Sumber: capitaland.com

Sebagai salah satu negara yang lokasinya cukup dekat dengan Indonesia, Singapura kerap jadi destinasi wajib untuk traveling apalagi bagi Anda yang ingin liburan ke luar negeri yang lumayan terjangkau dan dalam waktu relatif singkat. Selain karena lokasinya yang lumayan dekat dengan Indonesia, Singapura juga memiliki banyak hal atau atraksi yang bisa membuat orang memfavoritkan tempat ini sebagai destinasi traveling. Berbondong-bondong traveller dari seluruh penjuru dunia, datang dan mengunjungi negara kecil ini.

Negara persemakmuran Inggris Raya ini juga memiliki kemajuan teknologi cukup canggih dan diaplikasikan baik pada bidang transportasi atau pariwisatwa. Tak heran meskipun Singapura adalah negara yang terbilang kecil, namun wisata menjadi salah satu penyumbang devisa yang cukup besar. Apalagi Singapura juga memiliki banyak hal yang harus dieksplore mulai dari wisatanya, taman hiburanya, budaya masyarakatnya, wisata belanja dan kuliner yang sayang untuk dilewatkan jika Anda memutuskan untuk traveling ke negara ini.

Meskipun begitu tak bisa dihindari biaya hidup di Singapura itu juga terbilang lumayan mahal. Hal ini bisa dilihat di berbagai outlet di Orchard Road, di mana Anda bisa melihat deretan barang branded dijual di sana. Mahalnya biaya hidup di Singapura terkadang mempengaruhi ke kulinernya pula. Deretan restoran mewah berjejer di berbagai tempat di Singapura, menanti para pengunjung datang untuk mencicipi berbagai makanan di sana. Sebagai negara maju, memang sangat wajar jika beberapa hal di Singapura mematok biaya super mahal mengingat pendapatan perkapita negara ini juga cukup besar. Namun bukan berarti Anda tak bisa merasakan “kemurahan” Singapura yang tidak terlalu menguras kantong. Salah satunya  bisa ditemui di beberapa spot kuliner yang tersebar di negeri Singa ini.

Beberapa spot kuliner di Singapura ini selain murah, rasanya juga enak dan khas sekali. Tempatnya pun terbilang nyaman, jadi Anda tak perlu merasa ragu untuk mampir dan mencicipi makanan disana. Bonusnya lagi, beberapa kuliner memiliki cita rasa yang mirip dengan makanan di Indonesia dengan bumbu yang banyak dan rempah di dalamnya. Jadi pastinya tempat ini akan memanjakan selera wisata kuliner Anda. Dilansir dari berbagai sumber, inilah spot kuliner murah di Singapura yang wajib dikunjungi para traveller.

328 Katong Laksa

Sumber: ieatandeat.com

Lokasi: 51 East Coast Road, Singapore

Tahukah Anda apakah makanan khas dari Singapura itu? Ya, laksa adalah salah satu kuliner khas dari negeri singa ini, yang tak boleh untuk Anda lewatkan. Laksa sendiri sebenarnya bisa dengan mudah Anda temui di Indonesia. Namun cita rasa khasnya hanya bisa Anda cicipi di Singpura ini. Salah satunya yang terkenal lezat dan murah adalah 328 Katong Laksa ini.

Tempat ini nyaris tak pernah sepi dari kunjungan wisatawan, yang ingin menikmati rasa khas laksa Singapura ini. Di tempat ini, Anda bisa menikmati semangkuk mie laksa yang disiram dengan santan kental berbumbu lezat, dengan tambahan udang, kerang, tauge dan tahu dengan rasa pedas gurih segar yang akan memanjakan lidah Anda. Untuk menikmati semangkuk laksa Singapura di 328 Katong Laksa ini, Anda hanya perlu membayar 4 dollar Singapura atau sekitar 37 ribu rupiah saja. Cukup terjangkau untuk semangkuk besar laksa Singapura yang lezat dan mengenyangkan itu.

