedang gencar-gencarnya mempromosikan wisata mereka secara internasional. Negara dengan luas lebih dari 500 ribu kilometer ini cukup beruntung karena dianugerahi bentang alam yang beragam dengan pegunungan dan laut yang cukup indah, dan pastinya akan membuat wisatawan terpesona. Rakayatnya pun dikenal cukup ramah kepada pendatang, meskipun tak banyak dari penduduk lokal yang mahir menggunakan bahasa Inggris dalam keseharianya. Tak hanya itu sebagai salah satu negara di kawasan Asia tenggara, Thailand juga memiliki keragaman budaya yang menjadi daya tarik lain negara raja Maha Vajiralongkorn ini. Hal itu terlihat dari banyaknya peninggalan berupa kuil kuno, dan juga festival rakyat yang menunjukkan betapa beragamnya budaya di Thailand ini.

Selain itu masih banyak loh alasan lain yang membuat Thailand layak banget jadi destinasi traveling kamu selanjutnya. Seperti dikutup dari berbagai sumber, inilah 9 alasan mengapa kamu harus traveling ke Thailand.

Thailand punya ratusan kuil kuno yang megah dan indah dan tak mungkin kamu temukan di negara lain

Sumber: remotelands.com

Kuil menjadi salah satu bagian yang tak terpisahkan dari Thailand. Selain sebagai tempat kegamaan dan pemujaan pada raja, kuil juga menjadi magnet yang menarik wisatawan untuk datang dan berkunjung ke Thailand. Kuil megah punya Thailand bukan cuma Angkor Wat saja loh, masih banyak kuil-kuli megah lain yang sayang banget kalau tidak dikunjungi seperti:

  • Sukhothai. Ini adalah sebuah kuil besar yang juga menjadi satu dengan beberapa istana milik raja. Berlokasi di Sukhothai Historical Park, kamu bisa menjelajahi kuil ini dengan berjalan kaki, naik sepeda atau menggunakan transportasi umum yang bernama tuk tuk.
  • Wat Phra Sri Sanphet. Melipir ke kawasan Ayutthaya, ada juga sebuah kuil Budha yang megah dan indah bernama Wat Phra Sri Sanphet.
  • Wat Phra That Doi Suthep. Di kawasan Chiang Mai juga ada sebuah kuil indah yang dikenal dengan nama Wat Phra That Doi Suthep. Begitu datang kesini, kamu akan dibuat terpesona dengan warna emas berkilau dari kuil Wat Phra That Doi Suthep ini.
  • Wat Mahathat. Selain Wat Phra Sri Sanphet, kawasan Ayutthaya juga punya satu lagi kuil yang wajib dikunjungi yakni Wat Mahathat. Background pemandangan alam yang indah, membuat kuil Wat Mahathat ini sayang untuk tidak kamu kunjungi.

Penduduknya ramah dan suka tersenyum

Mungkin belum banyak dari kamu yang tahu namun Thailand mendapat julukkan sebagai Land of Smiles. Sebutan ini cukup beralasan sebab memang penduduk lokal Thailand cukup ramah dan terbuka pada para pendatang atau wisatawan. Bahkan banyak wisatawa yang berbagi pengalaman, mengaku mereka sama sekali tak pernah melihat ada orang Thailand yang marah-marah. Meskipun begitu, kamu tetap tak boleh seenaknya saat sedang berada di Thailand. Rakyat Thailand dikenal sangat mencintai rajanya. Terbukti saat Paduka Yang Mulia Raja Bhumibol Adulyadej meningal dunia pada 2016 yang lalu, Thailand mengadakan masa berkabung selama setahun untuk menhormati sang Raja. Jadi jangan sekali-kali kamu mengeluarkan kata-kata kasar atau menghina sang Raja. Bisa-bisa kamu langsung bermasalah dengan hukum dan dijebloskan ke dalam penjara.

Street foodnya yang terkenal lezat

Selain kuil, Thailand juga terkenal dengan street food mereka yang bertebaran di berbagai penjuru kota. Dimana saja di Thiland, kamu bisa menemukan pedagang pinggir jalan yang menjajakan makanan lezat aneka rupa. Mulai dari kuliner lokal seperti Khao phat kaphrao mu (sejenis nasi goreng dengan bumbu khas Thiland), tom yum, Chuchi pla thu so (sejenis kari ikan dengan  kuah kental) dan masih banyak lagi yang lainnya. Tak perlu jauh-jauh sepuratan Bangkok saja, bisa kamu temui banyak penjual makanan pinggir jalan yang pastinya akan membuat kamu ngiler. Bagi traveler Muslim, tidak sulit kok menemukan makanan halal di street food Thailand mengingat Islam adalah agama terbesar kedua setelah Budha di negara ini. Para penjaja makanan pun akan berkata jujur jika kuliner yang mereka jual ini halal atau tidak.

Kamu juga akan melihat satu-satunya danau berwarna pink di dunia

Saat di Thailand, jangan lupa untuk mengunjungi kawasan Udon Thani yang terkenal dengan danau pink satu-satunya di dunia ini. Ya danau yang ada di wilayah ini memang berwarna pink, karena tertutup ribuan bunga teratai berwarna merah muda. Bunga-bunga teratai ini menutupi hampir sebagian besar danau, menciptakan warna pink yang cantik dan alami. Jika dari kejauhan, danau di Udon Thani ini seolah berwarna pink karena teratai merah muda yang memenuhi sekitarnya. Untuk bisa melihat pemandangan menakjubkan saat semua teratai mekar sempurna, disarankan kamu mengunjungi Udon Thani antara bulan November dan Februari.

