Sumber: cheapoair

Untuk sebagian orang, traveling identik dengan perjalanan jauh yang memakan banyak waktu, tenaga dan juga biaya. Karena itulah mereka enggan untuk melakukan traveling karena membayangkan banyaknya biaya yang harus dikeluarkan, untuk melakukan perjalanan ini. Apalagi jika traveling yang dimaksud berhubungan dengan wisata, atau menjelajahi tempat yang benar-benar baru dan belum dikunjungi sama sekali.

Bayangan budget dan biaya besar yang harus dikeluarkan acap membuat sebagian orang merasa gentar untuk melakukan traveling, meskipun aktivitas ini terbilang menyenangkan dan memiliki banyak manfaat bagi orang yang melakukannya. Tapi bener ga sih kalau melakukan traveling itu membutuhkan banyak biaya? Kalau cuma punya budget pas-pasan, bisa enggak kita tetap traveling dan menjelajahi tempat-tempat baru yang belum dikenal sebelumnya?

Pendapat traveling membutuhkan banyak biaya memang tidak salah sama sekali. Yang namanya perjalanan baik itu dosmetik ataupun internasional memang membutuhkan biaya, yang mau tak mau harus dikeluarkan oleh orang yang melakukanya. Namun bukan berarti jika kita punya budget pas-pasan, tidak bisa melakukan traveling atau bahkan menejalah dunia. Kamu ga harus jadi kaya raya untuk bisa traveling. Apapun bisa dilakukan jika ada niat dan juga kemauan. Namun bukan berarti kamu tidak membutuhkan biaya sama sekali untuk melakukan traveling ini. Kamu tentu perlu untuk tetap memiliki candangan uang atau anggaran, agar bisa melakukan traveling ke tempat-tempat yang kamu sukai. Tentu saja kamu juga  harus kreatif untuk memikirkan cara bagaimana traveling bisa tetap dilakukan, dengan biaya dan budget yang terbatas.

Di internet sendiri banyak traveler yang membagi pengalaman mereka melakukan traveling dengan budget yang terbatas. Tentu saja perjalanan seperti ini bukanya tanpa resiko. Kamu bisa saja kehabisan uang di tengah perjalanan, dan tak tahu mau minta tolong pada siapa. Jika kamu traveling di dalam negeri, mungkin saja kamu bisa minta tolong kepada penduduk sekitar karena tak ada keterbatasan bahasa sebagai penghalang. Namun bagaimana jika kamu nekad traveling keluar negri dengan budget pas-pasan, dan ternyata harus kehabisan uang di jalan? Pada siapa kamu akan meminta pertolongan? Untuk mencegah hal ini terjadi, ada beberapa tips bermanfaat agar traveling dengan budget pas-pasan tetap bisa dijalankan, dan kamu pun bisa menjelajah tempat baru yang ingin didatangi.

Rencanakan dulu mau traveling kemana

Alangkah baiknya jika sebelum traveling, kamu merencanakan lebih dahulu tempat-tempat mana saja yang bakal kamu tuju dan datangi. Cari tahu berapa biaya masuk suatu tempat wisata, hotel yang murah disekitarnya, serta tempat makan dengan harga yang terjangkau. Kalkulasi pula berapa biaya yang akan kamu habiskan selama dalam perjalanan. Dengan cara ini setidaknya kamu mendapatkan banyangan mengenai berapa banyak uang yang akan kamu habiskan untuk liburan. Ketahui pula tempat-tempat yang menawarkan diskon, makanan murah atau penginapan dengan harga terjangkau yang kamu bisa tempati untuk menghemat biaya selama traveling ini.

