Jakarta, Tamasya – Yunani, negara yang satu ini berada di wilayah Eropa Tenggara. Lebih tepatnya di sebelah timur Italia, sebelah barat Turki, dan di tepi Laut Mediterania. Yunani merupakan sebuah negara yang memiliki lebih dari 60 pulau yang mengagumkan. Di pulau-pulau ini, para wisatawan bisa menikmati kemegahan situs bersejarah yang sudah berumur ribuan tahun, berbagai pantai yang eksotis, hingga pegunungan yang mempesona.

Bagi kamu yang tertarik untuk berlibur ke negeri para dewa ini, simak dulu daftar tempat wisata yang perlu kamu kunjungi berikut ini!

  1. Santorini

Salah satu tempat wisata yang paling terkenal di Yunani adalah Santorini. Santorini merupakan sebuah pulau vulkanik yang termasuk dalam kelompok Cyclades. Lokasi Santorini ini cukup menakjubkan karena berada di tepi tebing setinggi 400 meter. Pemandangan yang paling berkesan dari Santorini adalah deretan rumah-rumah berwarna putih bersih di pinggir tebing. Jika berkunjung ke Santorini, berfoto di sini adalah hal yang wajib. Kegiatan lainnya yang harus kamu lakukan selagi berada di kota berarsitektur Venesia dan Cycladic ini adalah menyaksikan matahari terbenam yang sangat cantik.

  1. Mykonos

Mykonos adalah sebuah area cosmopolitan yang diakui sejumlah wisatawan mancanegara sebagai salah satu tempat wisata terbaik. Mykonos yang juga dikenal dengan nama Chora ini disebut-sebut memiliki pemandangan alam terindah di Yunani. Kota ini didominasi oleh warna putih mulai dari cat bangunan hingga jalanannya. Selain terkenal dengan nuansa serba putih, Mykonos juga terkenal dengan pantai berpasirnya dan kehidupan malam yang gemerlap di sejumlah bar dan klub.

  1. Teater Kuno Delphi

Sumber: GTP

Para wisatawan pecinta situs bersejarah wajib mengunjungi peninggalan bersejarah yang ada di Delphi. Teater Kuno Delphi ini berada di atas bukit Gunung Parnassus. Menurut mitologi Yunani, area ini dilindungi oleh Dewa Apollo. Teater pertama di Delphi dipercaya dibangun pada abad ke 4 SM dan sudah mengalami beberapa renovasi. Teater ini memiliki 35 baris kursi yang terbuat dari batu dan dapat menampung 5.000 penonton. Saat berada di Teater Kuno Delphi ini, kamu bisa menyaksikan keindahan Yunani dari ketinggian.

  1. Gunung Athos

Gunung Athos berada di semenanjung Makedonia. Gunung yang diakui sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO ini terkenal dengan keindahan dan keunikannya. Gunung yang memiliki luas sekitar 390 kilometer persegi ini menjadi rumah bagi 20 biara ortodoks timur dan dihuni oleh sekitar 2.000 biarawan yang kehidupannya terisolasi dari dunia luar. Keunikan gunung ini ada pada tradisi di mana para perempuan dilarang untuk menginjakan kakinya di sini. Tidak hanya manusia, tapi tradisi ini berlaku untuk binatang kecuali serangga dan burung. Tradisi ini dipercaya sudah berlangsung selama beberapa abad. Para wisatawan yang ingin berkunjung ke sini harus mendapatkan izin dari pemerintah setempat karena setiap harinya hanya ada 100 pengunjung beragama ortodoks dan 10 non ortodoks yang diperkenankan masuk.

  1. Lindos

Lindos merupakan sebuah desa dari abad pertengahan yang berada di Pulau Rhodes. Sama seperti area lainnya di Yunani yang identik dengan bangunan bercat putih, Lindos pun memiliki nuansa serupa. Di sini kamu bisa menikmati pemandangan pelabuhan dan pantai yang ada di sekitarnya. Beberapa pantai yang terkenal di sini adalah Pantai Lindos dan Pantai Saint Pauls karena lokasinya dekat dengan pusat kota. Tempat wisata yang satu ini sangat populer dan banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara setiap tahunnya.

  1. Kuil Parthenon

Sumber: Ancient History Encyclopedia

Kuil Parthenon di bukit Acropolis, Athena, merupakan sebuah kuil kuno yang dibangun untuk Dewi Athena sang pelindung kota Athena. Dibangun pada tahun 447 SM, kuil ini dianggap sebagai simbol Yunani Kuno sekaligus menjadi salah satu peninggalan sejarah terbesar di duni. Kuil ini terlihat menjulang tinggi di atas kota. Pada malam hari kuil ini diterangi dengan lampu-lampu sehingga terlihat semakin megah. Material utama dari kuil ini adalah marmer putih dan dilengkapi dengan patung-patung hingga ukiran yang indah. Selama berbagai periode, kuil ini telah mengalami perubahan fungsi dari kuil, gereja, masjid, bahkan tempat penyimpanan amunisi.

  1. Thessaloniki

Thessaloniki merupakan kota terbesar kedua di Yunani setelah Athena. Secara geografis, kota ini berada di wilayah utara Yunani, di tepi Teluk Thermaic. Thessaloniki sering disebut sebagai the co-capital karena pada masa Kekaisaran Byzantium, kota ini dijadikan ibu kota kedua setelah Konstantinople. Objek wisata yang harus kamu kunjungi saat berada di Thessaloniki ini adalah White Tower, Museum Arkeologi Thessaloniki, Monumen Paleochristian dan Byzantine, Sound Garden, dan Ano Poli. Jika ingin pergi ke kota ini, kamu bisa menggunakan kereta api atau pesawat terbang dari Athena.

Itulah 7 tempat wisata yang harus kamu kunjungi ketika berlibur ke Yunani. Jadi tidak sabar untuk segera pergi ke sana, ya?

218

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here