Sumber: driveaway.com.au

Salah satu destinasi traveling yang jadi favorit orang Indonesia atau orang-orang dari negara tropis adalah Eropa. Apalagi ketika musim dingin tiba, orang dari negara-negara tropis banyak yang menjadikan Eropa sebagai destinasi traveling mereka. Tentu saja mereka berbondong-bondong traveling ke Eropa, karena ingin menikmati sensasi salju yang umumnya akan memenuhi benua itu setiap akhir tahun tiba.

Meskipun beberapa negara di Asia dan Amerika juga memiliki musim dingin di mana salju bisa dilihat di sana, Eropa masih jadi salah salah satu tempat yang difavoritkan untuk dituju. Ini karena negara-negara di Eropa diketahui memiliki keunikan yang membuat banyak orang penasaran untuk datang dan berkunjung. Selain itu beberapa negara di Eropa memiliki pemandangan alam yang sangat indah, plus landmark-landmark terkenal yang menjadikanya sebagai favorit untuk dituju wisatawan dari berbagai penjuru dunia.

Meskipun menyenangkan, namun traveling ke Eropa perlu persiapan yang matang. Jika dibandingkan traveling ke berbagai negara di kawasan Asia, persiapan ke Eropa jauh lebih ribet lagi. Apalagi kini negara-negara di Eropa sedang gencar-gencarnya memerangi terorisme, tak ayal para pendatang yang masuk ke negara di benua biru ini mendapat pemeriksaan yang sangat ketat.

Meskipun begitu, hal ini tak menghalangi keinginan banyak orang untuk datang ke berbagai negara di Eropa. Untuk Anda yang baru pertama kali datang ke Eropa, banyak informasi berharga yang mungkin bisa sangat bermanfaat untuk Anda. Informasi ini sangat berharga bagi Anda yang baru pertama kali melakukan perjalanan ke Eropa, agar traveling ke negara-negara yang ada di sana bisa lebih menyenangkan dan bebas dari gangguan.

Hubungi bank Anda terlebih dahulu

Salah satu hal yang wajib untuk Anda perhatikan sebelum berangkat ke Eropa atau luar negeri pada umumnya adalah menghubungi otoritas bank Anda terlebih dahulu. Saat traveling ke Eropa, Anda memang wajib untuk membawa sejumlah mata uang tunai sesuai dengan negara yang dituju. Namun tentu saja Anda tak bisa membawa banyak uang tunai saat traveling ke Eropa bukan? Salah satu solusi terbaik dibandingkan membawa uang tunai dalam jumlah besar, adalah dengan menggunakan kartu kredit.

Berbeda dengan di Asia, Anda bisa dengan mudah menggunakan kartu kredit di berbagai negara di kawasan benua tersebut. Meskipun begitu, kartu kredit tak bisa sembarangan digunakan di sana. Sebelum Anda berangkat, Anda harus memastikan kartu kredit tersebut legal dan bisa digunakan di Eropa. Jika Anda tak menghubungi pihak bank terlebih dahulu, maka mereka akan melihat transaksi menggunakan kartu kredit di Eropa sebagai sesuatu yang ilegal. Secara otomatis, credit card Anda tentu akan diblokir. Karena itulah Anda wajib datang ke bank langganan terlebih dahulu untuk mengurus dan memastikan kartu kredit Anda bisa digunakan untuk transaksi di berbagai negara-negara di Eropa.

Naik kereta lebih murah

Sumber: raileurope.com

Berbeda dengan Asia, negara-negara di Eropa umumnya dengan mudah dicapai dengan alat transportasi darat. Sebagai sebuah benua yang sangat besar, negara-negara Eropa jarang sekali ada yang terpisah dengan laut. Karena itulah transportasi darat lebih disarankan untuk Anda yang traveling ke Eropa. Anda sebenarnya bisa menggunakan pesawat terbang untuk traveling ke negara-negara di Eropa. Namun tentu saja, harus menyiapakan anggaran yang sangat besar.

