Jakarta, Tamasya – Singapura, sebuah negara kecil yang luasnya kurang dari luas kota Jakarta ini memiliki daya tarik wisata yang mengagumkan. Negara yang terkenal dengan Merlion sebagai landmarknya ini, tidak memiliki banyak wisata alam. Meski demikian, bukan berarti kamu tidak bisa menemukan pantai cantik dan kebun yang asri.

Salah satu tempat wisata yang cukup populer di kalangan wisatawan adalah Gardens By The Bay. Seperti yang sudah dikatakan di atas, Singapura tidak memiliki banyak tempat wisata alam. Namun, pemerintah setempat berusaha untuk menciptakan wisata alam di tengah kota. Betul, Gardens By The Bay adalah sebuah hutan buatan yang sangat menakjubkan. Berada di dalamnya membuat wisatawan merasa seperti berada di hutan sungguhan.

Berada di daerah Marina Bay, Gardens By The Bay ini memiliki area seluas 101 hektar. Konon, untuk mendapatkan area seluas ini, pemerintah harus menimbun laut di sekitarnya. Gardens By The Bay ini memiliki koleksi bunga dan pohon sejumlah lebih dari 250 ribu tanaman yang dibagi ke dalam 3 area utama. Perlu kamu ketahui sebelumnya, untuk masuk kawasan Gardens By The Bay ini tidak dipungut biaya sama sekali. Kamu perlu membayar tiket masuk ketika mengunjungi 3 area utama berikut.

OCBC Skyway

Sumber: Travel Delight

Begitu sampai di area OCBC Skyway, kamu akan menemukan beberapa “pohon raksasa” yang terbuat dari baja. Pohon-pohon ini bernama Supertree Grove. Tingginya hampir setara dengan gedung bertingkat 16. Pohon-pohon ini dirancang sedemikian rupa agar bisa mengumpulkan air hujan dan energi sinar matahari yang kemudian diolah dan digunakan untuk konservasi lingkungan.

Pohon-pohon ini bisa dinaiki dan dihubungkan dengan sebuah jembatan yang panjangnya mencapai 128 meter, OCBC Skyway. Bagi kamu yang takut ketinggian sebaiknya jangan coba menaikinya karena dijamin jantung akan berdegup kencang. Belum lagi jika angin sedang berhembus, rasanya seperti akan jatuh. Tapi bagi yang berani berdiri di atas ketinggian, kamu wajib mencobanya. Dari sini kamu bisa melihat pemandangan kota Singapura yang begitu indah dengan gedung-gedung bertingkatnya.

OCBC Skyway ini buka pada pukul 9 pagi hingga 9 malam. Untuk naik ke atas, kamu perlu membayar SGD 8 per orang. Jika ingin berfoto dari bawah, kamu tidak dikenakan tiket masuk. Di OCBC Skyway ini juga ada atraksi cahaya dan musik Garden Rhapsody di mana pohon-pohon akan menyala warna-warni dan diiringi oleh musik. Atraksi yang menarik ini bisa dinikmati pada malam hari. Sunggug cantik dan menenangkan pikiran.

Cloud Forest

Sumber: CN Traveler

Daya tarik dari area Cloud Forest ini adalah air terjun buatan yang tingginya mencapai 35 meter. Koleksi tanaman yang bisa kamu temui di Cloud Forest adalah tanaman dari dataran tinggi sekitar 2.000 meter di atas permukaan laut. Berada di sini membuat kamu seakan-akan sedang berada di hutan tropis yang serba hijau dan asri.

Cloud Forest ini tidak hanya terdiri dari 1 lantai, melainkan 2 lantai. Kamu bisa berjalan santai di lantai 2 sambil menikmati pemandangan hutan dari atas sana. Suhu udara di Cloud Forest ini dibuat berkisar antara 23 hingga 25 derajat Celcius. Hati-hati saat berjalan di sekitar air terjun karena kamu bisa basah karena cipratan airnya.

Flower Dome

Sumber: Gardens By The Bay

Area utama berikutnya di Gardens By The Bay yang tidak boleh dilewatkan adalah Flower Dome. Flower Dome merupakan sebuah konservatorium yang memamerkan ribuan tanaman dan bunga dari negara Mediterania, Australia, Amerika Selatan, dan Afrika Selatan yang memiliki curah hujan rendah.

Bangunan Flower Dome ini berdiri dengan tinggi 38 meter dan luas sekitar 1.2 hektar. Suhu udara di dalam Flower Dome ini diatur pada kisaran suhu 23 hingga 25 derajat Celcius agar bunga-bunga bisa bermekaran dengan cantik. Ketika ingin mengunjungi area ini, jika kamu tidak kuat dingin sebaiknya bawa jaket tipis atau kain selendang karena udaranya cukup dingin dan bisa membuatmu menggigil.

Berkeliling di Flower Dome akan membuat kamu terkagum-kagum dengan kecantikan bunga yang tumbuh di sana. Tidak hanya itu, dekorasinya juga dibuat sedemikian rupa mempesonanya. Pada hari-hari perayaan tertentu seperti Tahun Baru Cina, Natal, Tahun Baru, atau Hari Kemerdekaan Singapura, seluruh dekorasi di Flower Dome akan disesuaikan.

Misalnya saja saat Tahun Baru Cina Kemarin, Flower Dome didominasi dengan bunga berwarna merah dan kuning, serta dipenuhi dekorasi khas Imlek seperti patung shio-shio, pagoda, lampion, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, jika ingin mengunjungi Flower Dome usahakan pada saat menjelang hari perayaan tertentu agar bisa merasakan suasana yang meriah.

Jangan lupa bawa kamera dengan baterai yang penuh dan memori yang banyak karena ada banyak spot foto bagus di sini. Area Flower Dome ini dibuka dari pukul 9 pagi hingga 9 malam. Harga tiketnya adalah SGD 12 untuk dewasa dan SGD 8 untuk orang tua serta anak-anak.

258

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here