Sumber: ZoPix

Sebagai penduduk negara Indonesia yang tidak memiliki musim salju, salah satu cara untuk menikmatinya adalah dengan berlibur ke luar negeri saat musim dingin. Eropa adalah destinasi utama para wisatawan untuk menikmati salju. Agar pengalaman menikmati salju ini menjadi lebih berkesan, kamu harus ke sebuah lokasi yang benar-benar tertutup salju sepanjang hari bukannya menunggu salju turun di tengah kota.

Apakah kamu sudah tahu di mana saja lokasi di Eropa yang memiliki pemandangan salju terbaik? Jika belum, simaklah daftar tempat berikut ini dan bersiaplah untuk bermain salju!

Norwegia

Sumber: Heart My Backpack

Norwegia dari dulu sudah dikenal sebagai negara dengan keindahan alam yang begitu luar biasa mempesona. Kamu bisa menemukan air terjun, Teluk Fyord, deretan pegunungan, hingga gletser abadi. Keindahan alam di Norwegia ini bisa tetap terjaga hingga sekarang berkat kepedulian para penduduk lokal dan sikap wisatawan yang bertanggung jawab.

Selama musim dingin, sebagian besar wilayah Norwegia akan diselimuti salju tebal. Tempat ini menjadi tempat terbaik untuk melakukan ski di sejumlah lereng. Selain menikmati salju, kamu juga bisa menikmati aurora yang biasanya muncul pada November hingga Januari di mana sinar matahari sama sekali tidak terlihat di bagian utara. Sangat cantik dan sulit menemukannya di belahan dunia lain.

Jika kamu tidak memiliki waktu untuk berkunjung di musim dingin, tenang saja karena salju masih bisa ditemukan di sejumlah pegunungan pada saat musim semi bahkan musim panas tiba.

Swiss

Lokasi berikutnya yang sangat cantik di saat musim dingin adalah Swiss. Pegunungan Alpen yang tersohor itu terlihat semakin megah dengan lapisan salju di seluruh permukannya. Di sini kamu bisa menyaksikan pemandangan yang luar biasa mempesona, menantang diri dengan melakukan olahraga salju, menikmati gemerlap malam di tengah kota, dan masih banyak lagi.

Bagi kamu yang ingin menjajal aneka olahraga salju, pergilah menuju resor yang ada di kaki pegunungan Alpen. Ada banyak resor yang bisa kamu pilih, di antaranya adalah St. Moritz, Zermatt, dan Davos / Klosters. Jika tidak berani untuk bermain snowboarding atau ski, kamu bisa menjajal kereta salju yang diperuntukkan pengunjung segala usia.

Bagi kamu yang ingin menikmati suasana kota dan tidak ingin ke gunung, kamu bisa beralih ke sejumlah kota besar di Swiss. Beberapa kota yang bisa kamu kunjungi adalah Bern, Geneva, Lucerne, Zurich, dan Basel. Waktu kunjungan yang tepat ke kota-kota tersebut adalah pada saat menjelang perayaan Natal. Umumnya kota-kota ini sudah mulai menghias diri sejak tanggal 24 November setiap tahunnya. Kamu bisa menikmati lampu-lampu hias, pohon Natal, dan nyanyian-nyanyian yang syahdu.

Salju di Swiss tidak hanya muncul pada saat musim dingin saja, tapi juga di saat musim panas. Namun untuk merasakan salju di musim panas, kamu harus mendaki puncak gunung tertinggi seperti Jungfraujoch, Klein Matterhorn, dan Titlis. Salju di ketiga tempat ini sifatnya abadi. Ada tempat yang lebih mudah dijangkau seperti Corvatsch dan Glacier 3000. Namun kehadiran salju di tempat tersebut agak sulit diprediksi. Kamu harus memantau perkiraan cuaca dan mempertimbangkan cuaca pada hari-hari sebelumnya. Jika tidak, maka perjalananmu ke sana untuk menikmati salju akan sia-sia.

Islandia

Sumber: Iceland Naturally

Lokasi terakhir yang tepat untuk menikmati salju di Eropa adalah Islandia. Islandia ini adalah sebuah negara yang dikelilingi oleh api, es, lahar, gletser, fyord, dan pegunungan. Selagi berlibur di sini, waktumu tidak akan terbuang percuma karena ada begitu banyak kegiatan yang sangat menarik. Beberapa kegiatan tersebut di antaranya adalah mengendarai Super Jeeps, Snow Mobile, mengelilingi udara menggunakan helikopter, bermain ski, bermain kereta luncur, hingga menunggang kuda untuk mengelilingi alam bebas di Islandia.

Tidak sampai di situ, pada saat musim dingin tiba akan ada banyak fenomena alam yang mengejutkan. Di antaranya adalah air terjun yang membeku, kolam air panas yang mengeluarkan banyak asap, aneka burung berterbangan bebas di langit, hingga semburan lahar dan ledakan geyser. Masih belum puas? Tenang saja, di Islandia kamu bisa menyaksikan indahnya langit malam yang dihiasi oleh cahaya aurora.

Sayangnya saat berkunjung ke Islandia di musim dingin, ada sejumlah tempat wisata populer yang tidak bisa dikunjungi dengan alasan keselamatan pengunjung. Namun, tenang saja karena masih ada tempat wisata menarik seperti Golden Circle, beberapa air terjun, Blue Lagoon, gletser, pantai berpasir hitam, museum, dan gua es yang bisa kamu kunjungi di musim dingin.

Hampir sama dengan Norwegia dan Swiss, Islandia memiliki tempat yang dihuni oleh salju abadi. Tepatnya ada di sejumlah puncak gunung. Berkunjung saat musim panas pun tidak jadi masalah.

Baca Juga: 7 Gunung Tertinggi di Eropa: Sudah Tahu?

Setelah tahu ketiga tempat tersebut, masih yakin mau menunda liburan ke Eropa di musim dingin?

281

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here