Jakarta, Tamasya – Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan saat liburan di gunung. Misalnya outbound, menjelajahi gunung dan hutan di sekitarnya, bersantai menikmati pemandangan, berfoto-foto, bahkan camping. Bagi kamu yang selama ini hanya pergi ke gunung untuk beberapa jam saja, mengapa tidak coba menginap di alam terbuka alias camping?

Melakukan camping bersama teman atau keluarga bisa memberikan banyak manfaat. Di antaranya adalah mengurangi penggunaan teknologi karena kamu akan sibuk dengan kegiatan outdoor. Dengan kegiatan ini kamu akan merasa lebih rileks dan bahagia tanpa perlu mendapat telepon untuk urusan kantor atau sibuk meng-update status di media sosial. Selain itu, tubuh kamu juga akan menjadi lebih aktif dan kalori terbakar dengan baik. Paru-paru dan otak pun akan terasa lebih nyaman karena udara di pegunungan sangat asri, bebas polusi tidak seperti di perkotaan.

Tertarik untuk camping dan merasakan manfaatnya? Bagi kamu yang akan melakukan camping pertama kali, simak dulu daftar barang yang harus dibawa berikut ini!

  1. Tenda

Barang utama yang perlu dibawa selama camping adalah tenda sebagai tempat tidur dan berteduh. Sesuaikan ukuran tenda dengan jumlah orang yang akan pergi camping. Saat ini sudah tersedia tenda yang proses merakitnya cukup mudah tanpa perlu menggunakan tiang penyangga. Meski demikian, kamu tetap harus membawa perlengkapan tenda lainnya seperti alas tenda dan patok besi untuk menjaga tenda tetap berada di tempatnya.

  1. Makanan

Saat melakukan camping, kamu tidak boleh melewatkan jam makan agar tubuh tetap kuat. Berhubung di beberapa area camping tidak ada penjual makanan, bawalah bahan makanan yang mudah dimasak dan waktu kadaluarsanya masih lama seperti mie instan, sosis, kornet, atau roti. Jangan lupa membawa bumbu masak agar masakan terasa nikmat. Sediakan kantong plastik khusus untuk menyimpan sampah.

  1. Alat Masak

Untuk alat masak, sebaiknya bawa beberapa perlengkapan yang dibutuhkan saja agar tidak membebani tas pada saat berjalan menuju area camping. Beberapa alat masak yang perlu dibawa adalah kompor spiritus atau protable dan panci berukuran kecil. Panci ini bisa digunakan untuk merebus atau menggoreng.

  1. Botol Minum

Daripada membawa air minum dalam kemasan, sebaiknya bawalah air dalam botol minum. Dengan demikian kamu telah berpartisipasi untuk mengurangi sampah. Lagipula, botol minum ini bisa digunakan berulang-ulang kali. Pilihlah botol minum dari alumunium agar tidak mudah rusak dan bisa diisi menggunakan air panas. Selain itu perhatikan ukurannya, jangan terlalu kecil atau terlalu besar.

  1. Pisau Lipat

Sumber: Dreamers

Saat pergi camping, kamu tidak boleh lupa membawa pisau lipat serbaguna. Biasanya dalam pisau lipat ini terdapat pisau kecil, gunting, pembuka kaleng, dan sebagainya. Membawa barang kecil ini akan lebih efisien tempat daripada harus membawa perlengkapan terpisah.

  1. Senter

Berada di alam bebas berarti tidak ada pencahayaan selain dari matahari, api unggun, dan bulan. Bawalah senter LED yang hemat energi dan memiliki cahaya terang untuk menerangi jalan serta area di sekitar tenda. Jangan lupa membawa baterai agar senter tetap menyala selama dibutuhkan.

  1. Korek Api

Apalah artinya camping tanpa membuat api unggun? Bawalah minyak tanah secukupnya dan korek api gas untuk menyalakan api unggun.

  1. Obat-obatan

Ke mana pun kamu pergi, pastikan untuk selalu membawa obat-obatan, terutama jika sedang camping. Kegiatan outdoor yang jauh dari fasilitas lengkap ini bisa saja memberikan kamu luka atau menyerang kesehatan tubuh. Bawalah obat luka, kapas, plester, minyak kayu putih, dan sebagainya.

  1. Jas Hujan

Kamu tidak tahu kapan hujan akan turun. Bawalah jas hujan agar kamu bisa bebas melakukan kegiatan selama camping meski hujan turun.

  1. Peluit

Sumber: Ali Express

Benda kecil yang satu ini bisa menjadi penyelamat di saat kamu tersesat di dalam hutan. Bawalah selalu peluit ini dalam kantong celana atau dikalungkan. Untuk memanggil bantuan, kamu bisa meniup peluit ini dari tengah hutan.

  1. Baju Ganti

Bawalah baju ganti yang bahannya nyaman, tidak mudah sobek atau menyangkut di antara pepohonan, dan mudah menyerap keringat. Sebaiknya gunakan baju berwarna terang agar mudah ditemukan ketika tersesat di dalam hutan. Jangan membawa terlalu banyak baju agar tidak membebani isi tas.

  1. Alas Kaki

Alas kaki yang tepat untuk kegiatan camping adalah sepatu gunung dan sandal gunung. Sol alas kaki ini dibuat khusus agar kamu nyaman dan tidak mudah terpeleset selama perjalanan menuju area camping.

  1. Jaket

Camping di gunung berarti kamu akan menghadapi cuaca yang dingin. Jangan lupa membawa jaket untuk menghangatkan diri di malam hari. Jika masih kurang menghangatkan tubuh, bawa juga kaos kaki, topi kupluk, dan syal.

Selamat menikmati camping pertamamu!

301

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here