Jakarta, Tamasya – Tidak hanya dipuaskan dengan wisata bersejarah dan budaya, saat kamu berkunjung ke Yogyakarta jangan lewatkan wisata kuliner hingga perut kenyang. Makanan khas Yogyakarta seperti gudeg dan berbagai angkringan hingga yang modern dengan tempat super nyaman, semua harus kamu cicipi!

Agar tidak ada yang terlewat, yuk catat daftar rumah makan yang wajib kamu kunjungi!

  1. Sate Klathak Pak Pong

Menu bakaran yang satu ini memang memiliki ciri khasnya masing-masing di setiap daerah di Indonesia. Begitu juga dengan Sate Klathak Pak Pong, ciri khas yang membuatnya populer adalah penggunaan tusuk sate yang terbuat dari jeruji sepeda. Alasannya adalah jeruji sepeda ini bisa membuat daging matang merata dan tidak perlu membuang-buang tusuk sate biasa karena akan merusak lingkungan.

Daging yang digunakan adalah daging kambing. Rasanya sangat nikmat meski hanya dibumbui garam, kecap, dan lada.

Lokasi: Jalan Imogiri, Bantul

  1. House of Raminten

Sumber: Gudeg.net

House of Raminten adalah sebuah rumah makan berkelas yang menyajikan berbagai macam makanan tradisional. Tempat ini cocok untuk menjadi lokasi pertemuan keluarga atau rekan bisnis. Beberapa makanan yang bisa dinikmati di sini adalah wedang sereh, tahu bola, sate lilit, nasi kucing, dan cunduk brongkos.

Tidak hanya makanannya yang nikmat, interior rumah makan ini akan membuat kamu betah berlama-lama. Suasananya sangat mencerminkan budaya Jawa, ada wangi-wangian dupa, dan iringan gending. Para pelayannya pun menggunakan pakaian tradisional. Rumah makan ini buka 24 jam.

Lokasi: Jalan FM Noto 7, Kota Baru

  1. Kalimilk Yogyakarta

Kalimilk Yogyakarta merupakan sebuah kedai yang khusus menyajikan aneka olahan susu. Varian rasanya ada macam-macam, mulai dari durian, cookies, cokelat, dan masih banyak lagi. Porsi yang ditawarkan ada medium dan gajah yang berukuran besar.

Lokasi: Jalan Kaliurang KM 4,9

  1. Nasi Goreng Beringharjo

Cobalah bertanya kepada masyarakat Yogyakarta tentang Nasi Goreng Beringharjo. Mustahil tidak ada yang tahu karena rumah makan ini sangat populer. Rumah makan yang berdiri sejak 1960 ini memiliki cita rasa khas yang tidak pernah berubah sejak dulu. Rumah makan ini selalu ramai dikunjungi tamu, tapi jangan ragu untuk mencobanya karena kamu tidak perlu antri lama. Selain nasi goreng, ada juga menu bihun dan bakmi goreng.

Lokasi: Jalan Pabringan 1

  1. Mie Telap 12

Zaman sekarang banyak rumah makan yang menu andalannya adalah variasi dari mie instan. Jika kamu malas memasak mie instan sendiri dan ingin mencicipi rasa yang unik dari variasi mie instan, berkunjunglah ke Mie Telap 12. Variasinya macam-macam, mulai dari tambahan kornet, rendang, telur, keju, dan masih banyak lagi.

Lokasi: Jalan Pandean 10B

  1. Gudeg Pawon

Berkunjung ke Yogyakarta tidak sah jika tidak makan gudeg. Untuk menikmatinya, kamu bisa berkunjung ke Gudeg Pawon yang sudah berdiri sejak tahun 1958. Rumah makan yang buka pada malam hari ini selalu ramai dikunjungi tamu. Sangat nikmat menikmati gudeg bersama nasi hangat dan the manis hangat di tengah dinginnya cuaca malam hari.

Lokasi: Jalan Dr. Soepomo Umbullharjo

  1. Jejamuran

Dari namanya saja kamu bisa menebak kalau makanan yang dijual di sini serba jamur. Menu andalan dari Jejamuran ini adalah sate jamur, jamur tumis pedas, puyunghai jamu, telor dadar jamur, dan masih banyak lagi. Rumah makan ini wajib dikunjungi oleh penggemar jamur dan orang vegetarian.

Lokasi: Niron, Pandowoharjo, Tridadi

  1. Manggar Manding

Sumber: Paket Wisata Jogja

Jika hidangan gudeg pada umumnya dibuat menggunakan nangka muda, gudeg khas rumah makan Manggar Manding justru menggunakan bunga kelapa muda atau manggar. Katanya, gudeg manggar adalah menu istimewa kesultanan yang menjadi favorit para putrid. Gudeg manggar ini disajikan bersama tempe bacem dan sayur krecek. Manggar dipercaya memiliki khasiat untuk memancarkan kecantikan dari dalam. Yuk, dicoba biar makin cantik!

Lokasi: Jalan Parangtritis KM 115, Bantul

  1. Bakmi Shibitsu

Apakah rumah makan ini menjual makanan khas Jepang? Tidak. Rumah makan Bakmi Shibitsu ini hanya menyajikan kuliner khas Yogyakarta yang sudah berdiri sejak 1980. Menu yang menjadi favorit para tamu adalah rica-rica ayam, nasi goreng, mie godog, mie goreng, dan masih banyak lagi.

Lokasi: Jalan Bantul No. 106, Bantul

  1. Angkringan Lik Man

Ingin mencicipi kuliner khas Yogyakarta sambil nongkrong santai? Kamu wajib berkunjung ke Angkringan Lik Man, salah satu angkringan yang terkenal di Yogyakarta. Angkringan yang sudah berdiri sejak tahun 1969 ini memiliki menu berupa nasi kucing, sate telur puyuh, dan aneka gorengan. Sedangkan untuk minuman pendamping obrolan, ada kopi joss. Kopi joss ini adalah kopi yang dicampur dengan arang yang masih menyala. Rasanya unik dan mampu menetralisir kafein. Jangan khawatir, kopi ini aman untuk pencernaan.

208

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here