Sumber: immunise4life.my

Traveling ke luar negeri memang terasa sangat menyenangkan. Membayangkan perjalanan jauh dengan menggunakan pesawat terbang dan menikmati suasana di belahan dunia lain menjadi impian banyak orang. Tempat yang baru dan belum pernah dilihat di Indonesia, menjadi alasan mengapa traveling ke luar negeri terasa sangat menyenangkan dan layak untuk dicoba. Namun faktanya traveling ke luar negeri tidaklah sesimple itu. Apapun alasan Anda traveling ke luar negeri, ada banyak hal yang harus diurus dan diperhatikan sebelum memutuskan untuk melakukan perjalanan jenis ini. Selain aturan diplomatik yang harus dipatuhi ketika Anda ke luar negeri, ada beberapa hal penting lain yang harus Anda lakukan ketika traveling ke luar negeri. Salah satunya adalah vaksin yang harus Anda dapatkan sebelum berangkat traveling ke luar negeri.

Mungkin selama ini Anda hanya menduga vaksin cuma diperlukan bagi jamaah yang hendak melakukan haji atau umroh ke tanah suci Mekkah. Faktanya kemanapun Anda bepergian ke luar negeri, yang namanya vaksin ini mutlak untuk dipelukan. Apalagi jika Anda mengunjungi negara tropis seperti Indonesia ini. Tak bsia dipungkiri memang negara tropis sangat rentan menjadi tempat penyebar berbagai jenis wabah dan penyakit. Berbagai hewan kecil mulai dari serangga dan nyamuk di negara tropis ini, bisa mengakibtkan suatu penyakit jika menggigit manusia. Tak heran jika Anda ingin traveling ke luar negeri terutama negeri tropis lain, vaksin mutlak diperlukan agar tubuh tak terjangkit berbagai macam penyakit.

Tak hanya ke negara beriklim tropis saja Anda berhak untuk mendapatkan vaksin. Bepergian ke negara sub tropis seperti Eropa atau Amerikapun vaksin mutlak diperlukan. Intinya Anda bisa saja tertular penyakit berhaya jika bepergian ke luar negeri. Karena itulah untuk memastikan Anda selalu imun dan tak menjadi inang suatu penyakit tertentu jika nanti kembali ke Indonesia, maka vaksin ini mutlak untuk diberikan. Karena itulah ada baiknya sebelum berangkat ke luar negeri, Anda menemui dokter langganan untuk mendaptkan vaksin yang sesuai dengan umur, riwayat kesehatan, dan destinasi traveling Anda nantinya.

Traveling ke Amerika Utara

Sumber: medicalnewstoday.com

Bagi Anda yang ingin melakukan traveling ke negara bagian Amerika Utara atau Kanada, sebenarnya tak ada vaksin spesial yang harus Anda dapatkan. Meskipun begitu, bukan berarti Anda tak akan divaksin sebelum bepergian ke negara bagian Amerika Utara atau Kanada. Anda akan tetap mendapat vaksin reguler yang memang harus didapatkan sebelum berangkat ke negara-negara ini. Vaksin ini diberikan sekedar untuk memastikan Anda tak terkena suatu penyakit tertentu jika bepergian ke negara-negara tersebut. Mengingat jarang terdengarnya Amerika Utara atau Kanada terkena suatu wabah penyakit tertentu, vaksin yang diberikan pada traveller hanyalah yang reguler saja.

Amerika Tengah dan Amerika Selatan

Berbeda dengan negara bagian Amerika Utara, negara-negara di kawasan Amerika Tengah dan Selatan beberapa kali diserang oleh wabah penyakit berbahaya yang juga sempat menggemparkan dunia. Beberapa waktu lalu, beberapa negara bagian di Amerika Selatan dan juga Tengah, diguncang oleh virus Zika yang mereshkan penduduk dunia lainnya. Penyebaran virus yang sangat cepat, membuat Zika menjadi momok menakutkan bagi mereka yang ingin traveling ke negara-negara di kawasan Amerika Tengah dan Selatan.

