Sumber: cnn.com

Salah satu negara di Eropa yang kerap jadi destinasi traveling favorit banyak orang baik dari Indonesia atau penjuru dunia lain adalah Italia. Negara beribukota Roma ini memang hanya memiliki luas wilayah sekitar 301,338 km persegi saja dan dikelilingi oleh negara-negara lain sebagai perbatasannya seperti Perancis, Swiss, Austria, dan juga Slovenia. Meskipun begitu, Italia diklaim sebagai negara kelima di dunia yang paling banyak dikunjungi oleh traveller dari segala penjuru dunia.

Lokasinya yang sangat strategis terletak di jantung Laut Mediterania, membuat Italia dianugerahi bentang alam yang tak mungkin Anda temukan di negara-negara Eropa lainnya. Tak hanya itu, Italia juga disebut sebagai negara di mana peradaban bermula. Kisah dewa-dewi Romawi Kuno dengan segala epos dan legendanya, membuat Italia diketahui sebagai tanah peradaban tertua di muka bumi ini. Tak hanya itu, negara yang dipimpin oleh Presiden Sergio Mattarella ini juga dikenal sebagai asal para filsufus cerdas dan ternama seperti Leonardo da Vinci, Galileo, Michelangelo, Machiavelli dan sederet nama terkenal lain yang mungkin telah Anda baca dalam buku sejarah di sekolah.

Di zaman modern ini, Italia telah menyebarkan pengaruhnya ke berbagai penjuru dunia. Salah satunya yang bisa Anda lihat dari makanan khas Italia yang mudah ditemukan di berbagai tempat di dunia, tak terkecuali di kota-kota seluruh wilayah Indonesia. Pizza, aneka olahan pasta, es krim lezat seperti gelatto, atau kopi-kopi bercita rasa tinggi layaknya cappuccino, espresso dan banyak lagi warisan kuliner lain dari Italia yang kini telah menyebar hingga berbagai penjuru dunia. Belum lagi Italia juga mendapat julukan sebagai kota mode, di mana designer ternama kerap melakukan pagelaran dan membuka outlet-outlet mereka disana. Tak hanya itu bagi penggemar olaharga, Italia adalah gudangnnya sejumlah klub sepakbola ternama dengan basis penggemar yang cukup besar dari berbagai belahan bumi ini.

Selain itu, Italia juga negara yang memiliki pemandangan alam yang sangat memukau. Posisinya yang tepat berada di tengah lautan Mediterania, membuat Italia memiliki iklim yang bervariasi mulai dari tropis, sub tropis, dan juga sedang. Tak hanya itu meskipun merupakan negara yang maju, namun Italia diketahui sangat menjaga sumber daya alam mereka. Negara ini tegah gencar-gencarnya melakukan pelestarian alam baik flora dan fauna yang menjadi daya tarik bagi traveller yang datang berkunjung. Dengan segela kelebihan yang telah disebutkan tersebut itulah Italia masih jadi destinasi favorit untuk traveling ke Eropa. Apakah Anda adalah salah satu traveller yang ingin mengunjungi negara cantik ini? Jika iya ada 8 hal penting yang patut untuk Anda perhatikan sebelum traveling ke negeri Menara Pissa ini. Apa saja itu?

Jika naik kereta bersama pasangan, pastikan Anda menggunakan Mr atau Mrs untuk nama

Salah satu moda transportasi yang bisa Anda gunakan saat keliling Italia adalah dengan menggunakan kereta api. Kereta api sendiri adalah angkutan yang cukup merakyat di Italia dan kerap digunakan oleh traveller atau wisatawan. Kereta-kereta di Italia dijamin nyaman serta bersih sekali. Dengan berkeliling Italia menggunakan kereta api, Anda akan melihat indahnya bentang alam negara yang cantik ini. Namun ada satu hal yang wajib Anda perhatikan ketika naik kereta saat traveling ke Italia ini.