Andhra Curry

Lokasi: 41 Kerbau Road | Little India, Singapore

Berkunjung ke kawasan Orchard Road, jangan lupa mampir ke Little Indian sebagai salah satu wilayah teramai di tempat ini. Di kawasan Little Indian ini ada banyak hal unik yang bisa traveller temui. Selain kental dengan budaya Indianya, tempat ini juga jadi salah satu rekomendasi untuk menikmati kuliner murah meriah nan lezat. Satu yang wajib untuk Anda cicipi adalah kari yang tersedia di Andhra Curry ini.

Tidak sulit untuk menemukan Andhra Curry ditengah ramainya kawasan Little Indian itu. Pasalnya eksterior Andhra Curry ini cukup mencolok dengan warna bangunan berwarna kuning cerah, yang pastinya akan lengsung menarik perhatian Anda. Di tempat ini Anda bisa menikmati kari khas India dengan tambahan nasi briani dengan harga 11 dolar Singapura atau setara dengan 104 ribu Rupiah. Selain hidangan kari daging, ada juga makanan untuk vegetarian yang dibandrol mulai dari harga 4 dollar Singapura saja.

Azmi Chapatis

Lokasi: 166 Serangoon Rd, Singapore

Bagi traveller muslim mencari hidangan halal saat traveling ke luar negeri memang agak sulit, apalagi jika menjelajah negara di mana Islam adalah agama minoritas. Namun hal itu tak akan terjadi jika Anda mengunjungi Singapura ini. Mengingat Islam adalah agama mayoritas terbanyak ketiga setelah Budha dan Kristen, mencari kuliner halal masih terbilang mudah. Salah satunya terletak di sekitar Little Indian, Orchard Road ini. Sebuah restoran halal yang wajib untuk dikunjungi adalah Azmi Chapatis ini. Restoran halal ini memang dikelola oleh etnis China muslim di kawasan Little Indian. Di sini Anda bisa menikmati chaptis, sejenis roti berbentuk tipis yang bisa dimakan dengan kari, salad atau hidangan lainnya. Ada sekitar 20 jenis kari lezat yang bisa Anda nikmati bersama dengan chaptis ini. Makanan disini bisa dinikmati dengan membayar 2.30-3.83 dollar Singapura atau jika dirupiahkan sekitar 21 ribu hingga 36 ribu rupiah saja.

Tian Tian, Maxwell Food Centre, Chinatown

Lokasi: 1 Kadayanallur St, #01 -10/11 Maxwell Food Center, Singapore

Bagi penggemar makanan peranakan seperti Chinese Food, maka Maxwell Food Center yang berlokasi di Chinatown, Singapura ini adalah pilihan terbaik untuk Anda kunjungi. Disini Anda akan menemui banyak sekali makanan peranakan yang pastinya akan menggoda lidah Anda. Mengingat konsepnya yang merupakan food center atau sejenis pujasera (pusat jajan serba ada), maka ada banyak sekali makanan peranakan yang bisa Anda cicipi satu persatu.

Harganya pun bervariasi dari yang murah, hingga lumayan mahal. Untuk traveller berkantong pas-pasan, salah satu hidangan yang disarankan untuk dicipi di sini adalah Tian Tian Chicken Rice ini. Hidangan ini adalah sejenis nasi hainam pulen yang dihidangkan bersama dengan ayam berbumbu, daun ketumbar, mentimun, saus sambal dan juga kuah kaldu yang hangat. Untuk menikmati seporsi Tian Tian Chicken Rice ini, Anda cukup membayar 3.06 dollar Singapura atau sekitar 36 ribuan rupiah saja.