Karena itu setiap traveller yang akan berpergian ke kedua negara tersbeut, wajib untuk menjaga diri mereka agar tak tertular virus Zika ini. Tak hanya itu saat kembali dari negara-negera di Amerika Tengah dan Selatan, seseorang akan mendapat pemeriksaan yang menyeluruh agar tak membawa bibit virus Zika ini ke tanah air. Apalagi virus ini sempat juga ditemukan di negara Singapura, yang notabene dekat dengan Indonesia.

Namun setelah setahun berlalu, negara-negara di Amerika Tengah dan Selatan mulai berhasil menjinakkan virus Zika ini. Meskipun begitu Anda tetap wajib berhati-hati saat traveling ke negara-negara itu. Apalagi hingga kini belum ditemukan vaksin yang cukup kuat untuk menjaga tubuh manusia tak terjangkit virus Zika. Namun Anda bisa mencegah penularan penyakit ini dengan tidak minum dari kran air yang tersedia di tempat umum dan selalu menggunakan lotion anti nyamuk. Tak hanya itu ada juga vaksin lain yang diberikan jika traveling ke negara-negara tersebut. Traveler bisa mendapat vaksin untuk hepatitis A dan Typhoid yang mudah sekali menular di negara tersebut akibat konsumsi makanan yang tercemar.

Eropa

Ada dua pendapat mengenai kewajiban mendapat vaksin atau tidak saat berpergian ke negara-negara di Eropa. Ada yang berpendapat Anda tak perlu untuk mendapat vaksin tertentu, jika traveling ke negara-negara kawasan Eropa Barat. Cukup vaksin reguler saja sebelum Anda berangkat ke luar negeri. Namun pendapat berbeda disampaikan oleh Center for Disease Control (CDC).

CDC menyarankan bagi Anda yang ingin traveling ke Eropa Barat terutama Rumania, sebaiknya mendapatkan vaksin untuk hepatitis A. Ini karena penyakit ini cepat sekali menular melalui makanan dan minuman yang tercemar. Karena itulah untuk melindungi tubuh dari hepatitis A, maka vaksin mutlak diperlukan jika mengunjungi negara-negara di kawasan Eropa Barat ini. Sebagai jaga-jaga dan untuk mencegah hal yang tak diinginkan, ada baiknya Anda mendapat vaksin hepatitis A ini sebelum memutuskan traveling ke negara-negara kawasan Eropa Barat ini.

Afrika

Benua yang satu ini memang memiliki keindahan alam yang masih asri dan terjaga hingga kini. Bagi mereka yang ingin merasakan petualangan di alam bebas yang terjaga keasriannya, maka Afrika adalah benua yang tepat untuk dituju. Di sini traveler akan melihat aneka hewan liar yang berkeliaran secara bebas di habitat asal mereka. Meskipun begitu, tak semua negara di Afrika ramah untuk para traveller. Hanya beberapa saja yang memang jadi destinasi traveller dari seluruh penjuru dunia. Meskipun terkenal karena keindahan alam dan keunikan budayanya, Afrika juga diketahui sebagai benua di mana penyakit dengan mudah dan cepat menular di sana.

Dunia beberapa kali diguncang dengan kabar tersebarnya virus dan wabah penyakit tertentu di benua hitam ini. Karena itulah CDC menyarankan beberapa vaksin penting yang wajib untuk Anda dapatkan sebelum traveling ke beberapa negara di kawasan benua Afrika ini. Vaksin yang diperlukan itu seperti demam kuning (yellow fever), hepatitis A, hepatitis B, dan juga typhoid. Untuk beberapa negara tertentu di Afrika, vaksin bisa ditambah dengan vaksin untuk Polio dan juga hepatitis. Selain vaksin, pertimbangkan pula untuk mendapat suntikan anti malaria sebelum Anda traveling ke negara-negara di kawasan Afrika ini.

Afrika juga terjangkit virus Zika beberapa waktu yang lalu, sehingga Anda disarankan untuk tak mium air sembarangan dan selalu menggunakan lotion anti nyamuk. Untuk Anda yang ingin melakukan safari di Afrika dan ingin menikmati sensasi menantang melihat hewan liar di habitat aslinya, disarankan untuk mendaptkan vaksin anti rabies pula. Tak hanya itu untuk berjaga-jaga dan membuat perlindungan tubuh Anda makin maksimal, disarakan pula traveller mendapatkan vaksin kolera sebelum traveling ke Afrika.