Jika Anda traveling bersama pasangan untuk berbulan madu, pastikan di kereta tercantum nama Anda dan juga suami. Pasalnya compartments kereta di Italia itu terpisah untuk pria dan wanita, kecuali bagian private yang bisa disewa dengan harga tertentu. Jadi jika Anda tak ingin dipisahkan dengan pasangan selama dalam kereta, ada baiknya menggunakan Mr. Atau Mrs yang jelas pada tiket kereta yang dipesan, agar bisa berada dalam satu compartments kereta yang sama. Selain itu, gunakan nama jelas sesuai dengan identitas Anda. Tak hanya itu, tak semua tiket kereta di Italia bisa dipesan secara online, sehingga sekali waktu Anda perlu antri untuk mendapatkannya

Hati-hati saat memesan makanan

Sumber: expatexplore.com

Berkunjung ke Italia, wajib hukumnya untuk menikmati kuliner khas dari negara tersebut. Mungkin saat di Indonesia, Anda bisa menikmati pasta atau pizza setiap saat. Tapi cita rasa khas yang asli hanya mungkin Anda nikmati jika datang ke negara ini. Meskipun begitu, ada baiknya Anda tak memesan makanan yang belum familiar di telinga Anda. Jangan karena hanya penasaran, Anda memesan makanan dan minuman yang justru akan membuat menyesal setelah dihidangkan.

Seorang travel blogger bercerita pengalamanya memesan hidangan bernama insalata verde, hanya karena ia merasa penasaran dengan makanan tersebut. Tapi alangkah terkejutnya ia ketika mendapati hanya disediakan semangkuk daun selada segar tanpa tambahan apapun juga. Tak ada salahnya mencoba manakan yang baru saat ke Italia, namun pastikan Anda tahu apa hidangan yang dipesan itu.

Jangan memesan sesuatu yang ribet

Sama seperti tempat makan lain pada umumnya, restaoran-restoran di Italia juga memiliki daftar menu yang akan ditunjukkan untuk tamu yang datang makan disana. Namun sebaiknya Anda tak memesan hidangan yang ribet dan aneh-aneh. Jika Anda vegetarian, cukup katakan Anda tidak makan daging dan diberi hidangan berupa buah dan sayuran. Jangan berikan embel-embel menu lain yang akan membuat pelayan mengerutkan kening mereka.

Orang Italia akan tersinggung berat, jika Anda memesan sesuatu yang aneh-aneh atau bahkan tidak terdapat dalam list menu yang disediakan. Special order tetap bisa dilakukan terutama jika Anda vegetarian, memiliki alergi, atau sedang membawa buah hati. Hanya saja jangan sesuatu yang ribet dan membuat Anda dicap sebagai tamu yang kurang sopan serta menyebalkan.

Biasakan diri untuk telat makan malam

Saat di Indonesia, Anda mungkin tak akan makan malam diatas jam 7 kecuali jika ada acara tertentu seperti pesta atau kondangan. Ini wajar sebab biasanya orang Indonesia akan makan malam mulai pukul 6 hingga 7 malam. Namun hal tersebut tak akan Anda temui saat di Italia.

Ketika berkunjung ke negara ini, siap-siaplah untuk malam malam lebih larut. Pasalnya restoran baik yang mewah ataupun pinggir jalan, biasanya tak akan buka sebelum pukul 7 malam atau bahkan lebih larut lagi. Meskipun begitu, Anda masih bisa mengganjal perut dengan mencicipi makanan ringan atau street food di sekitar Sisilia, Le Marche, Ariccia, dan beberapa tempat lain di mana Anda bisa menikmati hidangan berupa makanan tradisional Italia sambil menunggu waktu makan malam tiba.

Bersiaplah untuk membayar lebih mahal

Anda mungkin sudah biasa dengan penerapan pajak ketika makan di satu retoran tertentu di Indonesia. Hal sama juga terjadi ketika Anda traveling ke Italia. Jangan kaget jika bill tiba, Anda membayar lebih mahal dibandingkan dengan harga yang terlihat di daftar menu sebelumnya. Ini karena restoran di negara tersebut menerapkan sistem cover charge yang bisa dilihat di bagian bawah daftar menu yang diberikan pada Anda. Setiap restoran memiliki cover charge yang berbeda, karena itulah ada baiknya Anda browsing terlebih dahulu untuk mengetahui restoran mana yang menerapkan cover charge lebih mahal atau lebih murah.