Chinatown Complex Food Court

Lokasi: 335 Smith St, Chinatown Complex (U/C), Singapore

Bagi yang belum puas menikmati Chinese food, bisa datang ke Coliwa Department Store di mana ada food court yang didominasi oleh hidangan peranakan. Tempat ini tak pernah sepi dari kunjungan warga sekitar atau wisatawan, yang ingin menikmati hidangan peranakan aneka ragam yang terkenal lezat itu. Selain karena tempatnya lumayan nyaman dan harga makanan yang ditawarkan pun terjangkau, ada banyak kuliner unik yakni perpaduan Chinese Melayu yang bsia ditemukan di tempat ini. Salah satunya yang wajib untuk Anda cicipi saat ke tempat ini adalah Satay bee hoon. Hidangan ini berisi mie bihun yang dicampur dengan kerang, irisan daging babi atau sapi, potongan sotong, lalu ditambah kangkung rebus; kemudian disiram dengan kuah sate yang terbuat dari sambal kacang yang renyah dan juga pedas. Karena porsinya yang cukup besar, Anda pasti akan puas menikmati Satay bee hoon ini. Seporsi Satay bee hoon ini bisa dinikmati dengan harga 2.30 dollar Singapura atau setara dengan 21 an ribu rupiah saja.

Ya Kun Kaya Toast

Lokasi: 237 Alexandra Road, Singapore

Bagi traveller yang tak ingin menikmati makanan berat, bisa mencoba mengunjungi salah satu kedai roti bakar yang cukup terkenal di Singapura bernama Ya Kun Kaya Toast ini. Kedai roti bakar ini selain sangat terkenal, juga merupakan salah satu yang tertua di Singapura. Bayangkan saja kedai yang didirikan oleh Loi Ah Koon ini sudah ada sejak tahun 1944. Karena kualitasnya yang terjaga dan rasa hidangannya yang lezat, tak heran jika Ya Kun Kaya Toast ini masih bertahan hingga kini dan bahkan membuka cabang di berbagai belahan dunia lainnya. Di tempat ini, Anda bisa menikmati seporsi roti bakar yang dihidangkan bersama dengan selai sarikaya dan dua butir telur yang dimasak setengah matang, plus secangkir kopi hangat. Harganya pun sangat terjangkau sekali yakni sekitar 28 ribu rupiah saja.

Yum Cha Chinatown

Sumber: eatbook.sg

Lokasi: 20 Trengganu St, #02-01 Chinatown, Singapore

Bagi para traveller pengemar dim sum, sempatkan diri Anda untuk datang ke Yum Cha Restaurant ini. Di Yum Cha Restaurant, Anda bisa menikmati puluhan jenis dim sum mulai dari yang bisa Anda temui di Indonesia, hingga yang cuma tersedia di Singapura saja. Makanan sejenis siomay ini memang memiliki rasa yang bervariasi. Ada yang dihidangkan dengan kepiting saus pedas, udang telur asin, dan dim sum berisi bayam serta ayam rebus yang lebih sehat. Bagi Anda yang vegetarian, ada juga dim sum yang berisi sayur-sayuran, tau pok atau tahu goreng, atau yang berisi pasta kacang merah gurih dan pisang yang lezat. Seporsi dim sum di Yum Cha ini bisa Anda nikmati dengan bandrol sekitar 1.50 dollar Singapura atau 21 ribu rupiah saja.

Sabar Menanti Restaurant

Lokasi: 747 North Bridge Rd, Singapore

Karena lokasinya yang sangat dekat dengan Indonesia, bukan hal yang aneh jika ada WNI dan merantau serta mencari penghidupan di Singapura. WNI ini bekerja di berbagai bidang, termasuk diantaranya di kuliner. Salah dengan adanya sebuah restoran nasi Padang yang sangat terkenal di Singapura, yang bernama Sabar Menanti Restaurant ini. Dikelola oleh orang Indonesia asli keturunan Padang, restoran ini menyediakan hidangan autentik khas Sumatera Barat. Disini bisa Anda temui rendang, gulai nagka, ikan asam padeh, daun singkong rebus dan tak ketinggalan sambalado yang terkenal pedas mantap itu. Sabar Menanti Restaurant ini tak hanya ramai didatangi oleh traveller atau wisatawan asal Indonesia saja loh. Tempat ini juga terkenal diantara penduduk lokal dan mancanegara. Ini karena selain rasanya yang lezat, Sabar Menanti Restaurant ini porsinya juga cukup besar. Apalagi Anda bisa mengambil nasi sepuasnya disini. Selain rasanya yang Indonesia banget, hidangan di Sabar Menanti Restaurant ini dipastikan halal dan cocok untuk traveller Muslim yang datang ke Singapura.

166

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here