Jangan traveling saat musim liburan

Untuk beberapa orang, traveling saat liburan memang menyenangkan. Beramai-ramai, kita bisa mengajak saudara atau teman-teman untuk melakukan traveling ke berbagai tempat. Tapi yang perlu diingat, saat liburan inilah harga tiket sarana transportasi bisa melonjak sangat tinggi. Banyaknya orang yang ingin melakukan traveling saat musim liburan membuat harga tiket kendaraan naik dengan drastis. Selain itu, penginapan atau hotel pun akan menaikan biaya layanan kamar mereka. Karena itulah sebaiknya hindari musim liburan jika kamu tak ingin budget menjadi melar gara-gara memaksakan untuk traveling di waktu ini. Selain itu, traveling saat tidak musim liburan juga menyenangkan kok. Selain kamu bisa mendapat tiket atau penginapan dengan harga yang murah, tempat-tempat wisata yang bakal kamu kunjungi pun relatif lebih sepi dan juga tak seramai saat musim liburan tiba. So enjoy your holiday!

Manfaatkan promo dan juga voucher

Sumber: genaust.com.au

Dewasa ini banyak maskapai penerbangan yang memberikan tiket promosi bagi para pelanggannya. Tiket ini tentu harganya sedikit lebih murah dibandingkan biasanya. Selain itu akhir-akhir ini ditengah persaingan aplikasi smartphone untuk booking hotel dan tiket, mereka kerap memberikan diskon dan juga promo pada pelanggan yang menggunakan apliaksi tertentu. Kamu bisa memanfaatkan promo dari apliaksi smartphone ini untuk memakas budget di bagian penginapan atau tiket pesawat. Tak hanya itu kamu pun bisa memanfatakan voucher hotel, untuk mendapatkan penginapan dengan harga yang murah dan tak perlu mengeluarkan banyak biaya.

Gunakan transportasi umum

Dibandingkan bis, taksi tentu lebih nyaman untuk dikendarai. Tapi yang perlu diingat, biaya untuk menggunakan taksi jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan ongkos untuk naik transportasi umum lainnya. Hal inipun terjadi saat kamu traveling ke luar negri. Biaya taksi jauh lebih mahal dibandingkan dengan transportasi umum seperti bis atau kereta, meskipun kamu tentu lebih nyaman saat menggunakanya. Sebaiknya pilih saja transportasi umum yang mungkin kurang nyaman dan berdesakkan, tapi harganya lebih murah dibandingkan jika kamu naik taksi. Selain itu ketika kamu traveling ke luar negri, banyak kok angkutan umum yang nyaman namun ongkosnya super irit dan tak semahal jika kamu memilih untuk naik taksi.

Pilih kuliner lokal untuk hemat anggaran

Salah satu cara untuk menghemat budget saat traveling, adalah dengan memilih menu kuliner lokal daripada internasional. Saat jalan-jalan ke Jepang mislanya, harga semangkuk mie soba dibandrol lebih murah dibandingkan jika kamu memilih untuk menyantap burger atau french fries. Selain bisa menghemat budget, kamu juga punya kesempatan untuk mencicipi hidangan dengan cita rasa autentik yang cuma bisa nikmati dari tempat kuliner tersebut berasal. Selain itu hindari makan di cafe atau tempat mentereng lainnya.

Street food atau makanan pinggir jalan juga lezat dan harganya pun bisa sangat miring. Namun pastikan bahwa makanan yang kamu konsumsi itu bersih agar tak menganggu pencernaan mu. Ga asyik kan jika sedang traveling namun terganggu dengan perut yang tiba-tiba mules? Bagi yang Muslim, jangan sungkan untuk bertanya apakah makanan yang dijual itu halal dan boleh untuk kamu konsumsi. Oh ya bagi yang traveling di dalam negri, jika memungkinkan hindari untuk membeli makanan di warung atau restoran yang berlokasi di dalam tempat wisata. Umumnya mereka mematok harga lebih mahal, dibandingkan tempat lain yang agak jauh dari lokasi wisata tersebut.

Traveling sambil kerja? Kenapa enggak?

Saat traveling, kamu juga punya kesempatan untuk menambah uang saku loh. Caranya adalah dengan kamu kerja sambilan di tempat tujuan kamu sat traveling ini. Misalanya nih kamu bisa nyambi kerja jadi pemetik buah saat musim panen tiba. Atau kamu juga bisa menyambi kerja jadi pelayan di restoran, cafe ataupun bar. Atau jika kamu mahir berbahasa Inggris, kamu bisa  melamar jadi guru les part time di kota atau negara yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari mereka. Selain bisa mendapat tambahan uang saku, kamu juga punya pengalaman kerja part time selama traveling.

