Jakarta, Tamasya – Ibukota Indonesia, Jakarta, merupakan salah satu kota metropolitan yang sangat sibuk dan padat. Melihat ibukota yang demikian, kamu pasti akan mengira kalau kota ini tidak memiliki tempat wisata alam ataupun wisata yang edukatif. Salah besar! Karena sebenarnya Jakarta memiliki banyak tempat wisata yang menarik dan menambah pengetahuan.

Tidak percaya? Cobalah kunjungi beberapa tempat wisata berikut ketika liburan ke Jakarta nanti!

  1. Monumen Nasional (Monas)

Masyarakat Indonesia mana yang tidak mengetahui Monas? Monas adalah sebuah tugu peringatan setinggi 132 meter yang dibangun untuk mengenang perjuangan rakyat Indonesia untuk meraih kemerdekaan. Ikon kebanggaan masyarakat Indonesia ini memiliki lapisan emas pada bagian lidah api di atas monumen. Bagi kamu yang ingin menikmati pemandangan ibukota dari ketinggian, jangan ragu untuk naik ke atasnya menggunakan lift yang disediakan. Bagi yang ingin menambah pengetahuan tentang sejarah, kunjungilah Museum Sejarah Nasional yang berada di bagian dasar Monas.

  1. Aneka Museum

Sebagai pusat kota dan pemerintahan dari zaman penjajahan, tidak heran kalau Jakarta memiliki sejumlah bangunan bersejarah yang kini digunakan kembali sebagai museum. Lokasi antar museum juga tidak terlalu jauh, sehingga kamu bisa wisata antar museum dalam 1 hari. Beberapa museum yang patut kamu kunjungi adalah Museum Nasional yang menyimpan lebih dari 100 ribu koleksi benda peninggalan arkeologis, keramik, batu-batuan, dan perhiasan zaman dahulu. Beralih ke Museum Fatahillah yang tadinya merupakan gedung balai kota pada masa penjajahan Belanda, di sini kamu bisa melihat arsitektur khas Belanda beserta perabot rumah tangganya. Lalu, di sekitar Museum Fatahillah ini juga ada Museum Bank Indonesia, Museum Wayang, Museum Tekstil, dan masih banyak lagi.

  1. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Sumber: Indoindians

Indonesia merupakan negara kepulauan yang dihuni oleh beragam suku. Keberagaman ini bisa kamu nikmati tanpa harus keliling Indonesia dan mengeluarkan uang banyak. Kamu hanya perlu membayar tiket masuk ke dalam Taman Mini Indonesia Indah. Di sini kamu bisa mengunjungi semua rumah adat dari provinsi yang ada di Indonesia. Di dalam rumah adat ini ada penjelasan dan beberapa koleksi dari pakaian adat, peralatan masak, dan sebagainya. Puas keliling rumah-rumah adat ini, kamu bisa berkunjung di sebuah danau, di mana ada miniatur kepulauan Indonesia. Sungguh cantik. Jika ingin bermain, TMII juga memiliki wahana Istana Anak dan Snow Bay.

  1. Kebun Binatang Ragunan

Jika kamu bepergian bersama anak-anak, jangan lewatkan kunjungan ke Kebun Binatang Ragunan. Kebun binatang seluas 147 hektare ini memiliki 2.000 ekor satwa dan 50.000 pepohonan. Saat berkunjung ke kebun binatang yang berdiri sejak tahun 1864 ini, gunakanlah alas kaki dan pakaian yang nyaman karena kalian akan banyak berjalan kaki mengelilingi kandang-kandang satwa.

  1. Kepulauan Seribu

Berlibur ke ibukota siapa bilang tidak bisa menemukan tempat wisata alam? Jakarta punya tempat wisata populer yaitu Kepulauan Seribu. Di dalam kawasan ini ada sejumlah pulau favorit wisatawan seperti Pulau Bidadari, Pulau Tidung, Pulau Pari, Pulau Harapan, dan masih banyak lagi. Di pulau-pulau ini kamu bisa melakukan kegiatan diving, snorkeling, berenang, berkemah, banana boat, atau sekedar bersantai menikmati pemandangan yang indah. Di Kepulauan Seribu ini sudah terdapat banyak fasilitas sehingga kamu tidak perlu khawatir akan segala kebutuhan selama liburan di sini.

  1. Kota Tua Jakarta

Pada umumnya masing-masing kota di Indonesia memiliki kawasan kota tua, begitu juga dengan Jakarta. Di Kota Tua ini kamu bisa menemukan banyak bangunan tua yang masih berdiri kokoh. Tidak hanya itu, kawasan Kota Tua ini sering menjadi tempat digelarkan pameran seni dan atraksi kekinian anak muda. Puas menikmati suasana zaman dulu, sempatkan diri untuk wisata kuliner di sini. Mulai dari kafe mewah hingga jajanan kaki lima, semua ada.

  1. Setu Babakan

Suku asli penduduk Jakarta adalah Betawi. Untuk bisa menikmati kebudayaan Betawi yang menarik, kamu bisa berkunjung ke Kampung Betawi di Setu Babakan. Mulai dari rumah penduduk, kegiatan mata pencaharian penduduk, kerajinan tangan, dan kuliner khas Betawi, semua bisa ditemukan di sini.

  1. Taman Wisata Alam Angke

Tempat wisata alam lainnya di Jakarta adalah Taman Wisata Alam Angke di Pantai Indah kapuk. Kegiatan yang bisa kamu lakukan di sini adalah berjalan santai sambil menyusuri deretan pohon bakau, mengabadikan foto, hingga berpartisipasi untuk melestarikan alam dengan menanam pohon bakau.

  1. Dunia Fantasi

Sumber: Ancol

Baik anak kecil atau dewasa, cobalah untuk menguji adrenalin di Dunia Fantasi atau Dufan. Di sini ada lebih dari 20 wahana yang seru. Di antaranya adalah Rumah Miring, Tornado, Bianglala, Istana Boneka, Halilintar, Perang Bintang, Hysteria, Rumah Kaca, Arung Jeram, dan Kora-kora.

661

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here