Sumber: Access Gambia

Mendengar kata liburan saja, perasaan akan menjadi lebih senang dan bersemangat. Bagaimana jika sudah merencanakan segala sesuatu untuk pergi berlibur dan tinggal menghitung hari? Pasti jadi semakin menyenangkan lagi ya. Mulai dari memesan tiket pesawat, booking penginapan, menyusung anggaran, memilih tempat wisata, dan membuat daftar makanan setempat yang wajib dicicipi.

Saking senang, bersemangat, dan tidak sabar lagi, terkadang ada beberapa benda penting yang tertinggal saat mengemas barang. Rencana liburan bisa-bisa jadi menyebalkan karena benda-benda tersebut lupa dibawa.

Agar liburan jadi menyenangkan tanpa kekurangan benda penting, coba simak daftar benda yang perlu dibawa ini dan catat di kertas ya!

Dokumen penting beserta fotokopi atau file digital

Sumber: geekdad.com

Saat bepergian ke luar kota atau negeri, identitas diri berupa KTP atau paspor sangat dibutuhkan. Jangan lupa membawa dokumen tersebut dalam satu dompet kecil agar mudah mencari saat dibutuhkan. Untuk berjaga-jaga, tidak ada salahnya membawa fotokopian KTP atau paspor. Tidak ingin repot? Kamu bisa memotret KTP atau paspormu dan simpan di HP. Jika sewaktu-waktu kamu kehilangan KTP atau paspor, kamu bisa menggunakan dokumen cadangan sebagai pengganti atau bukti untuk melapor ke pihak berwenang.

Begitu juga dengan tiket pemesanan kereta api, pesawat, dan bukti booking penginapan. Pastikan kamu sudah membawanya agar perjalanan semakin mulus.

Tas sehari-hari

Saat pergi berlibur, kamu tidak ingin direpotkan saat harus menenteng barang bawaan sehingga biasanya kamu memasukkan semua barang dalam 1 atau 2 tas besar. Sebaiknya kamu membawa 1 tas lipat berukuran sedang untuk digunakan selama menjalani kegiatan liburan di tempat tujuan. Dengan tas tersebut kamu bisa membawa dompet, minuman, dan keperluan lainnya, lalu meninggalkan tas besar berisi baju dan peralatan mandi di penginapan. Tas yang terlalu besar akan mengganggu gerak-gerikmu selama berkegiatan dan menyusahkanmu dalam mengawasinya dari tangan jahil.

Obat-obatan pribadi

Cuaca dan makanan khas setempat mungkin berbeda jauh dengan tempat asalmu. Bukan tidak mungkin, tubuh kesulitan untuk beradaptasi dengan cepat. Jika kamu rentan dengan cuaca dingin, bawalah vitamin dan obat pilek atau demam. Jika kamu sensitif dengan bahan makanan tertentu, bawalah minyak kayu putih, obat alergi, dan obat sakit perut. Jangan tunggu sakit baru repot mencari toko obat ya.

Selain itu jika kamu memiliki alergi atau sedang sakit, bawa obat-obatan tersebut dalam jumlah secukupnya dan letakkan di wadah obat. Kamu tidak perlu membawa semua strip obat selama berlibur.

Powerbank, kabel cas, colokan cabang

Tidak ingin mati gaya? Pastikan baterai HPmu selalu terisi dengan penuh. Untuk itu jangan lupa untuk membawa powerbank, kabel cas, dan colokan cabang. Saat di perjalanan, kamu bisa mengisi baterai HP dengan powerbank yang sebelumnya sudah diisi penuh. Saat di penginapan, gunakan kabel cas dan colokan cabang agar bisa mengecas banyak HP di waktu bersamaan. Asal tahu saja, biasanya hanya ada 2 colokan di kamar penginapan. Colokan cabang ini akan berguna jika kamu pergi bersama banyak orang agar kamu tidak perlu berebut dengan orang lain.

Perlengkapan mandi

Pada umumnya pihak penginapan akan memberikan perlengkapan mandi bagi para tamunya. Untuk pria, mungkin tidak masalah menggunakan sembarang sampo atau sabun. Tapi untuk para wanita yang lebih sensitif, sebaiknya bawa perlengkapan mandi sendiri mulai dari sabun, sampo, sabun cuci muka, dan handuk. Agar hemat tempat di dalam koper, pindahkan perlengkapan mandi tersebut dalam wadah berukuran kecil atau pilih kemasan sekali pakai.

Kamera

Bukan berlibur namanya jika tidak diabadikan dalam bentuk foto. Agar momen liburan kali ini bisa dinikmati dan dikenang kembali, pastikan untuk membawa kamera sendiri. Terlebih bagi penggemar fotografi, bawalah kamera terbaikmu lengkap dengan aksesorisnya agar foto terlihat makin berkualitas. Bagi kamu yang tidak terlalu tertarik dengan fotografi, kegunaan kamera ini bisa digantikan dengan kamera HP.

Buku / MP3 player

Saat berlibur ke tempat yang jauh menggunakan mobil, pesawat, atau kereta api, kamu pasti akan mengalami kebosanan. Agar mood tetap terjaga selama perjalanan dan waktu berlalu dengan cepat, bawalah buku favorit atau MP3 player di dalam tas. Saat hari masih terang, kamu bisa membunuh waktu dengan membaca buku. Kamu cukup membawa 1 buku saja agar tidak membebani isi tas. Sedangkan di sore hari, kamu bisa menikmati perjalanan sambil ditemani lagu favorit yang ada di MP3 player. Jangan lupa untuk mendengarkannya menggunakan earphone agar tidak mengganggu orang di sebelahmu.

Kain selendang

Sumber: alibaba.com

Bagi wanita, kain selendang adalah hal yang wajib dibawa selama liburan. Kain selendang ini multifungsi. Kamu bisa menggunakannya untuk menghangatkan diri saat kedinginan, melindungi kulit dari paparan sinar matahari, bahkan sebagai ganjalan punggung saat duduk selama perjalanan. Ukuran kain selendang juga tidak terlalu tebal dan bisa dilipat sehingga tidak membebani isi tas.

216

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here