Jakarta, Tamasya – Indonesia adalah sebuah negara kepulauan yang paling besar di dunia. Pulau-pulaunya berjumlah lebih dari 13 ribu pulau. Masyarakatnya pun terdiri dari beragam suku yang membuatnya kaya akan budaya. Lokasi strategis Indonesia yang dilintasi garis khatulistiwa dan diapit 2 samudera dan 2 benua membuatnya kaya akan hasil alam dan pemandangan alam yang begitu mempesona.

Dari begitu banyak pulau dan daerah, ada beberapa kota dan provinsi yang menjadi destinasi populer wisatawan Indonesia saat musim liburan atau pada akhir pekan. Agar tidak penasaran, inilah 10 destinasi populer di Indonesia yang wajib kamu kunjungi semasa hidup!

  1. Pulau Bali

Sumber: Embuscados

Pulau yang sering disebut sebagai Pulau Dewata ini tidak hanya digandrungi wisatawan Indonesia tapi juga mancanegara. Kegiatan utama di pulau ini adalah berkunjung ke sejumlah pantai eksotis dengan ombak yang diincar para peselancar, serta pertunjukan kesenian khas Bali Tari Kecak, hingga ritual agama Hindu. Landmark Pulau Bali yang tidak boleh dilewatkan adalah Pantai Kuta, Hard Rock Café, Garuda Wisnu Kencana, Pura Uluwatu, Pura Tanah Lot, dan masih banyak lagi. Menjadi favorit para wisatawan, fasilitas di Bali tidak perlu diragukan lagi.

  1. Jakarta

Ibu kota negara Indonesia sekaligus kota terbesar di Indonesia ini merupakan kota metropolitan yang tidak pernah beristirahat. Jakarta juga menjadi kota sumber pencaharian penduduk kota di sekitarnya seperti Tangerang, Bekasi, Depok, dan Bogor. Di kota yang padat ini ada berbagai macam tempat wisata yang menarik, mulai dari museum, wisata kuliner, pantai, dan taman bermain. Beberapa tempat wisata yang harus kamu kunjungi adalah Monas, Museum Nasional, Museum Fatahillah, Ancol, Dufan, Kebun Binatang Ragunan, Setu Babakan, dan masih banyak lagi.

  1. Bandung

Kota terbesar ketiga ini sering mendapat kunjungan dari warga Jabodetabek pada akhir pekan. Lokasinya yang berada di dataran tinggi dengan ketinggian 768 meter di atas permukaan laut ini membuatnya memiliki udara sejuk dan asri yang tidak bisa warga Jabodetabek rasakan. Pada masa pemerintahan Belanda, kota kembang ini mendapat julukan Paris van Java. Beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi di sini adalah Gedung Sate, Trans Studio Bandung, Gunung Tangkuban Perahu, Kawah Putih, Farm House, Lembang Floating Market, dan masih banyak lagi.

  1. Lombok

Lombok merupakan sebuah pulau yang ada dalam wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat. Objek wisata yang paling populer di sini adalah 3 gili utama yaitu Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air. Selain ketiga gili ini, kamu juga harus berkunjung ke Gunung Rinjani, Pantai Senggigi, Danau Segara Anak, dan Desa Sembalun.

  1. Yogyakarta

Yogyakarta merupakan ibu kota dari Provinsi DI Yogyakarta yang juga dikenal sebagai kota gudeg. Yogyakarta berada di tengah Pulau Jawa, dekat dengan Gunung Merapi yang merupakan salah satu gunung berapi aktif di Indonesia. Sama seperti Bali, Yogyakarta diminati oleh wisatawan mancanegara. Beberapa hal yang menjadi daya tarik Yogyakarta di mata wisatawan adalah kebudayaannya yang masih kental, keramahan penduduk lokal, sejumlah situs bersejarah,  alam yang asri, dan tentunya wisata kuliner yang menggoyang lidah. Saat berlibur ke Yogyakarta, sempatkan diri untuk berkunjung ke Candi Borobudur, Candi Prambanan, Istana Air Taman Sari, Keraton Ngayogyakarta, Hutan Pinus, Tebing Breksi, dan Pasar Malioboro.

  1. Medan

Ibu kota Provinsi Sumatera Utara ini merupakan salah satu kota metropolitan di Indonesia dan merupakan kota terbesar keempat di Indonesia. Saat berkunjung ke kota Medan, kamu akan mendengarkan penduduk lokal berbicara dengan logat khasnya. Tempat wisata yang harus kamu kunjungi adalah Masjid Raya Medan, Vihara Gunung Timur, Rumah Tjong A Fie, dan Pasar Rame.

  1. Belitung

Sumber: Katalog Tempat Wisata

Pulau Belitung menjadi kian populer di kalangan wisatawan berkat pengambilan gambar film Laskar Pelangi yang dilakukan di sana. Ada banyak tempat wisata alam yang sangat mempesona di sini, sebut saja seperti Danau Kaolin, Pantai Tanjung Tinggi, Bukit Berahu, Pantai Nyiur Melambai, dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk tempat wisata buatan, kamu bisa mengunjungi Museum Kata Andrea Hirata, Rumah Adat Belitung, Kebun Binatang Tanjung Pandan, dan masih banyak lagi. Untuk urusan kuliner, jangan lupa mencicipi nikmatnya bakmi khas Belitung dan es jeruk kunci kiamboy.

  1. Makassar

Ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan ini merupakan kota terbesar di Pulau Sulawesi dan dulunya bernama Ujung Pandan. Tempat wisata populer yang harus kamu kunjungi selagi di sini adalah Pantai Losari, Fort Rotterdam, Benteng Somba Opu, Trans Studio Makassar, dan Pulau Samona. Berkunjung ke Makassar rasanya tidak lengkap tanpa mencicipi kuliner khasnya. Beberapa kuliner yang wajib kamu cicipi adalah Iga Bakar, Sop Konro, Pallu Basa Serigala, dan Coto Daeng.

295

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here