Sumber: Wisata Bandung

Indonesia terkenal punya banyak mitos. Misalnya saja mitos beringin kembar di Yogyakarta yang konon bisa mengabulkan permohonan, hingga larangan menggunakan baju berwarna hijau saat berkunjung ke Pantai Parangtritis karena bisa hanyut di lautan. Tidak sampai di situ, ternyata ada juga sejumlah tempat wisata yang memiliki mitos terkait percintaan seperti dipercaya bisa melanggengkan hubungan atau segera menemukan jodoh.

Sudah menemukan pasangan atau masih jomblo, tidak ada salahnya berkunjung ke 10 tempat wisata ini untuk melancarkan urusan percintaanmu!

Pohon Cinta, Kebun Raya Bogor

Sumber: Budaya Jawa

Kebun Raya Bogor adalah salah satu destinasi wajib saat liburan ke Bogor. Di dalam Kebun Raya Bogor ini ada Pohon Cinta yang memiliki mitos percintaan. Pohon yang sering disebut juga sebagai Pohon Jodoh ini memiliki mitos bahwa pria dan wanita yang duduk sebuah kursi panjang di dekat pohon tersebut akan lancar menjalin hubungan hingga ke jenjang pernikahan.

Mitos ini tercipta karena Pohon Cinta yang terdiri atas 2 pohon berdekatan ini terlihat seperti kembar. Kedua pohon tersebut memiliki jenis yang berbeda, tinggi, besar, dan sudah berusia ratusan tahun.

Situ Patenggang, Bandung

Situ Patenggang adalah sebuah danau yang berada dekat dengan Kawah Putih. Di dalam kawasan Situ Patenggang ini ada sebuah pulau yang dinamai Pulau Asmara karena bentuknya menyerupai hati.

Konon, di bagian tengah Pulau Asmara ini ada sebuah Batu Cinta. Pasangan yang berkunjung ke sini dan menghampiri Batu Cinta dipercaya akan memiliki hubungan asmara yang abadi, tidak lekang usia.

Umbul Jumprit, Temanggung

Tempat wisata alam yang satu ini berada di lereng Gunung Sindoro, Desa Tegalrejo. Posisinya berada di ketinggian 2.100 meter di atas permukaan laut. Umbul Jumprit adalah sumber mata air Sungai Progo. Airnya sangat jernih dan tidak pernah kering meski sedang musim kemarau. Suhu airnya pun selalu dingin dan segar meski pada siang hari.

Mitos yang beredar di tempat wisata nan menyegarkan ini adalah bagi siapa pun yang membasuh muka atau minum dari sumber mata air ini maka akan terlihat awet muda, enteng rezeki, menyingkirkan kesialan, dan enteng jodoh.

Tidak hanya menarik dari segi kesegaran dan mitosnya, Umbul Jumprit ini juga menarik dari sisi pemandangannya karena ada pemandangan serba hijau yang sangat menyejukan mata dan pikiran.

Mata Air Gunung Putri, Bandung

Tempat wisata berikutnya yang memiliki mitos percintaan adalah Mata Air Gunung Putri di Bandung Barat. Konon siapa pun yang meminum air dari sumber mata air Gunung Putri ini akan dimudahkan dalam pencarian pasangan hidup.

Bagi kamu yang ragu untuk meminum langsung air pembawa jodoh ini, kamu bisa membasuhnya ke seluruh muka. Selain mitos yang menarik untuk para jomblo, tempat wisata yang satu ini memiliki pemandangan asri dan indah. Ada deretan tebing yang menjadi pagar dari Sungai Cibitung.

Taman Sare Madura, Madura

Keraton Sumenep memiliki sejumlah peninggalan sejarah berupa bangunan. Salah satunya adalah Taman Sare. Taman Sare ini memiliki kolam-kolam yang mengingatkan kita pada suasana di Istana Air Taman Sari, namun dengan ukuran yang lebih kecil.

Di dalam Taman Sare ini ada sebuah kolam yang memiliki 3 anak tangga pada 3 sisi kolamnya. Air di sekitar ketiga tangga ini dipercaya memiliki khasiat masing-masing. Air di sekitar tangga pertama dipercaya cocok untuk para pencari jodoh karena bisa membuat awet muda dan enteng jodoh. Tidak perlu meminum airnya, kamu hanya cukup membasuh seluruh muka dengan air tersebut.

Baca Juga: Mengunjungi Kota Terlarang di China, Ini yang Perlu Kamu Ketahui

Jembatan Cinta, Pulau Tidung, Kepulauan Seribu

Sumber: Pulau Harapan

Tidak jauh dari pusat kota Jakarta, tepatnya di Pulau Tidung, kamu bisa membuktikan mitos percintaan. Di Pulau Tidung ada sebuah jembatan bernama Jembatan Cinta. Konon, para pasangan yang berjalan di jembatan ini akan memiliki hubungan yang langgeng.

Pantai Moli Sahatu, Wakatobi

Selagi berada di Wakatobi untuk liburan, sempatkan diri untuk berkunjung ke Pantai Moli Sahatu. Pantai ini cukup menarik karena memiliki sumber mata air tawar meski posisinya dikelilingi oleh air laut yang asin. Tidak hanya satu, tapi jumlahnya ada ratusan sehingga tempat ini juga sering disebut sebagai Pantai Mata Air Seratus.

Air yang keluar dari celah bebatuan dan pasir ini dipercaya bisa membuat orang yang membasuh mukanya menjadi awet muda dan enteng jodoh. Setelah menjajal mata air tawar ini, kamu bisa menikmati pemandangan yang begitu indah dan melakukan aneka kegiatan seperti berenang, snorkeling, dan diving.

Percaya atau tidak percaya dengan mitos tersebut adalah hak kamu. Tapi tidak ada salahnya kan sekalian berkunjung ke sana untuk menikmati pemandangannya yang indah dan suasananya yang menenangkan pikiran? Untuk kamu yang percaya dengan mitos tersebut, semoga benar terwujud ya!

216

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here