Jakarta, Tamasya – Pergi liburan menggunakan jasa pesawat ada untung dan ruginya. Keuntungannya adalah kamu bisa menghemat waktu perjalanan, apalagi untuk liburan ke luar negeri. Sedangkan kerugiannya adalah setiap penumpang diberikan batas maksimal berat bagasi.

Berat bagasi yang dibatasi ini seringkali menjadi hal yang menyebalkan. Saat berada di counter check-in dan menimbang koper, setiap kilogram yang melebihi batas maksimal akan dikenai biaya tambahan yang nominalnya cukup menguras kantong.

Masalahnya adalah saat berlibur ke luar kota atau negeri, pasti kita akan membawa banyak baju (terutama saat musim dingin), perlengkapan mandi, membeli banyak barang yang tidak ditemui di dalam negeri, belum lagi ditambah dengan oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Nah, agar tidak mengalami over bagasi dan dikenai biaya tambahan, yuk terapkan tips mengemas barang di dalam koper berikut ini!

  1. Perhatikan batas berat bagasi

Masing-masing maskapai penerbangan memiliki peraturan yang berbeda-beda untuk batas berat bagasi. Ada yang maksimal 15 kg, 20 kg, bahkan 30 kg. Oleh karena itu, jangan malas untuk mengecek informasinya melalui website resmi maskapai penerbangan yang kamu gunakan nanti.

  1. Memilih koper yang ringan

Saat memilih koper untuk berlibur, pilihlah yang beratnya ringan. Jika masih dalam keadaan kosong saja koper sudah terasa berat, bagaimana ketika sudah diisi nanti? Berat koper yang ideal dalam keadaan kosong adalah 4,5 kg untuk koper ukuran besar. Jangan khawatir dengan kualitasnya karena saat ini teknologi sudah berkembang sehingga koper ringan pun memiliki kualitas yang baik dan tidak mudah pecah ketika dilempat di bagasi pesawat. Meski harganya lebih mahal, koper yang seperti ini bisa dibilang cukup awet dan tahan digunakan selama bertahun-tahun.

  1. Sesuaikan pakaian dengan musim negara yang dituju

Sebelum pergi dan mengemas pakaian, sebaiknya cari tahu musim dan suhu udara di negara tujuan. Misalnya pada musim gugur, kamu tidak perlu membawa jaket berpadding atau berbulu yang bisa memenuhi isi koper dan menambah beban. Kamu cukup membawa jaket atau mantel biasa. Selain itu tidak perlu membawa jaket dan mantel dalam jumlah banyak, cukup 1 atau 2 untuk liburan selama seminggu karena jaket bisa digunakan berkali-kali dan tidak mudah kotor.

  1. Jangan dilipat, gulunglah pakaian

Sumber: BOgear

Melipat pakaian ternyata bisa memakan ruang dalam koper. Sebagai gantinya, cobalah menggulung pakaian yang akan kamu bawa. Dijamin akan tersisa lebih banyak ruang untuk barang lainnya. Agar pakaian tidak berceceran setelah digulung di dalam koper, kamu bisa mengikatnya menggunakan karet gelang. Selain menghemat tempat, dengan cara ini kamu akan lebih mudah menemukan baju yang ingin digunakan tanpa harus mengangkatnya satu per satu.

  1. Memilih warna pakaian

Untuk menghemat isi koper, jangan ragu untuk memadu-madankan pakaian dan menggunakannya lebih dari sekali. Pilihlah pakaian dengan warna netral agar bisa dipakai berkali-kali dan dipadupadankan dengan semua aksesoris yang kamu punya. Celana hitam bisa terlihat keren dengan atasa warna apa pun. Untuk pakaian, pilihlah yang berwarna putih, cokelat, biru, atau hitam. Begitu juga dengan sepatu, warna yang aman adalah hitam, putih, atau cokelat. Dengan demikian kamu tidak perlu membawa banyak sepatu untuk menyesuaikannya dengan warna pakaian.

  1. Bawa perlengkapan mandi dalam kemasan kecil

Sumber: Let’s Go!

Jika menginap di hotel, biasanya akan disediakan handuk, sampo, dan sabun sehingga kamu tidak perlu repot membawa perlengkapan mandi lagi. Tapi jika kamu termasuk orang yang sensitif dengan kebersihan dan wangi sabun, sebaiknya bawa perlengkapan mandi sendiri yang sudah dipindahkan ke dalam kemasan kecil dan cukup untuk digunakan selama liburan. Hal ini juga berlaku untuk perlengkapan make up para wanita. Saat ini kemasan kecil untuk sabun dan sampo bisa ditemukan dengan mudah di toko aksesoris.

  1. Hindari membawa banyak gadget

Saat pergi berlibur, kamu butuh gadget untuk mencari jalan, memesan tiket, dan meng-update media sosial. Sebaiknya tinggalkan laptop dan tablet di rumah, cukup membawa handphone. Saat ini berbagai situs booking online, aplikasi peta, dan sebagainya sudah bisa diakses dengan mudah melalui handphone. Saat ini kamera handphone juga sudah berkualitas tinggi sehingga kamu tidak perlu membawa kamera, kecuali kamu memang hobi fotografi ya.

  1. Kirim oleh-oleh lewat jasa pengiriman

Bagi orang Indonesia, membawa oleh-oleh sepulang liburan adalah wajib hukumnya. Jumlahnya tentu tidak sedikit dan bisa membuat over bagasi. Daripada harus membayar biaya over bagasi, sebaiknya kirimkan saja oleh-oleh tersebut melalui jasa pengiriman paket. Selain harganya lebih murah dibandingkan dengan biaya over bagasi, kamu tidak perlu repot membawa banyak barang saat pulang nanti.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan saat bepergian nanti. Semoga terhindar dari over bagasi ya!

174

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here