Sumber: Mum on The Move

Tempat wisata yang memiliki unsur edukasi adalah salah satu destinasi yang banyak diminati oleh keluarga muda dengan anak usia sekolah. Di tempat wisata yang mengusung konsep seperti ini, secara tidak disadari anak-anak bisa belajar tentang banyak hal seperti alam, sejarah, binatang, profesi ,atau fisika. Waktu liburan pun tidak akan terbuang percuma. Anak-anak akan merasa senang sekaligus bangga karena bisa mempelajari hal yang baru.

Mencari tempat wisata yang mengusung konsep seperti ini tidak sulit ditemui di berbagai kota di Indonesia. Banyak pengelola yang menghadirkan tempat wisata seperti ini karena mengetahui bahwa masyarakat Indonesia sudah sadar akan manfaatnya.

Salah satu tempat wisata edukatif yang digemari keluarga adalah kebun binatang. Saat mengunjungi kebun binatang, anak-anak bisa melihat, memegang, mengetahui habitat, serta kebiasaan para hewan secara langsung. Agar liburan anak-anak ke kebun binatang kali ini menjadi lebih seru dan bermanfaat, ada beberapa tips yang perlu para orang tua ketahui dan terapkan berikut ini.

Perlengkapan yang perlu dibawa

Sumber: jakeshoes.co.uk

Kebun binatang dibuat di area yang cukup luas agar bisa menampung semua koleksi binatangnya. Biasanya kebun binatang memiliki 2 bagian area, yakni area yang ditelusuri menggunakan mobil dan dengan berjalan kaki. Agar saat mengitari area dengan berjalan kaki tidak terasa melelahkan, gunakan sepatu yang nyaman untuk si anak. Apalagi jika mereka termasuk aktif dan bersemangat untuk menjumpai binatang, kamu tidak mau kaki mereka lecet, kan? Jika anakmu belum terlalu banyak jalan, bawalah kereta dorong agar kamu tidak perlu kelelahan menggendongnya seharian.

Saat cuaca panas terik, gunakan payung atau topi untuk melindungi diri dari sinar matahari. Jangan lupa untuk membawa minuman. Cuaca panas akan membuat kalian mudah terserang dehidrasi. Sebaiknya tidak mengandalkan kantin di kebun binatang karena harganya jauh lebih mahal dan belum tentu lokasinya mudah ditemukan saat kamu ingin minum.

Perhitungkan keadaan cuaca dan waktu

Sekarang ini ada banyak aplikasi untuk perkiraan cuaca. Manfaatkan aplikasi tersebut untuk mencari tahu cuaca pada saat hari H. Jika ada kemungkinan untuk turun hujan, sebaiknya batalkan rencana pergi ke kebun binatang. Jika hujan, kamu tidak akan leluasa berjalan di luar ruangan dan para binatang pastinya akan berlindung.

Mengunjungi kebun binatang  terkadang bisa menghabiskan waktu seharian. Sebaiknya datang dari kebun binatang tersebut dibuka. Cari infonya melalui website resmi kebun binatang tersebut. Dengan demikian, kamu tidak perlu terburu-buru dan melewatkan sebagian area karena sudah mepet dengan jam tutup kebun binatang.

Cari tahu jadwal pemberian makan dan atraksi lainnya

Selain melihat binatang di kandangnya, kamu bisa mengajak anak untuk memberi makan binatang yang tentunya didampingi pawang dan melihat berbagai atraksi menarik oleh binatang seperti bird show, seal show,  atau dolphin show. Jangan malas untuk mencari tahu jadwal kegiatan tersebut beserta dengan lokasinya melalui website resmi kebun binatang tersebut.

Patuhi larangan yang diberikan oleh pihak pengelola

Beberapa larangan yang sering diumumkan oleh pihak pengelola kebun binatang adalah larangan untuk memberi makan binatang sembarangan dan memasukkan tangan ke dalam kandang binatang. Beri anak penjelasan, bahwa mereka tidak boleh memberikan makanan sembarangan kepada binatang karena bisa membuatnya sakit atau keracunan. Selain itu, saat memberikan makan binatang dengan sembarang tanpa pengawasan pawang bisa memperbesar resiko si anak terluka akibat cakar dan gigitan binatang tersebut.

Khusus untuk binatang buas seperti singa dan harimau, ajak anak untuk melihatnya dari dekat tapi tidak mengganggu binatang tersebut seperti dengan memukul-mukul kandang atau berteriak-teriak. Perlakuan ini akan mengganggu binatang sehingga mereka tidak segan untuk menyerang pengunjung.

Waspada

Sudah ada banyak berita mengenai anak yang terjatuh ke dalam kandang binatang atau diterkam oleh binatang buas akibat kelalaian orang tua dalam menjaganya. Anak-anak akan aktif dan bersemangat saat melihat binatang yang tidak biasa ditemui sehari-hari. Untuk itu, meski binatang ada di dalam kandang, para orang tua harus selalu waspada dan mengikuti anak ke mana pun sambil mengawasi perilaku anak. Ingat, binatang herbivora yang terlihat jinak sekali pun terkadang bisa menyerang manusia jika merasa terancam keselamatannya.

Cari tahu info mengenai binatang di internet

Sumber: thewackyduo.com

Sebelum pergi ke kebun binatang, kamu bisa melakukan penelitian atau belajar singkat di internet mengenai binatang-binatang yang mungkin akan ditemui nanti. Dengan demikian, saat anak bertanya di kebun binatang, kamu bisa menjelaskan kepada si anak. Perlu diketahui, anak-anak pasti akan melontarkan banyak pertanyaan ketika menemui binatang yang belum pernah ia lihat sebelumnya.

Waktu berdiskusi

Setelah puas berkeliling di kebun binatang, cari waktu dan tempat yang santai untuk berdiskusi dengan si anak terkait binatang yang sudah mereka temui hari itu. Ajak mereka untuk tanya jawab atau merangkum kegiatan mereka secara singkat. Dengan demikian, liburan akan terasa semakin seru dan bermanfaat, tidak hanya sekedar numpang lewat saja.

1271

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here