Jakarta, Tamasya – Kuliner di Cina identik dengan label non-halal karena mengandung daging babi serta minyak babi. Hal ini tentu menjadi masalah yang cukup pelik bagi wisatawan Muslim yang ingin berkunjung ke sana. Namun ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui terkait makanan halal di Cina berikut ini.

Sebenarnya menemukan makanan halal di Cina tidak sesulit yang dibayangkan. Makanan halal atau dalam bahasa Cina disebut sebagai Qingzhen Cai, sudah banyak beredar di kota besar karena jumlah umat Muslimnya pun terbilang banyak dan melebihi jumlah umat Muslim di negara-negara Arab.

Nah, jika kamu berniat untuk pergi ke Cina untuk berlibur dan takut salah memilih makanan, simak daftar kuliner Cina yang halal berikut ini!

  1. Ayam Kung Pao

Sumber: Tastemade

Kuliner yang satu ini menggunakan daging ayam sebagai bahan utamanya. Daging ayam yang dipotong berukuran kecil seperti dadu ini digoreng kemudian dimasak menggunakan saus khas Cina dan kecap. Setelah itu disajikan bersama kacang mede dan cabe kering. Rasanya gurih dan sedikit pedas. Makanan ini bisa ditemui di sejumlah rumah makan.

  1. Wonton

Wonton merupakan kuliner sejenis siomay atau pangsit yang dimasak dalam kuah. Makanan tradisional yang satu ini menggunakan daging udang atau ikan yang sudah dibumbui terlebih dahulu. Kulit wonton ini terasa sangat lembut. Sup untuk wonton ini bening dan ada rasa sedikit pedas. Kuliner yang satu ini cocok dinikmati pada malam hari atau pada musim dingin untuk menghangatkan tubuh.

  1. Jiaozi

Jiaozi adalah sejenis dimsum yang menyerupai siomay. Jiaozi dibuat menggunakan daging udang atau ikan yang dimasak hingga matang kemudian dibungkus dengan adonan kulit dari tepung kanji dan terigu. Jiaozi ini kemudian dikukus sebelum dihidangkan ke konsumen. Saat ini ada juga jiaozi yang digoreng. Untuk menikmati kuliner ini, kamu harus mencelupkannya ke saus khusus agar rasanya semakin nikmat.

  1. Bakso Kepala Singa

Tidak seperti namanya, bakso kepala singa ini tidak dibuat dari kepala singa atau berbentuk seperti kepala singa. Bakso ini dibuat menggunakan daging ayam yang dibulatkan dalam ukuran sangat besar. Bakso kepala singa ini biasanya disajikan bersama sup hangat dan sayuran seperti kol, tahu, dan rebung.

  1. Bingtanghulu

Sumber: Azurro

Kuliner yang satu ini merupakan jajanan pinggir jalan yang populer di kalangan anak muda. Jajanan ini merupakan manisan khas Cina yang dibuat dari buah kering kemudian dicelupkan ke dalam gula cair. Gula cair yang melapisi buah kering ini akan mengeras dan memberi kenikmatan tersendiri. Jajanan pinggir jalan ini bisa ditemui dengan mudah pada saat musim dingin tiba.

  1. Bebek Peking

Bicara tentang kuliner khas Cina, kamu tidak boleh melewatkan bebek peking. Kuliner yang satu ini sudah cukup terkenal di Indonesia. Bahan utamanya tentu seekor bebek utuh yang dibakar lalu dioleskan saus asam manis. Setelah itu dipanggang lagi hingga matang. Rasanya manis dan gurih.

Itulah 6 kuliner khas Cina yang halal. Bagaimana dengan restoran halal? Ternyata ada banyak dan biasanya dikelola oleh para imigran Muslim dari Tiongkok Barat, ini daftarnya!

  1. Restoran Hong Bin Lau

Menu favorit     : bebek panggang, kambing panggang.

Alamat                  : No.8, Hongkang Road, Xihongmen Town, Daxing District, Beijing

  1. Kaorou Wan

Menu favorit     : sapi panggang, kambing panggang, domba panggang

Alamat                  : No. 58, South Inverness Road, Xicheng District, Beijing

  1. Restoran Youyishun

Menu favorit     : Huayangsibao, bakso udang musim panas

Alamat                  : No. 28, Huangsi Street, Xicheng District, Beijing

  1. Restoran Donglaishun

Menu favorit     : daging sapi rebus, domba fillet goreng

Alamat                  : No. 63, Inner Street, Guanganmen, Xuanwu District, Beijing

  1. Restoran Wangde Lou

Menu favorit     : bakmi kuah daging, udang goreng

Alamat                  : No. 26, Outside Street, Dianmen, Xicheng District, Beijing

  1. Restoran Yitiaolong

Menu favorit     : kambing panggang, daging sapi rebus

Alamat                  : No. 2, East Street, Front Door, Chongwen District, Beijing

  1. Restoran Pamir

Menu favorit     : kambing panggang, daging sapi rebus

Alamat                  : No.3, East Street, Lotus Pool, Xicheng District, Beijing

  1. Jubao Yuan

Menu favorit     : hot pot, Spanish mackerel ball, ma tofu

Alamat                  : No. 1 Building, Ox Street, Xuanwu District, Beijing

  1. Xi Lai Shun

Menu favorit     : bebek panggang malianliang, daging domba asam manis, ayam kung pao

Alamat                  : Hepingmen, North Xinhua Street 116, Beijing

  1. Hugup Temple Snack

Menu favorit     : berbagai camilan tradisional Cina

Alamat                  : No. 93, Huguo Temple Street, Xicheng District, Beijing

Sudah catat daftar kuliner Cina yang halal dan restoran halal yang ada di Beijing tadi? Kini kamu bisa berkunjung ke Cina tanpa pusing mencari makanan apa saja yang harus dihindari. Selamat berlibur dan wisata kuliner di Cina!

211

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here