Jakarta, Tamasya – Bagi para penggemar tempat wisata alam, tentu tidak asing lagi dengan permainan arung jeram. Arung jeram ini merupakan salah satu olahraga ekstrim yang dilakukan di alam bebas. Biasanya arung jeram ini dilakukan di sungai dekat pegunungan atau hutan yang memiliki arus deras.

Meski berbahaya, ternyata tidak sedikit orang yang menggemari olahraga ini karena ada banyak manfaatnya. Penasaran dengan apa saja manfaatnya? Simak penjelasan singkatnya berikut!

  1. Memperkuat Jantung

Rasa takut dan cemas yang kita rasakan selama bermain arung jeram ternyata bisa membuat jantung memompa lebih cepat sehingga peredaran oksigen ke pembuluh darah menjadi lebih baik. Hasilnya, jantung akan semakin kuat.

  1. Membakar Kalori

Gerakan mendayung saat bermain arung jeram dapat memperlancar metabolisme tubuh. Dengan demikian proses pembakaran kalori akan berjalan dengan baik. Sangat cocok untuk kamu yang sedang menjalani program diet.

  1. Membersihkan Paru-paru

Permainan arung jeram dilakukan di alam terbuka yang masih asri. Di sepanjang sungai kamu akan menemukan hutan. Lingkungan yang bebas polusi ini tentu akan membuat paru-paru lebih bersih setelah sehari-hari berada di perkotaan yang polusi udaranya tinggi.

  1. Menghilangkan Stres dan Menenangkan Pikiran

Pemandangan yang indah di sepanjang jalur dan fokus untuk menjaga keseimbangan membuat kita melupakan stres serta pikiran menjadi lebih tenang.

  1. Melatih Emosi

Permainan arung jeram dilakukan secara berkelompok. Di sini kita belajar untuk melatih emosi di mana bisa menjaga sikap dan memberi keputusan saat menghadapi kondisi kritis. Saat perahu terbalik, kita harus mampu bangkit lagi dan tidak marah.

  1. Mempererat Persahabatan

Permainan arung jeram membutuhkan kerja sama antar anggota di satu perahu. Bagaimana kekompakan saat mendayung, mempertahankan keseimbangan perahu, serta membantu sesame anggota. Tidak heran permainan ini sering diikuti oleh sejumlah perusahaan agar para pekerjanya memiliki kerjasama yang baik dan semakin mengenal satu sama lain.

  1. Menjadi Lebih Berani

Termasuk dalam kategori olahraga ekstrim, permainan arung jeram bisa melatih diri menjadi lebih berani karena harus “melawan” arus sungai yang cukup deras. Kamu yang memiliki phobia terhadap air juga bisa coba menghilangkannya dengan permainan arung jeram, namun harus didampingi dengan pelatih profesional.

Sumber: I’m Outta Here

Terlepas dari manfaat yang sudah disebutkan tadi, permainan arung jeram tentu memiliki sisi bahaya juga karena dilakukan di sungai berarus deras. Bahaya utama dari permainan ini adalah saat terjatuh dari perahu dan terseret ke dalam undercut. Undercut adalah arus sungai yang terlihat tidak deras, padahal di bawahnya memiliki pusaran yang dalam dan deras. Jika terseret ke sini, ancamannya adalah nyawa.

Selain terseret ke dalam undercut, bahaya lainnya adalah terbentur ke batu bersisi tajam saat terjatuh dari perahu. Oleh karena itu, para pemain arung jeram wajib menggunakan pelampung dan helm untuk meminimalisir luka.

Sudah tahu manfaat dan bahaya dari permainan arung jeram? Pasti jadi penasaran ya seperti apa rasanya berada di atas perahu karet dan melawan arus deras sungai di alam terbuka. Bagi kamu yang tertarik melakukan arung jeram saat melakukan wisata alam, yuk simak tipsnya berikut ini!

  1. Memilih Sungai yang Sesuai

Masing-masing sungai memiliki tingkat yang berbeda. Ada yang mudah, sulit, dan berbahaya. Bagi kamu yang baru pertama kali melakukan arung jeram, pilihlah sungai yang arusnya tidak terlalu deras seperti Sungai Elo di Magelang. Bagi yang sudah sering melakukan arung jeram dan ingin arus yang lebih menantang, beralihlah ke sungai yang agak sulit medannya seperti Sungai Serayu dan Progo Atas di Jawa Tengah. Sedangkan yang sudah profesional, cobalah arung jeram di Sungai Progo Bawah, Jawa Tengah.

  1. Perhatikan Cuaca

Hindari melakukan arung jeram saat musim hujan karena arus sungai akan semakin deras dan bisa membahayakan keselamatan, apalagi jika hujan turun disertai dengan angin kencang.

  1. Ikuti Aturan dan Kata Pemandu

Sumber: Tutorials Point

Saat melakukan arung jeram, kamu akan ditemani seorang pemandu profesional. Patuhi dan ikuti kata-kata pemandu demi keselamatan diri kamu sendiri dan anggota lainnya. Ketika pemandu bilang mendayung ke arah kiri, jangan coba mendayung ke arah kanan. Gunakan alat pelindung dengan benar, pelajari cara mendayung, hingga apa yang harus dilakukan saat perahu terbalik dan kamu terjatuh dari perahu.

  1. Siapkan Kondisi Tubuh

Pastikan tubuh baik fisik dan mental ada dalam kondisi yang baik. Fisik yang prima dan sehat akan membuat kamu lebih semangat saat mendayung dan lebih mudah bangkit ketika terjatuh ke sungai. Mental yang baik akan membuat kamu bisa menjaga emosi dan fokus dengan kegiatan ini.

  1. Gunakan Pakaian Nyaman

Gunakan pakaian yang nyaman di tubuh karena kamu akan banyak bergerak saat bermain arung jeram. Hindari menggunakan pakaian dari jins atau baju berukuran besar karena akan menyulitkan kamu bergerak saat terjatuh ke dalam sungai.

Bagaimana, sudah siap untuk berarung jeram?

780

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here