Sumber: Kangen Wisata

Bicara tentang Semarang, yang langsung terlintas di benak kita adalah Lawang Sewu dan Lumpia Semarang. Untuk kamu yang akan pergi menuju Semarang dalam waktu dekat, perlu diketahui bahwa sebenarnya di Semarang ini ada banyak tempat wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi selain Lawang Sewu.

Kawasan Semarang sendiri terbagi atas Kota Bawah dan Kota Atas. Kota Bawah memiliki udara yang agak panas dan menjadi pusat pemerintahan serta ekonomi. Sedangkan Kota Atas memiliki udara yang lebih sejuk dan memiliki pemandangan alam yang menenangkan pikiran.

Lalu apa saja tempat wisata yang perlu kamu kunjungi selagi berada di Semarang? Simak daftarnya berikut ini ya!

Desa Wisata Lembah Kalipancur

Objek utama yang ada di Desa Wisata Lembah Kalipancur adalah bangkai pesawat di tengah hutan. Bangkai pesawat ini mulai diletakkan di desa ini sejak tahun 2015. Rencana awalnya adalah pesawat ini akan diubah menjadi sebuah restoran berkonsep penerbangan. Namun, hingga kini bangkai pesawat tersebut belum direnovasi. Tidak mengapa, toh para pengunjung malah jadi suka berfoto di dalam bangkai pesawat ini. Hasilnya pun cukup keren untuk menghias timeline Instagram mereka.

Selain bangkai pesawat, kamu juga bisa melakukan berbagai kegiatan di Desa Wisata Lembah Kalipancur seperti memancing, mengeksplorasi hutan jati, berenang, berkunjung ke kandang kuda, dan wisata kuliner.

Gardu Pandang Lereng Kelir

Sumber: Explore Wisata

Belakangan ini Indonesia sedang diramaikan dengan gardu pandang yang ada tepi tebing untuk menikmati pemandangan dari ketinggian. Tidak hanya di Bandung, Semarang juga punya Gardu Pandang Lereng Kelir.

Gardu pandang yang satu ini berada di tepi jurang dengan ketinggian 715 meter di atas permukaan laut. Sejauh mata memandang, kamu akan mendapatkan pemandangan hutan, lembah, pegunungan, Danau Rawa Pening, dan Puncak Ungaran.

Di tempat ini tersedia area camping untuk para pengunjung yang ingin menantikan momen matahari terbit yang begitu indah.

Bantir Hills

Bantir Hills adalah sebuah tempat wisata yang berada di lereng Gunung Ungaran dengan ketinggian sekitar 1.000 meter di atas permukaan laut. Dari Bantir Hills ini, kamu bisa menyaksikan kemegahan Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro. Udaranya pun begitu segar karena kawasan ini dikelilingioleh hutan pinus.

Meski sudah cukup populer di kalangan wisatawan, ternyata tempat ini belum ada penjual makanan jadi pastikan untuk membawa bekal dari rumah ya. Selain itu jalanannya juga agak sedikit menanjak dan cukup melelahkan. Namun, pemandangan di sepanjang jalan seperti sawah dan taman bunga akan membuatmu melupakan rasa lelah.

Watu Gunung Ungaran

Watu Gunung Ungaran atau yang biasa disebut juga sebagai Kolam Renang Lerep ini merupakan tempat wisata yang mengusung konsep alam dan budaya. Meski merupakan tempat wisata buatan, suasananya tidak kalah natural dengan tempat wisata alam sesungguhnya.

Kolam-kolam di Watu Gunung Ungaran ini diisi air yang berasal dari mata air alami. Di pinggir kolamnya ada sejumlah batu alam yang menjadi pembatas. Puas berenang dan bersantai, kamu bisa berkunjung ke restoran untuk menikmati hidangan khas Jawa yang lezat.

Puri Maerokoco

Sebagai pulau yang termasuk dalam 5 pulau terbesar di Indonesia, rasanya kamu tidak akan bisa berkeliling Jawa selama satu hari. Namun berkat Puri Maerokoco, kamu bisa melakukannya. Puri Maerokoco ini sering juga disebut sebagai Taman Mini Jawa Tengah. Di dalamnya ada puluhan rumah tradisional dan pameran kebudayaan Jawa Tengah. Tempat wisata ini juga dilengkapi dengan berbagai miniatur landmark kota di Jawa Tengah seperti Tugu Muda, Menara Kudus, dan masih banyak lagi.

Setelah puas mengelilingi “Jawa Tengah”, kamu bisa mencoba berbagai wahana permainan seperti kolam pemancingan, sepeda air, kereta, pasar apung, bianglala, perahu, dan lainnya.

Baca Juga: Wisata Kuliner di Semarang? Ini Tempatnya!

Taman Nasional Karimunjawa, Jepara

Sumber: Twisata

Bagi kamu yang tidak masalah untuk berpelesir ke arah utara Semarang menuju Jepara, sempatkanla waktu untuk kunjungan ke Taman Nasional Karimunjawa. Di sini ada 27 gugusan pulau yang beberapa di antaranya tidka berpenghuni.

Suasana di pulau ini begitu tenang dan damai, jauh dari kesibukan warga perkotaan. Ada beragam makhluk hidup yang bisa kamu temui di sini. Di antaranya adalah berbagai jenis ikan, aneka burung, hiu, terumbu karang, dan masih banyak lagi. Untuk penginapannya, kamu bisa menginap di homestay atau rumah warga.

Brown Canyon

Brown Canyon tampaknya menjadi tempat wisata alam yang paling populer di Semarang. Brown Canyon ini sebenarnya adalah bekas lahan galian batu, pasir, dan tanah. Warnanya didominasi warna cokelat. Kegiatan penggalian di masa lalu ini menghasilkan goresan alami dan unik di sepanjang tebing. Saking indah dan eksotisnya, tempat ini juga sering dijadikan spot foto pre-wedding loh!

361

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here