Sumber: aviationcv.com

Di zaman sekarang ini, berpergian dengan pesawat menjadi salah satu kebutuhan yang tak bisa dihindarkan. Pesawat memang menjadi salah satu moda transportasi yang difavoritkan banyak orang untuk berpergian. Memang pesawat adalah alat transporatsi yang paling tepat jika Anda ingin traveling ke suatu tempat yang jauh, namun ingin lebih cepat sampai di tujuan. Pesawat juga satu-satunya transportasi yang bisa digunakan, jika Anda melakukan perjalanan ke luar negeri atau lintas negara dan budaya.

Meskipun untuk sebagian orang tiket pesawat rasanya lebih mahal dibandingkan dengan alat transportasi yang lainnya, namun tetap saja banyak traveller yang menggunakannya sebagai sarana untuk berpergian kemana-mana. Apalagi kini semakin banyak maskapai penerbangan baru yang memberikan pelayanan cukup bagus dengan harga tiket yang lumayan terjangkau dan membuka rute ke kota atau negara-negara baru yang belum pernah ada sebelumnya.

Meskipun kerap traveling, namun mungkin ada orang yang baru pertama kali melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat terbang ini. Berbeda dengan alat transporatsi lain seperti bus atau kereta, bepergian menggunakan pesawat memang butuh prosedur yang lebih banyak dan juga njlimet. Pemeriksaan berlapis, pengecekan barang bawaan dan masih banyak hal lain hanya akan Anda temui jika berpergian dengan menggunakan pesawat. Tak heran jika banyak orang yang merasa nervous atau tegang saat pertama kali berpergian menggunakan pesawat terbang ini. Perasan tegang, takut, dan khawatir membuat traveling dengan pesawat yang harusnya menyenangkan dan fun jadi tak terasa asyik lagi.

Bagi yang pertama kali traveling dengan pesawat, perasaan tegang dan bingung mungkin tak bisa untuk dihindari. Jika bepergian bersama teman atau kerabat yang sudah pernah naik pesawat sebelumnya, mungkin perasaan tegang itu tak begitu terasa karena paling tidak ada orang yang diandalkan. Namun bagaimana jika berpergian pertama kali menggunakan pesawat seorang diri? Nah jika Anda kini traveling pertama kali dengan pesawat seorang diri, hal-hal berikut ini sangat bermanfaat untuk diketahui. Apa saja itu?

Pesan tiket

Tentu saja sebelum traveling dengan pesawat, yang pertama kali harus Anda lakukan adalah memesan tiket seusai destinasi traveling Anda. Tiket bisa dipesan di travel agent atau kini ada yang lebih mudah yakni memesan tiket dengan menggunakan apliaksi melalui smartphone atau PC Anda. Sebelum memesan tiket pesawat, ada baiknya Anda bertanya pada teman yang sudah pernah berpergian dengan pesawat sebelumnya mengenai rekomendasi maskapai penerbangan yang biasa mereka gunakan. Selain itu Anda juga bisa searching di internet mengenai reputasi suatu maskapai tertentu dan juga pelayanan yang mereka berikan selama dalam perjalanan.

Saat sampai di bandara, jangan lupa check in lebih dahulu

Sumber: dissolve.com

Saat tiket sudah di tangan dan hari keberangkatan telah tiba, maka tentu Anda harus datang segera ke bandara. Usahakan datang lebih awal agar bisa menghindari nervous karena khawatir ketinggalan pesawat. Ketika sampai di bandara, maka Anda wajib melakukan check in untuk mengkonfirmasi kehadiran dan keberangkatan Anda hari itu.

Bingung mau check in di mana? Mintalah bantuan petugas keamanan yang akan siap sedia membantu untuk menjelaskan di mana tempat check in bagi para calon penumpang. Setelah check in, Anda bisa menunggu sementara waktu sebelum jadwal pesawat diberangkatkan. Selain menunggu di ruang tunggu untuk penumpang, ada juga cafe atau retoran kecil yang terdapat di bandara. Anda bisa meluangkan waktu untuk mengisi perut disana. Namun jangan kaget ya jika harga makanan di resto bandara ini umumnya lebih mahal, jika dibandingkan dengan di luaran sana.

