Sumber: johnnyjet.com

Traveling dengan menggunakan pesawat terbang disebut lebih efektif dan cepat jika dibandingkan dengan menggunakan moda transportasi lainnya. Tak hanya itu jika melakukan perjalanan ke luar negeri, pesawat adalah satu-satunya alat transportasi yang bisa digunakan. Perjalanan jauh dengan menggunakan pesawat memang bisa ditempuh dalam waktu yang lumayan singkat. Tak butuh waktu berhari-hari, hanya dengan duduk nyaman di pesawat selama beberapa jam saja Anda sudah sampai ke tempat tujuan. Meskipun terlihat cepat dan efisien, namun perjalanan menggunakan pesawat terbang sama melelahkanya dengan Anda menggunakan moda transportasi lainnya. Apalagi jika Anda tak bisa memejamkan mata sama sekali, saat tengah menempuh perjalanan dengan menggunakan pesawat ini.

Kondisi kelelahan dan sulit tidur ditambah fenomena jet lag, adalah salah satu hal yang  bisa terjadi ketika Anda menggunakan pesawat untuk perjalanan ke luar negeri. Karena itulah saat traveling ke luar negeri apalagi negara yang cukup jauh sehingga membutuhkan waktu berjam-jam, maka tidur adalah aktivitas yang mau tak mau harus Anda lakukan ketika sedang di pesawat. Sayangnya tak semua orang bisa dengan leluasa beristirahat di dalam kabin pesawat, selama dalam perjalanan ke luar negeri. Berbagai alasan membuat orang sulit tidur saat sedang berada di pesawat. Tempat  duduk yang kurang nyaman dan space yang sempit, membuat orang kadang mengalami kesulitan tidur di dalam pesawat. Beberapa orang juga tak bisa tidur di dalam peswat karena saking bersemangatnya bisa mekakukan perjalanan ke luar negeri. Padahal jika Anda melakukan traveling menggunakan pesawat lintas benua dan zona waktu, maka istirahat atau tidur sangat dibutuhkan untuk membuat tubuh Anda fit dan prima selama traveling.

Mengingat betapa pentingnya tidur selama dalam pesawat, traveler akan melakukan segala cara agar mereka bisa beristirahat dengan nyaman di dalam pesawat. Ada beberapa tips dan trik yang mungkin bisa Anda coba untuk bisa tidur dengan nyaman dan enak di dalam pesawat, jika Anda melakukan traveling ke luar negeri. Mungkin tidur Anda tak akan senyenyak saat sedang di rumah atau kamar hotel, namun cara ini lumayan efektif untuk mendaptkan tidur yang berkualitas selama dalam perjalanan menggunakan pesawat terbang.

Pilih tempat duduk dekat jendela

Sumber: independent.co.uk

Salah satu alternatif yang sangat disarankan untuk Anda yang ingin tidur di pesawat adalah memilih kursi dekat jendela. Dengan cara ini, Anda tak perlu khawatir kepala akan bergerak ke kiri dan ke kanan atau yang lebih memalukan lagi bersandar di bahu penumpang lain teman duduk di pesawat. Anda bisa menyandarkan kepala di jendela dan mencoba untuk tiddur dengan tenang. Duduk dengan jendela berarti Anda juga tak harus terganggu dan bangun, jika teman satu kursi hendak pergi ke toilet. Atau jika memang Anda tak mendapat tempat duduk di jendela, gunakan bantal leher berbentuk bulat yang kini banyak dijual di pasaran. Dengan menggunakan bantal leher ini, paling tidak kepala Anda akan tetap di posisi semula dan tidak perlu merasa khawatir kepala bersandar di bahu penumpang lain yang satu kursi dengan Anda.