Ada banyak travel blogger yang membagikan pengalaman mereka mengenai spot kuliner di Italia dengan rate cover charger yang beragam dan bisa jadi referensi untuk Anda memilih resto tempat bersantap. Hal ini penting supaya uang Anda tak terkuras untuk membayar makanan yang disantap. Apalagi cover charge ini biasanya dibayar dengan uang Euro yang pastinya lebih mahal jika dirupiahkan.

Siapkan uang tunai dalam jumlah agak banyak

Saat traveling ke Italia, ada baiknya Anda memiliki stok uang tunai atau Euro dalam jumlah yang cukup banyak. Memang ketika berkunjung ke luar negeri, ada baiknya Anda menyiapkan uang tunai sesuai dengan negara yang dituju. Salah satu cara yang efektif dan aman adalah dengan menggunakan ATM, untuk menarik tunai sejumlah uang di negara tujuan.

Meskipun begitu, di Italia Anda membutuhkan lebih banyak uang tunai lagi. Pasalnya tak jarang beberapa ATM di kota-kota Italia itu kosong, apalagi jika akhir pekan tiba. Apalagi ATM di bandara, sudah dipastikan akan kosong saat weekend tiba. Padahal mungkin Anda punya rencana untuk menarik tunai di ATM bandara,. Karena itulah sebelum traveling ke Italia, tak ada salahnya menyiapkan uang Euro dalam jumlah yang cukup banyak. Jangan sampai Anda terpaksa menukarkan uang ke money changer dengan rate atau kurs yang jauh lebih mahal sehingga merugikan diri Anda sendiri.

Bersabarlah saat menggunakan kendaraan umum

Sumber: italylogue.com

Italia adalah negara di mana transportasi publik, sering mengalami kepadatan pada jam-jam tertentu. Tak hanya kereta bahkan hingga bis dan taksi, kerap mengalami kepadatan penumpang atau strike atau yang dalam bahasa lokal lebih dikenal dengan nama Sciupero. Namun berbeda dengan Indonesia, pemerintah setempat seolah sudah bisa memprediksi jam-jam di mana kepadatan penumpang ini akan terjadi. Hal ini yang membuat warga merasa tidak terganggu dan strike ini seolah sudah jadi budaya keseharian mereka.

Karena itulah ada jadwal yang diupdate berkala, untuk memberi informasi pada calon penumpang kemungkinan terjadinya transport strike atau Sciopero ini. Sebab itu sangat disarankan untuk sering-sering mengecek jadwal guna mengetahui kapan terjadinya strike ini. Jadi sambil menunggu transportasi umum menjadi lebih lega, Anda bisa melakukan kegiatan lain seperti berkeliling ke tempat-tempat terkenal di kota-kota Italia.

Tips mendapat penginapan murah di Italia

Sebagai negara yang banyak dikunjungi oleh traveller di seluruh dunia, Italia memiliki banyak hotel yang ditawarkan dengan rate yang cukup mahal. Apalagi ketika musim liburan tiba. Selain kemungkinan hotel akan penuh, traifnya pun bisa melonjak dengan sangat tinggi sekali. Namun ada satu cara yang mungkin bisa Anda coba, untuk mendapatkan hotel yang bagus dengan rate harga yang tak terlalu mencekik.

Sangat disarakan bagi Anda untuk melakukan booking tempat, seperti hotel dan penginapan di luar kota besar Italia. Kota-kota kecil di Italia selain memiliki pemandangan alam yang indah, juga menyediakan akomodasi mulai dari hotel, resto, dan transportasi yang lebih terjangkau. Karena itu untuk menghemat uang, tak ada salahnya Anda memilih menginap di kota-kota kecil ini saja sambil menikmati pemandangan alamnya.

276

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here