Passpor, tiket, visa dan kartu identitas harus selalu ada di dekat Anda

Saat sedang menunggu panggilan pesawat berangkat, jangan lupa untuk memastikan paspor, tiket, visa, dan kartu identitas lain selalu berada di dekat Anda. Jika takut hilang, masukkan ke dalam tas kecil yang biasa Anda bawa ke mana saja. Jangan dimasukkan dalam ransel atau koper, yang membuat Anda harus membongkar-bongkar untuk mencari paspor dan identtas lain ini. Karena itulah sebaiknya pegang saja tiket atau paspor atau bila tidak masukkan dalam tas kecil yang mudah diambil bila dibutuhkan.

Perhatikan instruksi pramugara dan pramugari

Saat masuk ke dalam pesawat, sebagian bawaan Anda bisa dimasukkan dalam bagasi yang terletak di dalam kabin. Setelah itu, Anda  bisa duduk dengan nyaman di kursi pesawat. Bagi yang terbang pertama kali, pastikan Anda memperhatikan betul-betul instruksi dari paramugara dan pramugari yang akan diberikan sebelum pesawat lepas landas. Instruksi ini bermanfaat untuk membantu Anda, jika ada sesuatu hal darurat yang terjadi dengan pesawat yang Anda tumpangi.

Etika ketika duduk di pesawat

Rileks dan jangan tegang ketika duduk di pesawat akan membuat penerbangan perdana Anda menjadi lebih menyenangkan. Anggap saja Anda sedang naik transportasi darat seperti bus atau kereta api. Anda juga bisa tidur jika mau. Namun perhatikan etika ketika duduk di pesawat ya. Salah satunya jangan menekan kaki atau dengkul ke kursi penumpang lain di depan. Tak hanya itu jika ingin mendengarkan musik menggunakan headset, maka pastikan volumenya cukup untuk Anda dengar sendiri dan tak menganggu penumpang di kiri kanan Anda.

Letakkan barang bawaan di bagasi kabin. Tak semua barang bawaan Anda akan dimasukkan ke dalam bagasi atau cargo pesawat. Ada beberapa tas atau koper dengan ukuran tertentu yang bisa dibawa masuk untuk diletakkan dalam bagasi kabin. Karena itulah Anda tak perlu untuk memangku atau menaruh bawaan tersebut di bawah kursi. Manfaatkan bagasi kabin yang tersedia untuk meletakkan barang atau tas yang Anda bawa masuk ke pesawat ini.

Saat ingin ke toilet

Ketika Anda ingin menggunakan toilet selama penerbangan berlangsung, Anda harus memastikan lampu di atas sabuk pengaman kursi dalam keadaan mati. Jika masih hidup, maka Anda harus menunggu dan tidak boleh berkeliaran kemana-mana. Toilet biasanya terletak di bagian belakang pesawat. Untuk membukanya, Anda cukup mendorong dengan pelan bagian tengah dari pintu toilet pesawat ini.

Anda bisa meminta selimut ketika merasa kedinginan

Sumber: aviationcv.com

Sama seperti naik bus di Indonesia, Anda juga bisa meminta selimut jika merasa kedinginan di dalam kabin pesawat. Tak bisa dipungkiri terkadang suhu di dalam pesawat memang sangat dingin sekali. Bagi yang tak terbiasa, Anda bisa meminta tambahan selimut pada pramugara dan pramugari yang bertugas. Pada bagian atas kursi Anda, ada beberapa tombol yang bisa digunakan untuk mengatur suhu yang sesuai di sekitar kursi Anda.

Makanan dan minuman di pesawat

Perlu Anda ketahui bahwa tak semua makanan dan minuman dalam pesawat itu gratis. Ada beberapa snack atau camilan dan minuman ringan yang dijual dengan harga sedikit lebih mahal daripada di daratan. Karena itu jangan sembarangan memesan makanan dan minuman, jika Anda tak ingin dikagetkan dengan tagihan harga yang bisa sangat mahal itu. Beberapa maskapai mengizinkan penumpangnya untuk membawa makanan ke dalam pesawat, asalkan tidak berbau dan menyisakan banyak sampah. Namun bagi Anda yang traveling ke tempat jauh dengan menempuh perjalanan berjam-jam, jangan khawatir pesawat juga menyediakan set makanan yang harganya sudah termasuk dalam charge tiket Anda.