Gunakan penutup mata dan headset

Meskipun suasana kabin senyap karena tidak ada penumpang yang berisik, suara mesin mungkin masih bisa Anda dengarkan. Meksipun tak sekeras suara kendaraan lain sepeti bis atau mobil misalnya, hal ini tak jarang membuat seseorang merasa terganggu dan sulit untuk tidur. Karena itulah gunakan headset atau earphone untuk meredam suara berisik dari sekitar tempat Anda duduk di pesawat ini. Nyalakan lagu-lagu lembut yang menenangkan untuk membuat Anda relaks dan cepat mengantuk. Tak hanya itu, sebaiknya Anda menggunakan penutup mata saat tidur di pesawat. Penutup mata akan membuat Anda serasa tidur di ruangan yang gelap total, dan tidak silau dengan terangnya lampu dalam pesawat. Baik earphone atau penutup mata, sangat dianjurkan untuk dibawa jika Anda melakukan perjalanan panjang dengan pesawat baik domestik ataupun ke luar negeri.

Dengarkan musik yang lembut

Untuk membuat Anda cepat tidur di dalam pesawat, sangat dianjurkan untuk mendengarkan musik yang mengalun lembut dengan tempo yang tak terlalu cepat. Musik jenis jazz, musik klasik atau lagu dari band dan penyanyi idola yang mengalun lembut, akan membuat Anda lebih rilaks sehingga jadi mudah mengantuk. Salah satu alternatif yang bisa digunakan sebagai pengganti musik, adalah suara alam seperti air hujan, debur ombak, air kolam mengalir dan suara dari alam lainnya.

Kini banyak sekali aplikasi smartphone dengan suara alam yang menenangkan, dan biasanya dimanfaatkan untuk meditasi saat latihan yoga. Musik jenis ini bisa Anda manfaatkan untuk didengarkan dalam pesawat selama penerbangan, untuk membantu tidur lebih nyenyak. Jangan lupa untuk mengatur volume yang pas, agar musik-musik ini tidak menganggu penumpang lain yang duduk di samping Anda.

Terbang di malam hari

Jet lag adalah salah satu hal yang sangat dibenci oleh traveler saat melakukan perjalanan jauh ke luar negeri. Jet lag bisa mmebuat orang merasa kebingungan, pusing dan juga lemas. Bahkan ada orang yang mengalami efek jet lag yang bertahan selama beberapa hari sehingga mau tak mau, ia harus pergi ke dokter untuk mengatasi masalah gangguan terbang ini. Jet lag adalah peritiswa yang mungkin saja Anda alami jika traveling ke luar negeri, apalagi lintas benua dan zona waktu yang berbeda.

Namun Anda tetap bisa meminimalisir efek jet lag ini dengan melakukan penerbangan di malam hari. Saat terbang di malam hari, secara natural tubuh Anda akan meminta istirahat sehingga proses tidur di dalam pesawat pun jadi lebih mudah. Jika sampai di negara tujuan pada pagi, siang atau malam hari pun tubuh Anda tak akan terlalu kaget sehingga efek jet lag ini bisa sedikit dihindari.

Jauhi alkohol dan kafein

Jangan dikira alkohol justru akan membuat Anda mudah tidur ya saat sedang berada dalam poesawat. Alkohol justru akan membuat selalu haus, sehingga Anda akan malah sulit tidur. Meskipun begitu, ada juga yang menyarankan untuk minum coktail atau wine segelas kecil saja, untuk membuat relaks dan memudahkan tidur dalam pesawat. Selain alkohol, yang tak boleh dikonsumsi selama penerbangan adalah kafein.

Kita tentu tahu bahwa kafein akan membuat jantung berdetak lebih kencang sehingga sulit bagi tubuh untuk jadi relaks dan santai. Karena itulah sebaiknya Anda tak mengkonsumsi kopi sesaat sebelum terbang atau ketika sudah di dalam pesawat. Sebagai alternatifnya, teh dengan aromaterapi seperti teh camomile atau melati lebih dianjurkan untuk diminum. Tak hanya itu Anda juga bisa mencoba untuk menghirup aroma lavender, untuk membuat otak menjadi lebih tenang sehingga Anda punya kesempatan untuk tidur nyenyak dalam pesawat.

Pakai bantal dan selimut

Bukan hal yang memalukan loh untuk membawa bantal, jika traveling ke luar negeri menggunakan pesawat dengan penerbangan yang sangat panjang. Hanya saja pilihlah batal yang bersih, tidak terlalu besar, namun nyaman untuk digunakan sebagai bantalan kepala saat di pesawat. Anda juga bisa meminta selimut pada pramugara dan prmugari yang bertugas, jika suasana kabin dirasa terlalu dingin.