Asia

Sebagai benua terluas di dunia ini, penyebaran penyakit mulai dari sejenis flu hingga wabah tertentu memang rentan terjadi di kawasan Asia ini. Bagi Anda yang traveling ke kawasan Asia, maka CDC menyarankan untuk mendapatkan vaksin Hepatits A dan juga Thypoid. Selain itu, Anda juga sebaiknya membawa lotion anti nyamuk untuk menjaga gigitan hewan yang kerap menimbulkan penyakit tersebut. Jika Anda ingin tinggal lebih lama di area pedalaman, maka sebaiknya kerap mempebaharui vaksin yang didapat sebelumnya. Selain hepatitis dan Typhoid, negara-negara di Asia seperti Malaysia, Myanmar, Thailand, India, dan Bangladesh; sangat rawan terpapar wabah kolera. Karena itulah ketika Anda mengunjungi salah satu negara tersebut, maka sebaiknya mintalah vaksin kolera terlebih dahulu.

Timur Tengah

Beberapa negara-negara di kawasan Timur Tengah memang menajdi destinasi traveling dari seluruh dunia. Apalagi dengan kekayaan sumber daya alamnya, beberapa negara di Timur Tengah seperti Qatar dan Uni Emirat Arab banyak dikunjungi karena kota-kota fantastis yang mereka miliki. Tak hanya itu, Timur Tengah juga tak sepi dari kunjungan traveller yang melakukan perjalanan ibadah ke sana. Ya, karena Mekkah dan Madinah sebagai dua kota suci umat Islam ada di kawasan tersebut, maka Timur Tengah memang tak pernah sepi dari kunjungan traveler dari penjuru dunia. Karena banyaknya traveller yang berkumpul di sana, tak heran jamaah haji dan umroh wajib untuk mendapat vaksin Hepatitis A sebelum melakukan ibadah ke dua kota suci tersebut.

Tak hanya jamaah haji dan umroh, rupanya jika Anda hendak traveling kekawasan Timur Tengah, vaksin hepatitis mutlak untuk diberikan. Selain hepatitis, ada juga vaksin tambahan seperti Typhoid yang diberikan bagi mereka yang hendak menunjungi negara-negara di kawasan Timur Tengah ini. CDC juga menganjurkan vaksin jenis lain jika Anda mengunjungi negara tertentu seperti Afghanistan. Bagi traveller yang hendak melakukan perjalanan ke negara itu, sebaiknya diberi vaksin Polio dan Kolera terlebih dahulu. Dua vaksin ini sangat dianjurkan oleh traveller terutama untuk meningkatkan daya tahan tubuh mereka, apalagi jika saat kecil dulu mereka belum pernah diberi suntikan vaksin tersebut sebelumnya.

Karibia

Sumber: wired.com

Banyak orang menyebut kawasan Karibia adalah surganya dunia. Bagaimana tidak gugusan kepulaan Karibia ini memang memiliki pemandangan alam yang sangat indah dan mengagumkan. Karibia yang dikelilingi oleh laut Karibia dan Teluk Meksiko, tempat ini memang menjanjikan pemandangan alam yang indah dan tak mungkin ditemukan di berbagai tempat lain di dunia ini.

Tak heran jika sejumlah selebritis ternama memilih Karibia sebagai salah satu destinasi liburan mereka. Tak hanya itu,Karibia juga menjadi salah satu destinasi honeymoon yang difavoritkan banyak pasangan. Meskipun sangat indah, namun ternyata Karibia juga menyimpan potensi penyakit yang harus dihindari jika Anda traveling ke sana.

Bagi traveller yang berkunjung ke kawasan Karibia terutama di daerah pedesaan, maka ada baiknya mendapatkan vaksin hepatitis A dan juga typhoid. Tak hanya itu, beberapa negara di kawasan Karibia juga rentan terdampak penyakit kolera seperti di Republik Dominika dan Haiti. Tak hanya kolera, Anda juga bisa mendapat vaksin atau suntikan anti malaria jika traveling ke Haiti.

787

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here