Berbaurlah dengan penduduk sekitar

Salah satu cara agar kamu bisa survive ketika traveling dengan budget pas-pasan adalah dengan membaur bersama penduduk lokal setempat. Pepatah dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung; harus kamu terapkan saat traveling ke berbagai tempat untuk bisa berbaur dengan penduduk sekitar. Ketika berbaur bersama mereka inilah kamu akan mendapatkan banyak informasi yang menguntungkan.

Misalnya kamu jadi tahu di mana bar atau perkebunan yang membutuhkan pekerja paruh waktu, hotel yang murah atau restoran yang memberikan porsi besar dengan harga terjangkau. Atau jika beruntung, kamu boleh tinggal bersama mereka untuk sementara waktu. Jadi kamu tak perlu memikirkan biaya untuk menyewa penginapan. Yang harus kamu lakukan adalah pintar-pintar membawa diri, bersikap ramah dan selalu mengikuti adat dan budaya penduduk lokal.

Jangan malu untuk bertanya ada diskon atau tidak

Kalau kamu ingin traveling dengan budget pas-pasan, sebaiknya jangan bersikap gengsian atau malu. Seperti kamu malu untuk kerja sambilan, gengsi makan di tempat murah dan malu bertanya ada diskon atau tidak. Di beberapa tempat atau biasanya menyediakan diskon untuk para pelangganya. Jangan malu bertanya apakah kamu bisa mendapat sejumlah diskon karena telah menggunakan suatu apliaksi tertentu di smartphone. Atau apakah restoran yang kamu kunjungi itu, menyediakan diskon untuk mahasiswa dan juga pelajar.

Temukan teman senasib

Percayalah kamu bukan satu-satunya orang di dunia ini yang nekat melakukan traveling dengan budget pas-pasan. Ada ratusan atau bahkan ribuan orang yang punya kenekatan sama seperti kamu. Karena itu jika bertemu dengan mereka selama perjalanan, tak ada salahnya untuk menjalin pertemanan dengan rekan senasib itu.

Tapi tentu saja kamu jangan terlalu terbuka dengan membagi informasi pribadi, atau menitipkan barang berharga pada orang yang baru kamu kenal tersebut, Biarkan saja persahabatan berjalan natural sebagaimana mestinya. Menemukan teman senasib artinya kamu memiliki orang yang bisa dimintai tolong, jika sesuatu tak terduga terjadi pada dirimu saat traveling ini.

Hindari pengeluaran tak perlu

Saat traveling, kamu mungkin akan ditelpon teman atau saudaramu untuk membawakan mereka oleh-oleh atau buah tangan. Kalau kamu punya uang lebih, tentu saja kamu bisa memenuhi permintaan mereka itu. Namun jika kamu hanya memiliki budget yang terbatas atau pas-pasan, kamu ga harus kok mengeluarkan biaya yang tidak perlu untuk membawakan oleh-oleh bagi semua orang. Bilang saja apa adanya kamu liburan dengan budget terbatas, dan uangmu tak cukup untuk membelikan semua orang buah tangan.

Ajak teman untuk traveling bersama

Sumber: pinterest.com

Seperti disinggung diatas, ada banyak orang sebenarnya yang punya kenekatan untuk traveling dengan budget terbatas. Yang perlu kamu lakukan adalah menemukan teman tersebut, untuk diajak traveling bersama. Saat ini banyak grup atau komunitas yang sering traveling bersama ke suatu tempat, dengan budget yang terbatas dan tak harus mewah. Kamu bisa bergabung dengan mereka, untuk merasakan pengalaman traveling dengan biaya seirit mungkin. Atau jika tidak, kamu juga boleh mengajak satu atau dua temanmu untuk mencoba pengalaman traveling dengan budget pas-pasan seprti ini. Dengan cara ini, kalian setidaknya bisa berbagi dan saling batu satu dengan lainnya. Selain itu,  traveling seperti inipun bisa menguji kadar kesetiakawanan diantara kalian. Berani mencoba?

266

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here