Khao Sok National Park yang tak boleh untuk kamu lewatkan

Traveling ke Thailand tak lengkap rasanya jika tak mengunjungi taman nasional Khao Sok National Park ini. Dengan luas mencapai 739 meter persegi, taman nasional Khao Sok National Park ini menyimpan pemandangan alam yang indah dan dijamin keasriannya. Kamu juga bisa menikmati pemandangan yang merupakan perpaduan antara laut yang berwarna biru, dan batu-batuan karang yang menjulang dengan gagahnya. Selain itu keragaman hayati taman nasional ini tak perlu untuk dipertanyakan lagi. Kamu berkesempatan untuk melihat beberapa binatang langka seperti Gibbon atau sejenis kera kecil yang dikenal dengan nama Owa di Indonesia, tapir, anjing liar Asia dan masih banyak lagi hewan langka yang bisa kamu lihat disana.

Surganya pantai indah nan eksotis

Sama seeprti Indonesia, Thailand juga memiliki banyak sekali pantai yang indah dan eksotis. Secara geografis, Thailand berbatasan dengan teluk Thailand di sebelah selatan dan laut Andaman di bagian tenggara. Hal ini memungkinkan Thailand untuk memiliki banyak pantai indah nan eksotis. Dua yang paling terkenal adalah Krabi dan Phuket. Bagi kamu yang pernah menonton film Leonardo DiCaprio berjudul The Beach, setting pantai yang indah tersbeut mengambil tempat di Krabi, Thailand ini.

Laut berwarna biru tosca dengan pantai berpasir putih yang lembut, membuat Krabi tak pernah sepi dari kunjungan wisatawan. Selain Krabi, Thailand juga terkenal dengan pantai Phuketnya. Bisa dibilang Phuket adalah salah satu pantai dimana wisatawan dari seluruh penjuru dunia, berkumpul dan berinteraksi satu dengan lainnya. Sama seperti Krabi, Phuket juga punya laut yang berwarna biru cerah dengan pasir putih yang lembut, dan batu karang yang membingkai apik pantai ini. Meskipun pernah porak poranda akibat terjangan tsunami pada 2004 yang lalu, kini Phuket telah sepenuhnya pulih total dan menjadi atraksi wisata yang tak pernah tidur.

Event festival budaya seru yang sayang dilewatkan

Seperti disebutkan diatas, ragam budaya Thailand masih bertahan hingga saat ini. Keragaman budaya ini membuat Thailand memiliki banyak festival kebudayaan yang sayang untuk dilewatkan oleh wisatawan. Salah satu yang paling terkenal adalah Songkran festival, yang biasanya berlangsung antara tangal 13-14 April setiap tahunnya. Karena berlangsung selama musim panas, maka festival ini identik dengan perang air dimana-mana. Kamu bisa mengikuti Songkran dan berbaur dengan penduduk sekitar, untuk menikmati sensai disemprot air dimana-mana. Selain Songkran kamu juga bisa melihat Phuket Vegetarian Festival, dimana penduduk keturunan Thailand-China melakukan atraksi unjuk kekebalan dengan melukai tubuh mereka dengan benda tajam.

Bagi penggemar satwa, jangan pula lewatkan Monkey Buffet Festival yang diselenggarakan di Lopburi, Bangkok bagian utara. Setiap tahunnya pada tanggal 25 November, warga lokal akan menyediakan lebih dari 4000 kilogram buah untuk monyet-monyet di depan kuil Pra Prang Sam Yot provinsi Lopburi ini. Festival ini sebagai wujud terimakasih warga sekitar, karena monyet-monyet ini menjadi magnet yang menarik wisatawan berkunjung ke provinsi ini. Saat festival Monkey Buffet, kamu akan melihat tingkah monyet-monyet lucu yang berebut gunungan buah-buahan, dan seolah tak mengindahkan wisatawan yang datang berkunjung kesana.

Berenang bersama hiu paus raksasa di Koh Tao

Sumber: bigbluediving.com

Bagi kamu penggemar liburan ekstrim, berkunjung ke kawasan pantai Koh Tao tak boleh sekalipun untuk dilewatkan. Kenapa, karena di Koh Tao kamu bisa punya kesempatan untuk berenang bersama dengan hiu paus raksasa (Rhincodon typus) yang nyaris punah tersebut. Selain Nabire di Indonesia, Koh Tao masuk dalam daftar 5 lokasi di dunia sebagai tempat tinggal spesies raksasa lautan ini. Dengan ditemani pemandu, kamu akan diajak berinteraksi dengan hiu paus raksasa ini dari dekat. Selain menikmati atraksi ekstrim ini, Koh Tao juga dikenal dengan pentainya yang indah dan eksotis. Bedanya dengan Krabi dan Phuket, di Koh tao air lautnya terlihat berwarna biru kehijauan. Meskipun begitu, keindahan Koh Tao ini tak kalah dengan dua pantai populer di Thailand itu.

Dimana lagi melihat gajah bertanding polo selain di Thailand

Atraksi Gajah memang bisa di temukan di mana saja, bahkan Indonesia sendiri punya Way Kambas sebagai salah satu pusat pelatihan gajah terbesar yang pernah ada. Namun pernahkah kamu melihat gajah bertanding olah raga Polo seperti di Thailand ini? Di Thailand ada event tahunan yang disebut sebagai Piala Raja atau King’s Cup, dimana gajah-gajah dengan para pawangnya akan bermain olah raga Polo. Selain melihat uniknya gajah bermain olahraga polo, acara ini juga bermaksud untuk menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya pelestarian hewan darat raksasa ini.

777

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here