Sumber: Tips Wisata

Bicara tentang Yogyakarta, rasanya tidak akan pernah ada habisnya. Selalu saja ada hal-hal baru dan menarik yang bisa dibahas. Kota yang dikenal sebagai Kota Pelajar ini adalah destinasi wisata yang tepat untuk berbagai kalangan mulai dari keluarga, teman, hingga pasangan.

Tidak banyak yang menyadari kalau Yogyakarta memiliki sejumlah tempat wisata alam yang cukup romantis untuk dinikmati pasangan suami istri. Bisa dibilang Yogyakarta ini merupakan destinasi bulan madu yang murah meriah.

Tertarik untuk mencoba pergi bulan madu atau sekedar romantis-romantisan saja di Yogyakarta? Simak dulu daftar tempat romantis dan sejuk berikut ini!

Kebun Teh Nglinggo

Bicara tentang kebun teh, pasti kamu akan langsung teringat dengan perkebunan yang ada di hampir sepanjang perjalanan menuju Puncak. Kamu perlu tahu jika di Yogyakarta pun ada kebun teh yang luas dan asri, yaitu Kebun Teh Nglinggo.

Dari sana kamu bisa menyaksikan kemegahan delapan gunung sekaligus yaitu Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Slamet, Gunung Prau, Gunung Ungaran, Gunung Sumbing, Gunung Telomoyo, dan Gunung Sindoro.

Berjalan di tengah kebun teh bersama pasangan akan terasa sangat romantis, apalagi kamu juga akan mendapatkan udara yang segar bebas polusi. Jika bertemu dengan para petani teh, jangan ragu untuk bergabung dan mencoba memetik teh sendiri ya. Di sini juga ada sejumlah spot untuk duduk santai.

Kalibiru

Kawasan wisata Kalibiru ini dikelilingi oleh Hutan Progo yang lebat. Objek wisata utama di Kalibiru adalah gardu pandang yang berada di atas pohon. Dari atas gardu pandang ini, kamu bisa menyaksikan keindahan Waduk Sermo dari kejauhan. Sangat asri dan cantik!

Gardu pandang di sini tidak memiliki pagar pembatas dan letaknya sangat tinggi. Meski demikian, tenang saja karena peralatan keselamatannya sangat terjaga dengan baik sehingga para pengunjung bisa dengan aman bermain di atas gardu pandang.

Gunung Gambar

Untuk tempat wisata romantis yang satu ini rasanya masih sedikit yang pernah mendengarnya. Gunung Gambar ini terletak di kawasan karst Baturagung dan merupakan spot yang tepat untuk menyaksikan matahari terbit atau pun tenggelam.

Pemandangannya saat indah. Pada saat cuaca sedang cerah, kamu bisa menyaksikan kemegahan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu dari kejauhan. Tidak sekedar tempat wisata alam, Gunung Gambar yang berada di ketinggian 650 meter di atas permukaan laut ini juga merupakan tempat wisata spiritual karena terdapat petilasan Pangeran Mangkunegara atau Pangeran Sambernyowo.

Bukit Cendana

Sumber: Wisata Indonesia

Tempat wisata romantis berikutnya masih tergolong cukup baru sehingga belum banyak wisatawan yang mengetahuinya. Di Bukit Cendana, kamu bisa bersantai di tengah pemandangan alam serba hijau.

Di sini ada sejumlah spot foto ekstrim seperti gardu pandang yang tinggi, ayunan ekstrim, hingga jembatan tali di atas ketinggian. Namun jika pergi bersama pasangan, rasanya spot foto ekstrim tersebut malah akan membuat kalian semakin romantis, ya?

Embung Batara Sriten

Embung Batara Sriten adalah sebuah telaga tertinggi yang ada di Yogyakarta. Lokasinya berada di puncak Pegunungan Batur Agung. Suasananya begitu damai dan tentram. Cocok untuk kamu yang ingin menikmati momen romantis bersama pasangan atau pun melarikan diri dari keramaian kota.

Air danaunya sangat bening dan bersih. Jika ingin menikmati keindahan Embung Batara Sriten dari ketinggian, cobalah beranjak ke Puncak Mangir. Untuk tiba ke Puncak Mangir ini, kamu hanya perlu berjalan kaki dengan santai.

Baca Juga: 9  Air  Terjun  Yang  Wajib  Kamu  Kunjungi  Saat  Traveling  Ke  Yogyakarta

Kedung Pedut Kulonprogo

Bagi para pasangan yang berjiwa petualang, mampirlah ke air terjun Kedung Pedut Kulonprogo. Lokasinya cukup terpencil di dasar lembah Perbukitan Menorehsehingga kamu perlu melakukan trekking terlebih dahulu.

Keunikan dari air terjun yang satu ini adalah adanya 2 warna berupa putih dan hijau toska.  Perpaduan kedua warna tersebut membuat pemandangan semakin indah. Air terjun ini juga memiliki kolam alami dengan kedalaman sekitar dada orang dewasa. Pastikan untuk membawa baju ganti, karena kamu pasti tidak tahan untuk tidak berenang sesampainya di sana.

Watu Goyang

Sumber: Tugu Wisata

Nama tempat wisata romantis yang satu ini berarti batu goyang dalam bahasa Jawa. Ya, memang benar batu-batu besar di sini bisa bergoyang. Meski demikian, tempat ini tetap aman dan tidak akan runtuh akibat batu yang bergoyang. Konon, batu-batu tersebut sudah seperti itu sejak jutaan tahun lalu.

Dari bagian atas, kamu bisa menyaksikan pemandangan alam yang asri dan mempesona. Kamu juga bisa melihat makam-makam para raja dari ketinggian loh.

Pihak pengelola menyediakan sejumlah spot foto berupa gardu pandang dengan bentuk unik seperti ruang TV, kapal terbang, hingga tulisan I Love You yang cocok untuk para pasangan.

Selamat menikmati liburan romantis bersama pasangan di Yogyakarta!

329

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here