Sumber: Plukme!

Mendengar kata ayunan, mungkin kamu akan teringat dengan mainan anak-anak. Namun kali ini ayunan yang akan kita bahas adalah ayunan ekstrem di tengah alam bebas dengan ketinggian fantastis yang mungkin akan terdengar mengerikan bagi anak-anak.

Ayunan ini adalah objek wisata lain yang menjadi hits bersamaan dengan gardu pandang. Biasanya ayunan ini bisa kamu temukan di sejumlah bukit atau gunung. Untuk menaikinya, kamu membutuhkan sabuk pengaman dan helm khusus untuk mengantisipasi kecelakaan.

Bagi kamu yang ingin menjajal ayunan hits di tengah alam bebas, simak daftarnya berikut ini!

Buttu Macca Enrekkang, Sulawesi Selatan

Ayunan hits pertama yang akan dibahas tidak seperti ayunan pada umumnya di mana orang yang menaikinya bisa duduk. Di ayunan ini, orang tersebut hanya diikatkan dengan sejumlah tali pengaman sambil diayunkan ke segala arah. Lebih tepat lagi jika diumpamakan sebagai ketapel raksasa karena kedua ujung talinya diikatkan pada 2 batang pohon pinus. Kamu akan dilemparkan ke atas jurang dan sungai!

Selagi uji nyali, kamu akan disuguhi oleh keindahan pemandangan Enrekang yang dipenuhi pegunungan dan perbukitan. Apakah keindahannya bisa membuatmu lupa dengan rasa takut selagi diayunkan? Silahkan coba sendiri.

Ayunan Langit Watu Jaran Kulonprogo, Yogyakarta

Yogyakarta tidak hanya sekedar urusan budaya dan kuliner, tapi juga alam. Untuk menikmati alam dengan cara berbeda, cobalah naik ayunan Langit Watu Jaran Kulonprogo. Ayunan ini akan membuatmu seolah-olah sedang terbang di atas hutan yang begitu lebat. Kamu yang punya phobia ketinggian, kami sarankan hanya memandang sampai di gardu pandang saja ya.

Bukit Cekong Enrekkang, Sulawesi Selatan

Jika di Buttu Macca ayunannya berbentuk seperti ketapel, maka ayunan hits di Bukit Cekong ini memanfaatkan lipatan tali sebagai tempat duduk ayunan. Ayunan ini juga sering disebut sebagai ayunan maut karena akan mengajak kamu berayun di atas jurang sedalam 150 meter.

Merasa tidak sanggup berada di ketinggian ekstrim tersebut? Kamu bisa coba bermain flying fox terpanjang di Sulawesi atau bersantai menikmati pemandangan dari atas hammock.

Kalibaya Park, Brebes

Sumber: Metro TV News

Ayunan yang satu ini dijamin akan membuat adrenalinmu terpacu. Tidak seperti ayunan lainnya yang memiliki dua sumbu tali, ayunan di Kalibaya Park Brebes ini hanya mengandalkan satu sumbu tali saja yang diikatkan pada sebatang pohon. Bagaikan tarzan yang sedang berpindah dari satu pohon ke pohon lainnya!

Meski terdengar mengerikan, ayunan yang satu ini terbilang aman karena dilengkapi dengan harness dan sejumlah perlengkapan keamanan yang memadai.

Jika perlengkapan keamanan tersebut masih belum memunculkan nyali untuk bermain ayunan hits, kamu masih bisa mengeksplorasi Kalibaya Park dengan cara nongkrong di sejumlah duduk, bermain ATV, atau berfoto di gardu pandang yang keren seperti permadani terbang.

Baca Juga: 8 Tempat Wisata Alam dan Budaya di Cirebon

Panorama Pabangbon, Bogor

Tidak punya banyak waktu untuk menjajal ayunan hits yang ada di daerah Jawa? Coba saja pergi ke Bogor. Kira-kira 1,5 jam dari pusat kota, kamu akan menemukan Panorama Pabangbon yang terkenal dengan ayunannya.

Ayunan di sini terbilang cukup normal dibandingkan ayunan hits lainnya. Selagi berayun di tengah alam bebas, mintalah temanmu untuk mengabadikan momen tersebut dalam jepretan kamera ya. Pasti akan sangat keren!

Masih belum puas menikmati pemandangan alam sambil main ayunan? Selanjutnya kamu harus coba naik sepeda terbang alias naik sepeda di atas seutas tali di atas ketinggian. Sanggup mengayuhnya tidak nih?

The Swing Desa Wanagiri, Bali

Sumber: Wanderers & Warriors

Bosan menikmati pemandangan serba hijau dari atas ayunan hits? Jika iya, maka kamu perlu berkunjung ke The Swing yang ada di Desa Wanagiri, Bali. Ayunan dari rantai ini akan menyuguhkan kamu pemandangan Danau Tamblingan yang memukau. Selain ayunan, di sini ada juga gardu pandang yang berbentuk dek kapal dan sarang burung raksasa yang tidak kalah Instagramable.

Banyak orang yang rela mengantri untuk mendapatkan foto keren di sini. Jadi, pastikan untuk ikut mengantri ketika liburan ke Bali nanti ya! Agar bisa lebih puas, sebaiknya datang ke sini lebih pagi.

Sky Swing The Lodge Maribaya, Bandung

Bagi kamu yang takut naik ayunan hits sendirian tapi ingin sekali mencobanya supaya tetap kekinian, pergilah ke Sky Swing The Lodge Maribaya di Bandung karena kamu bisa main ayunan berdua dengan sahabat atau pun kekasih!

Perlengkapan keselamatan yang digunakan di sini sekelas dengan perlengkapan milik olahraga panjat tebing sehingg sangat aman bagi para pengunjungnya. Agar momen main ayunan ini bisa kamu kenang lagi, jangan lupa bawa tongsis untuk merekam video menggunakan kamera HP atau pun Go Pro.

Sudah siap untuk berayun di ketinggian ekstrem sambil menikmati pemandangan mempesona?

343

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here