Karena itulah alih-alih meggunakan pesawat, maka sangat disarankan untuk Anda traveling dengan naik kereta api saja. Banyak kereta api yang memiliki rute perjalanan lintas negara di Eropa, di mana Anda bisa bepergian dengan mudah dan juga nyaman. Anda bisa memesan tiket terusan secara online untuk menuju berbagai tempat di Eropa. Perjalanan dengan kereta di Eropa selain lebih murah, Anda diajak untuk melihat keindahan benua ini dari dekat. Meskipun membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan menggunakan pesawat, namun dengan naik kereta Anda akan meliht betapa indah dan memukaunya tempat-tempat yang dilintasi oleh kereta yang Anda tumpangi ini.

Reservasi terlebih dahulu

Tentu saja Anda bisa langsung datang ke Eropa tanpa melakukan pemesanan atau reservasi terlebih dahulu. Anda bisa saja datang ke Paris dan baru mencari hotel setelah sampai disana. Namun lebih disarankan bagi Anda untuk melakukan reservasi terlebih dahulu. Apalagi jika Anda traveling saat liburan, akhir tahun atau menjelang natal tiba. Karena itulah sebelelum melakukan perjalanan ke Eropa ada baiknya mulai dari penerbangan dan hotel, Anda melakukan reservasi terlebih dahulu. Apalagi jika traveling bersama dengan putra-putri Anda. Ada baiknya lakukan reservasi hotel, agar keluarga Anda segera menemukan tempat istirahat setelah sampai di negara tujuan. Kini reservasi hotel di Eropa dari Indonesia-pun cukup mudah, dengan banyaknya aplikasi booking hotel online yang bisa Anda coba.

Siapkan waktu yang cukup

Mudahnya transportasi dari satu negara ke negara lain di Eropa, membuat banyak orang merasa mampu untuk mengelilingi tiap negara dalam waktu liburan yang sangat singkat. Faktanya tidak seperti itu. Meskipun transportasi di sana mudah, namun mengelilingi Eropa membutuhkan waktu yang lama dan dana yang tak sedikit. Jangan bayangkan dengan waktu selama satu minggu, Anda bisa mengunjungi 7 negara sekaligus di Eropa. Siapkanlah waktu yang cukup panjang dan longgar, jika Anda punya rencana untuk menjelajah setiap negara di Eropa.

Namun bila tidak, pilihlah beberapa negara saja yang mudah dituju dan menjanjikan lebih banyak hal-hal menarik yang bisa Anda nikmati di sana. Sebaiknya jangan memaksakan diri untuk keliling Eropa jika waktu Anda tak cukup panjang. Nikmati saja traveling Anda di beberapa negara saja, agar liburan ke Eropa pun semakin berkesan.

Travelinglah seperti orang lain pada umumnya

Setiap negara di Eropa punya keunikan dan kelebihan masing-masing. Namun bukan berarti Anda melewati tempat yang terkenal, hanya karena banyak orang sudah datang kesana. Jangan sampai Anda tidak datang ke Paris dan menikmati suasana atau berfoto di Menara Eiffel, hanya karena banyak orang sudah datang ke sana. Meskipun Anda ingin suasana yang berbeda, namun ada baiknya Anda traveling seperti orang lain pada umumnya. Anda tetap bisa kok mendatangi tempat-tempat yang terkenal itu, meski banyak orang yang sudah pernah datang kesana sebelumnya.

Jangan hanya mengunjungi tempat-tempat terkenal saja

Seperti disebutkan di poin sebelumnya,negara-negara Eropa memiliki keunikan dan keindahan maing-masing. Tentu saja tak semua tempat tersebut dikenal dan diketahui banyak orang. Mungkin Anda hanya tahu menara Eiffel di Paris, Big Ben di London atau menara Pissa di italia. Padahal banyak lagi loh tempat-tempat lain di Eropa dengan keindahan dan keunikan yang mungkin tak pernah Anda temukan sebelumnya.