Mengatasi mabuk udara

Sama seperti kendaraan lain, bukan tak mungkin jika Anda akan merasakan yang namanya mabuk udara. Rasa pusing yang kadang disertai dengan mual dan muntah, mungkin saja Anda rasakan saat terbang dengan menggunakan pesawat ini. Jika Anda merasa mual, ada kantong putih tepat dibelakang kursi penumpang atau di depan tempat duduk Anda. Gunakan kantung tersebut saat rasa ingin mabuk udara melanda.

Untuk mencegah mabuk udara, sebaiknya Anda tidak terbang dalam keadaan perut kosong. Namun hindari mengkonsumsi banyak makanan dan minuman mengandung gula dan karbohidrat tinggi sebelum terbang. Anda juga bisa membawa permen pepermint yang menyegarkan dan membuat rileks selama dalam perjalanan. Namun jika Anda tetap khawatir akan mabuk udara, tak ada salahnya untuk mengkonsumsi obat anti mabuk sebelum traveling dengan pesawat ini.

Tak ada salahnya ngobrol dengan penumpang di sebelah Anda

Perjalanan yang panjang dengan pesawat mungkin saja akan membuat Anda merasa bosan. Anda mungkin masih bisa mendengarkan musik atau membaca buku, namun kadang rasa bosan itu tetap muncul begitu saja. Jika sudah seperti ini, tak ada salahnya kok memulai obrolan dengan penumpang lain yang duduk di sebelah Anda. Merekapun pasti merasakan kebosanan juga sama seperti yang Anda alami saat itu. Namun sebelum memulai obrolan, sebaiknya perhatikan apakah orang tersebut sedang mood diajak bicara atau tidak. Jika mereka menutup mata atau memasang wajah kelelahan, ada baiknya untuk menunda dahulu inisiatif untuk ngobrol dengan teman seperjalanan Anda itu.

Untuk memanggil pramugara/pramugari, tekan tombol diatas kursi penumpang

Selain untuk mengatur suhu, salah satu tombol yang ada di atas pesawat yang bsia digunakan jika Anda membutuhkan bantuan pramugara dan pramugari. Saat di dalam kabin pesawat, Anda tentu tak boleh berteriak untuk memanggil pramugara dan pramugari. Gunakan saja tombol di atas kepala Anda itu tadi. Dengan begitu, pramugari bisa mengetahui kursi mana yang membutuhkan bantuan atau pertolongan mereka. Gunakan tombol ini dengan bijak dan jangan mencoba iseng sekedar untuk mengerjai pramugara atau pramugari yang saat itu sedang bertugas.

Jika traveling bersama dengan anak-anak, pastikan mereka tidak rewel dan menganggu penumpang lain

Saat traveling dengan anak apalagi yang usianya masih terbilang balita menggunakan pesawat; Anda harus siap untuk mendapat pandangan kurang enak dari penumpang lain. Umumnya penumpang lain merasa kahwatir karena tak jarang anak-anak akan rewel selama dalam perjalanan. Karena itulah sudah tugas Anda untuk memastikan buah hati dalam keadaan nyaman dan tenang selama penerbangan. Selain membekali mereka dengan sejumlah snack, Anda juga bisa menyibukkan buah hati dengan permainan yang bisa dibawa seperti buku mewarnai atau game dalam smartphone dan tablet Anda.

Bersiaplah dengan turbulensi pesawat

Saat traveling dengan pesawat terbang, Anda harus siap dengan turbulensi yang mungkin terjadi. Anda mungkin akan sedikit tegang dan takut. Namun anggap saja turbulensi ini seperti naik mobil atau bus ketika melewati jalan raya yang berlubang atau bergelombang.

165

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here