Sumber: Miasuraya

Orang Jepang memiliki tradisi yang cukup unik untuk urusan membersihkan badan. Tidak hanya mandi di kamar mandi pribadi, tapi mereka juga senang pergi ke pemandian air panas untuk umum. Tempat pemandian air panas ini disebut Osen. Osen sendiri tidak sulit dijumpai di seluruh sudut kota-kota di Jepang, karena banyak penggemarnya mulai dari anak-anak hingga orang tua.

Lalu apa bedanya mandi di pemandian air panas umum dengan mandi di rumah sendiri? Bukankah lebih nyaman mandi di rumah sendiri? Bagi orang Jepang, pergi mandi ke pemandian air panas akan lebih menyehatkan kulit sekaligus bisa menghangatkan diri saat musim dingin.

Mandi menggunakan air panas memiliki manfaat tersendiri. Air panas dapat membersihkan tubuh secara keseluruhan karena seluruh pori-pori kulit akan terbuka kemudian kotoran akan keluar dengan sendirinya. Selain itu, air panas juga bisa bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah di dalam tubuh. Dengan demikian, organ tubuh bisa bekerja dengan baik, otak pun akan terlindungi dari penyakit migrain.

Air panas juga bermanfaat bagi penderita flu dan demam. Baik orang dewasa atau anak-anak, dianjurkan untuk mandi air panas atau air hangat saat menderita flu dan demam. Dengan air panas, kondisi panas tubuh bisa menurun sehingga flu dan demam mereda.

Aktivitas sehari-hari yang melelahkan akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh dan pikiran. Mandi menggunakan air panas dapat meredakan stress. Setelah mandi, tubuh akan terasa lebih rileks. Pikiran pun jadi lebih tenang. Stress hilang, penyakit pun tidak berani berkunjung.

Tidak banyak yang tahu kalau diabetes bisa diatasi menggunakan air panas. Penyakit diabetes muncul akibat kadar gula di dalam darah yang naik dan menimbulkan komplikasi bagi tubuh si penderitanya. Penelitian terbaru menyatakan bahwa kadar gula dalam darah bisa menurun secara alami dengan mandi atau berendam di air panas.

Mandi atau berendam menggunakan air panas juga bisa melancarkan kinerja jantung sehingga jantung dan tubuh jadi lebih sehat. Bagi penderita insomnia, mandi air panas sebelum tidur dapat menjadi salah satu solusi yang alami.

Melihat berbagai manfaat dari mandi air panas, tidak heran kan kalau banyak orang Jepang yang menyukai mandi air panas dan banyak sekali tempat pemandian air panas di sana.

Permandian air panas ini ada yang indoor dan ada juga yang outdoor. Tidak sedikit yang lebih memilih menggunakan kolam outdoor saat musim dingin. Bukannya dingin ya, kok malah berendam di luar? Ternyata berendam di kolam air panas outdoor saat musim dingin bisa memberikan pengalaman dan kenyamanan tersendiri, apalagi saat salju turun. Suasana akan terasa damai dan romantis. Bagian atas tubuh mungkin terasa dingin, tapi bagian bawah tubuh akan terasa hangat.

Sumber: Connect Shimane

Pergi ke pemandian air panas di Jepang tidak boleh dilakukan sembarangan loh. Ada beberapa tata cara yang perlu diikuti. Untuk kamu yang akan berkunjung ke Jepang dan ingin mencicipi sensasi mandi di pemandian air panas ini, simak dulu beberapa hal berikut.

Kamu akan diminta untuk membayar tiket masuk di awal sebelum pergi mandi. Cari tahu mengenai pemandian air panas tersebut, siapa tahu ada diskon untuk tamu hotel tertentu atau keuntungan lainnya.

Tempat umum ini mengharuskan kamu meninggalkan semua barang di loker. Letakkan alas kaki, dompet, HP, dan barang lainnya di loker. Jangan lupa untuk mengunci dan membawa kunci loker bersamamu. Biasanya kunci loker disertai gelang sehingga mengurangi resiko kehilangan kunci.

Pemandian air panas ini dibagi menjadi 2 area yaitu area pria dan wanita. Di sini, kamu tidak diperkenankan menggunakan baju atau pun handuk. Jadi kamu akan telanjang bulat. Tidak perlu malu, karena semua orang akan sama-sama telanjang. Toh, areanya sudah dibedakan untuk yang pria dan wanita.

Sumber: TripAdvisor

Sebelum masuk ke dalam bak air panas, kamu wajib membersihkan diri terlebih dahulu. Bersihkan seluruh tubuh dari ujung rambut sampai ujung kaki. Bilas hingga bersih, barulah pergi berendam di dalam bak. Setelah puas berendam di bak air panas, siramlah tubuh dengan air hangat kemudian pergi ke ruang ganti untuk menggunakan pakaian kembali.

Sehabis mandi, tubuh akan terasa lebih segar. Jangan langsung pulang ke rumah, tapi cobalah untuk bersantai dan nikmati tubuh segar dengan menyantap beberapa makanan dan minuman yang tersedia di tempat pemandian air panas umum tersebut. Untuk minuman, biasanya mereka menyediakan vending machine.

Seru ya mencoba budaya masyarakat setempat yang menyehatkan tubuh dan kulit ini! Bagaimana, masih ragu untuk pergi ke pemandian air panas di Jepang?

554

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here