Sumber: Seputar Semarang

Bicara tentang Semarang, yang langsung terlintas di benak kita adalah Lawang Sewu dan Lumpia Semarang. Untuk kamu yang akan pergi menuju Semarang dalam waktu dekat, perlu diketahui bahwa sebenarnya di Semarang ini ada banyak tempat wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi selain Lawang Sewu.

Kawasan Semarang sendiri terbagi atas Kota Bawah dan Kota Atas. Kota Bawah memiliki udara yang agak panas dan menjadi pusat pemerintahan serta ekonomi. Sedangkan Kota Atas memiliki udara yang lebih sejuk dan memiliki pemandangan alam yang menenangkan pikiran.

Lalu apa saja tempat wisata yang perlu kamu kunjungi selagi berada di Semarang? Simak daftarnya berikut ini ya!

Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti adalah sebuah kawasan wisata yang dibandung di kaki Gunung Ungaran. Dari sini para pengunjung bisa menikmati keindahan alam yang ada di Kota Atas. Ada beberapa objek wisata yang bisa kamu jajal. Misalnya saja wahana outbound yang terdiri dari flying fox, high rope, jembatan jaring, dan masih banyak lagi.

Selain itu ada juga kolam renang yang dipenuhi air dari sumber mata air alami. Kolam renang ini berada di lereng bukit sehingga kamu bisa menikmati pemandangan dari segala sudut. Di dekat kolam renang juga ada kafetaria yang siap untuk mengenyangkan perut. Jika kamu mau menginap selama beberapa malam, Umbul Sidomukti juga menyediakan penginapan yang nyaman.

Goa Tirta Mulya

Sumber: Umbul Sidomukti

Tidak jauh dari kawasan Umbul Sidomukti, ada sebuah gua bernama Goa Tirta Mulya. Lokasinya cukup tersembunyi dan jauh dari keramaian. Goa Tirta Mulya ini sebenarnya merupakan sebuah terowongan buatan dengan lebar tiga meter dan panjang ratusan meter. Sesampainya di ujung terowongan, kamu bisa menikmati pemandangan bukit dan kota yang indah. Kami sarankan untuk membawa alat penerangan sendiri karena pencahayaan di dalam terowongan ini cukup temaram.

Eling Bening

Eling Bening adalah spot terbaik untuk piknik di Semarang. Tidak percaya? Di tempat ini kamu bisa menemukan taman yang begitu luas. Pemandangannya asri dan indah karena ada Danau Rawa Pening yang dikelilingi bukit. Udaranya pun begitu sejuk dan menyegarkan.

Bagi kamu yang malas menggelar tikar dan menyiapkan makanan dari rumah, kamu bisa mengunjungi restoran yang ada di sana dan memesan makanan untuk disantap bersama.

River Tubing di Genting, Kendal

Sumber: Ngadem

Bosan bermain arung jeram? Bagi kamu pecinta kegiatan ekstrim, cobalah bermain river tubing di Genting, Kendal. Medannya cukup menantang berhubung sungainya diapit oleh bebatuan besar dan arusnya cukup deras. Jeramnya sendiri ada 13 buah. Setidaknya kamu harus bertahan fokus selama 2 jam. Selagi berada di atas ban, jangan lewatkan pemandangan yang indah di kanan dan kiri sungai. Selain itu, pastikan tubuh kamu fit dan bertenaga ya agar tidak gugur di tengah sungai!

Candi Gedong Songo

Bicara soal candi, yang populer di telinga masyarakat adalah Candi Borobudur dan Candi Prambanan. Padahal, di Semarang ada juga candi yang mampu menceritakan sejarah Dinasti Sanjaya pada abad 8.

Kompleks Candi Gedong Songo berada di kaki Gunung Ungaran. Sesuai dengan namanya, tadinya candi di sini ada 9 bangunan, namun yang tersisa kini hanya 5 bangunan saja. Meski demikian, sangat worth it untuk dikunjungi! Jika masih ada waktu sisa, sempatkan diri untuk berkuda menyusuri hutan pinus yang sejuk ya.

Masjid Agung Jawa Tengah

Sumber: NU Online

Bangunan Masjid Agung Jawa Tengah merupakan bentuk perpaduan dari 3 budaya sekaligus. Pada bagian depannya, kamu akan menemukan 25 buah pilar bergaya Italian Renaissance yang dihiasi kaligrafi Arab. Di bagian alun-alun juga ada 6 payung raksasa yang menyerupai payung raksasa di Masjid Nabawi, Madinah.

Sedangkan bangunan utama masjid merupakan perpaduan arsitektur Jawa dan Arab. Di bagian dalamnya ada banyak furnitur bergaya Jawa. Tidak hanya sekedar tempat ibadah, Masjid Agung Jawa Tengah ini juga memiliki museum tentang sejarah penyebaran agama Islam di Jawa.

Bagi yang non-muslim, kamu tetap bisa berkunjung ke sini untuk mengagumi keindahan arsitekturnya kok.

Baca Juga: Menilik Cerita Di Balik Bangunan Bersejarah Lawang Sewu

Pasar Semawis

Selagi liburan, lupakanlah diet dan nikmatilah wisata kuliner. Semarang terkenal memiliki ragam kuliner yang menggoyang lidah. Lokasi yang tepat untuk melakukan wisata kuliner adalah Pasar Semawis yang ada di Jalan Gang Warung, Pecinan. Pasar ini hanya buka pada Jumat, Sabtu, dan Minggu saja.

Makanan yang dijajakan di sini cukup beragam mulai dari menu tradisional Semarang hingga menu khas Cina. Dari cemilan hingga makanan berat, semuanya ada di sini. Selain penjaja makanan, di sini kamu juga bisa menemukan pedagang souvenir atau pernak-pernik lucu untuk oleh-oleh.

Nah, sudah tahu kan tempat wisata apa saja selain Lawang Sewu di Semarang?

353

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here