Manfaat Traveling
Sumber: Traveling Yuk

Lebaran adalah salah satu momen yang paling dinantikan mayoritas penduduk Indonesia karena identik dengan pulang kampung atau mudik. Acara mudik ini rasanya menjadi kegiatan wajib setahun sekali untuk bersilahturahmi dengan keluarga besar di kampung halaman.

Pemilihan transportasi untuk mudik pun biasanya sudah dilakukan dari jauh hari karena ada banyak peminatnya. Ada yang sudah memesan tiket bus, tiket kereta api, tiket pesawat, atau malah menggunakan kendaraan pribadi.

Bagi pengguna kendaraan pribadi, ada berbagai keuntungan yang bisa dirasakan. Beberapa di antaranya adalah bisa lebih nyaman saat bersantai di mobil dan bebas menentukan jadwal keberangkatan hingga tempat-tempat perhentian untuk istirahat sejenak.

Untuk kamu yang akan pulang kampung ke daerah Jawa, sebaiknya ketahui dulu beberapa 8 spot Instagramable yang ada di sepanjang jalur mudik nanti. Mumpung sekalian lewat setahun sekali, mampirlah sebentar untuk melepaskan penat dan berfoto ria. Acara mudik pun jadi lebih bervariasi. Yuk, simak daftarnya berikut ini!

Rumah Pohon Pabangbon, Bogor

Objek wisata berupa rumah pohon memang tidak sulit untuk ditemukan di seantero Pulau Jawa. Yang membedakan antara satu dengan rumah pohon lainnya adalah pemandangan yang ditawarkan. Rumah Pohon Pabangbon ini berada di Desa Pabangbon, Kecamatan Leuwiliang, Bogor.

Lokasinya cukup dekat dengan Gunung Benteng dan waktu tempuhnya hanya sekitar 3 jam saja dari Jakarta. Rumah pohon ini sangat sederhana, terbuat dari kayu dan terbuka. Dari sini kamu akan disuguhi pemandangan alam pegunungan yang begitu indah dan asri di ketinggian 720 meter di atas permukaan laut.

Sleker Asri, Magelang

Jalur mudikmu melewati kota Magelang? Jika iya, sempatkan diri untuk mampir ke Sleker Asri. Sleker asri ini berada di tengah hutan pinus yang segar dan asri. Selain menikmati alam bebas, kamu bisa puas berselfie di sini karena ada banyak spot Instagramable. Di antaranya adalah di atas hammock dan di depan rumah kayu.

Lokasi pastinya berada di Dusun Grenjeng, Desan Gandusari, Kecamatan Bandongan. Kira-kira berjarak sekitar 8 km dari pusat kota Magelang.

Los Mbako, Solo

Los Mbako adalah nama sebuah rumah yang ada di kawasan Klaten, Solo. Rumah ini digunakan oleh penduduk lokal untuk memproduksi tembakau guna rokok lokal yang ditemukan di pasaran. Rumah Los Mbako ini juga dikenal sebagai rumah tembakau.

Sekilas mirip dengan bangunan rumah biasa. Namun begitu tiba di sana, kami jamin kamu tidak bisa menahan godaan untuk tidak segera mengeluarkan kamera untuk berfoto karena tampilannya begitu Instagramable.

Los Mbako ini memiliki tinggi sekitar 12 meter dan lebar 18 meter. Dinding dan atapnya dibuat dari daun pohon tebu. Cukup keren loh hasil fotonya untuk dipajang di Instagram-mu!

Kota Lama, Semarang

Semarang adalah salah satu kota di Indonesia yang menjadi pusat pemerintahan Belanda di masa penjajahan dulu. Jika Jakarta memiliki kawasan Kota Tua sebagai peninggalannya, maka Semarang punya Kota Lama.

Saat kamu melewati Semarang, pastikan untuk berkunjung ke kawasan Kota Lama. Di sana ada banyak bangunan lama berarsitektur khas Belanda yang masih berdiri kokoh dan tampil cantik di tengah modernitas. Bagi para pecinta selfi atau fotografi arsitektur, wajib membawa kamera terbaik dan berkeliling ke segala sudut Kota Lama untuk menemukan spot Instagramable.

Glamping Lakeside Rancabali, Ciwidey

Jika kamu memiliki waktu lebih dalam perjalanan mudik, cobalah menghabiskan beberapa malam di Glamping Lakeside Rancabali, Ciwidey. Penginapan dengan konsep glamour camping ini sangat nyaman dan memiliki pemandangan alam yang begitu indah. Di sini juga ada sebuah restoran yang berada di atas kapal layar pinisi.

Selagi menginap dan bersantai, sempatkan diri untuk berfoto di sejumlah spot yang pastinya akan membuat para follower Instagram-mu merasa iri!

Baca Juga: 13 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Berangkat Traveling

Hutan Pinus Pengger, Yogyakarta

Yogyakarta tidak melulu Malioboro dan Candi Borobudur. Cobalah mampir ke Hutan Pinus Pengger untuk merasakan kesegaran. Di sini ada spot selfie atau foto berupa gardu pandang yang desainnya unik dengan pemandangan mempesona.

Hutan Bambu Keputih, Surabaya

Untuk kamu yang sudah penat dengan keramaian di tengah kota, cobalah menenangkan diri sambil hunting foto keren di tengah Hutan Bambu Keputih, Surabaya. Sekilas suasananya seperti kawasan Hutan Bambu Sagano di Jepang. Beberapa spot foto yang wajib kamu jajal adalah jalan setapak di antara deretan bambu.

Jembatan Benculuk, Banyuwangi

Sumber: Daka Tour

Jembatan Benculuk yang ada di Banyuwangi akan mengingatkanmu dengan pemandangan alam ala dongeng atau film fiksi. Sangat keren dan eksotis berkat batang pohon trembesi yang meliuk-liuk berwarna hijau. Tidak hanya Instagramable, rasanya tempat yang satu ini juga cocok untuk dijadikan lokasi pre-wedding.

Selamat hunting foto selagi mudik!

307

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here