Karena itulah carilah informasi mengenai tempat-tempat unik yang jarang diketahui di Eropa ini. Ketahui rute menuju kesana, dan keunikan seperti apa yang ditawarkan oleh tempat-tempat menarik di Eropa ini. Anda pasti akan menemukan banyak sekali referensi tempat yang unik dan belum diketahui oleh banyak orang sebelumnya. Namun tentu tak semua harus Anda kunjungi. Pilihlah beberapa saja yang benar-benar menarik perhatian Anda dan juga transportasi mudah ke tempat tersebut. Selain itu, perhatikan juga faktor keamanan jika Anda mengunjungi tempat-tempat tersebut sebagai bagian dari traveling Anda ke Eropa.

Jangan packing berlebihan

Meskipun merupakan negara maju, namun ternyata tak semua hotel di Eropa itu punya lift yang memudahkan Anda untuk membawa barang-barang ke kamar Anda. Tentu saja jika Anda membawa banyak barang, maka akan merepotkan Anda sendiri natinya. Packinglah sesuatu yang perlu saja, agar traveling ke Eropa semakin efisien dan tidak melelahkan. Apalagi jika Anda punya rencana untuk berkunjung ke berbagai negara di Eropa. Mau tak mau Anda tentu harus pindah hotel setiap saat. Sekarang bayangkan jika Anda packing banyak barang. Tentu akan sangat merepotkan sekali nantinya. Karena itulah sangat tidak dianjurkan overpacking ketika Anda traveling ke Eropa, atau bahkan kemanapun itu Anda berpergian. Bijaklah memilih barang yang harus dibawa dan ditinggalkan, ketika Anda memutuskan untuk traveling ini. Jangan sampai aktivitas traveling yang seharusnya menyenangkan, jadi tambah ribet karena kebiasan Anda yang overpacking ini.

Siapkanlah uang tunai untuk anggaran tak terduga

Sebenarnya budget tak terduga ini wajib untuk Anda siapkan ketika traveling kemana saja, bukan hanya ketika Anda traveling ke Eropa ini. Budget tambahan ini bisa berbentuk uang tunai, atau uang di ATM Anda. Anda mungkin masih bisa menggunakan kartu kredit untuk transaksi, namun tentu tak smeua bisa dibayar dengan kartu kredit bukan? Karena itulah ada baiknya untuk menyiapkan sejumlah yang tambahan dalam bentuk mata uang negara yang Anda tuju, untuk berjaga-jaga jika mendadak Anda membutuhkan uang tambahan seperti untuk membeli obat, makanan, dan lain sebagainya.

Persiapkan ponsel Anda

Komunikasi adalah hal penting yang dibutuhkan ketika traveling. Selain itu, handphone atau smartphone saat ini juga dimanfaatkan untuk eksis dan berbagi moment seru di sosial media. Apalagi saat traveling ke Eropa, Anda tentu ingin membagikan momen-momen seru melalui media sosial bukan? Karena itulah ada baiknya sebelum traveling, Anda memastikan smartphone yang digunakan bisa berfungsi di luar negeri.

Anda bisa menelppon pihak customer service untuk menanyakan apakah provider yang Anda gunakan juga bisa dipakai ketika traveling ke Eropa. Beberapa provider lokal memiliki jaringan internasional di mana Anda tetap bisa menggunakannya saat berada di Eropa. Namun tentu saja tarif yang akan dipatok baik untuk komunikasi dan paket data akan mahal sekali. Sebagai solusinya, Anda juga bisa menggunakan nomor lokal yang bisa digunakan di berbagai negara di Eropa.

Jangan abaikan paspor dan visa

Sumber: iloveqatar.net

Beberapa negara di Eropa akan dengan sangat ketat memeriksa dokumen yang dibawa masuk pendatang ke negara tersebut. Karena itulah Anda wajib untuk mempersiapkan surat-surat penting seperti Visa dan juga paspor. Paspor memang sangat penting, apalagi jiika Anda punya rencana untuk keliling Eropa. Untuk visa, beberapa negara di seperti Armenia, Kosovo, Serbia, Andorra, Georgia, Turki, Kroasia, Rusia dan Belarus merupakan negara-negara bebas visa di Eropa untuk traveler dan Indonesia. Meskipun begitu, ada baiknya Anda tetap memastikan paspor masih berlaku untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi ketika Anda sedang traveling.

191

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here