Bantal dan selimut adalah kombinasi sempurna setidaknya untuk membuat Anda menjadi lebih cepat tertidur saat sedang berada dalam pesawat. Jangan lupa untuk menggunakan kaus kaki yang bersih, karena dengan mengenakan kaus kaki dipercaya seseorang akan mudah tidur dengan nyenyak.

Atur kursi dengan posisi senyaman mungkin

Layaknya bus, kursi dalam pesawat juga bisa diatur dengan kemiringan tertentu agar membuat penumpang merasa nyaman menggunakannya untuk istirahat. Bahkan ada juga pesawat yang bagian kursinya bisa dipanjangkan sehingga berbentuk mirip ranjang mini yang bisa digunakan tidur untuk penumpangnya.

Namun  yang pasti, saat tidur jangan tumpukkan kaki Anda di bagian belakang kursi penumpang lain karena hal ini akan sangat menganggu mereka. Selain itu, travel belogger lain juga menyarankan untuk Anda minta izin tidur di kursi yang tak terisi. Jika Anda traveling ke luar negeri, mungkin ada barisan kursi penumpang yang kosong. Anda bisa meminta izin pada petugas yang ada di kabin untuk menggunakan deretan kursi kosong itu sebagai tempat untuk tidur, dan meluruskan kaki sementara.

Bacaan yang membosankan

Membaca adalah salah satu aktivitas yang bisa Anda lakukan di pesawat. Aktivitas ini ternyata bisa membantu Anda untuk tidur lebih nyenyak loh di dalam pesawat. Caranya adalah dengan membaca buku yang membosankan, sehingga mau tak mau lama-lama Anda akan mengantuk dan akhirnya jatuh tertidur.

Gunakan buku konvensional, jangan buku atau artikel panjang dari handphone atau gadget Anda. Ini karena cahaya dari gadget seredup apapun itu, akan membuat Anda tetap terjaga dan sulit untuk tertidur. Buku biasa dengan bacaan yang monoton dan membosankan jadi alternatif terbaik untuk membuat Anda cepat tertidur. Karena itu jangan lupa membawa buku yang menurut Anda membosankan untuk dibaca dalam pesawat.

Berpakaian yang nyaman

Ke mana pun Anda berpergian dan menggunakan moda transportasi apapun, usahakan untuk mengenakan pakaian yang nyaman. Pakaian yang nyaman ini ternyata akan membantu Anda mudah tidur selama dalam perjalanan. Alih-alih menggunakan kaus dan kemeja ketat, sangat disarankan untuk mengenakan pakaian yang longgar saja.

Namun bukan berarti Anda bebas untuk memakai pakaian apa saja ya selama dalam pesawat. Berpakaianlah yang menurut Anda nyaman, tidak membuat sesak, tidak terlalu panas atau dingin, namun tetap sopan saat dikenakan dalam pesawat. Meskipun mungkin tertutup oleh selimut, sebaiknya tidak melepas sepatu tanpa ditutup kaus kaki sehingga kaki telanjang Anda akan dilihat oleh penumpang lain.

Lakukan ritual tidur seperti biasanya

Sumber: gorrelldds.com

Apa yang biasa Anda lakukan sebelum tidur? Cuci muka, minum air putih atau sikat gigi? Jika Anda biasa melakukan hal tersebut menjelang tidur, tak ada salahnya untuk melakukan hal yang serupa dalam pesawat. Cuci muka lebih dahulu, sikat gigi jika memungkinkan, dan buang air kecil agar saat tidur, Anda tak merasa ingin ke toilet lagi. Selain itu, ada baiknya Anda tak lagi fokus pada gadget. Jika sudah melakukan ritual tidur tersebut dan bersiap untuk istirahat sebaiknya matikan ponsel Anda, jangan lagi main game atau melihat foto-foto yang mungkin ada di galeri smartphone.

245

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here