Sumber: Tugu Wisata

Setiap tahun rasanya ada saja tempat wisata baru di berbagai daerah, baik tempat wisata buatan atau pun tempat wisata alam. Tidak terkecuali untuk Yogyakarta yang dikenal sebagai Kota Pelajar ini. Bagi kamu yang sudah bertahun-tahun tidak mengunjungi Yogyakarta, tahun ini adalah waktu yang tepat untuk melakukan kunjungan ulang. Pastinya sudah ada banyak hal yang berubah dari Yogyakarta.

Penasaran apa saja tempat wisata yang terbaru di Yogyakarta? Simak daftarnya, catat, dan susun waktu untuk mengunjunginya ya!

Seribu Batu Songgo Langit

Sumber: Dinas Pariwisata DIY

Nama tempat ini jika diartikan secara harafiah adalah seribu batu yang menyangga langit. Seribu Batu Songgo Langit ini berada di dalam kawasan Hutan Pinus Mangunan yang bisa ditempuh melalui perjalanan darat selama satu jam dari pusat kota Yogyakarta.

Sesampainya di sini kamu akan disambut dengan pemandangan serba bebatuan yang cantik. Selain itu ada juga objek Rumah Kurcaci yang dibuat dari tumpukan ranting pohon. Kamu bisa bergaya ala kurcaci di sini. Tempat ini tidak hanya populer karena Instagramable, tapi juga karena gratis jika ingin berkunjung.

Bukit Mojo Gumelem

Kawasan Dlingo sebelumnya terkenal berkat kehadiran Kebun Buah Mangunan. Namun kini menjadi semakin ramai berkat Bukit Mojo. Bukit Mojo ini adalah sebuah area perbukitan dengan deretan gunung yang terlihat dari kejauhan.

Pihak pengelola membangun sejumlah spot foto keren yang memiliki bentuk berbeda-beda, salah satunya ada yang berbentuk menyerupai sangkar burung. Untuk masuk ke kawasan ini kamu hanya perlu membayar parkir kendaraan dan ongkos foto per spot seharga 3.000 rupiah. Tarifnya cukup murah untuk memuaskan hasrat berfoto, bukan?

Watu Goyang Mangunan

Masih berada di kawasan Mangunan, Watu Goyang Mangunan adalah sebuah tempat wisata terbaru di mana pada Puncak Watu Goyang ini ada sebuah batu besar. Batu besar ini dinamakan Watu Goyang atau Batu Goyang karena akan bergoyang jika disentuh dan didorong. Meski demikian, batu besar ini masih aman untuk para pengunjung menurut penuturan seorang pengelola.

Untuk tiba di Puncak Watu Goyang ini, kamu perlu berjalan kaki selama 10 menit dari area parkir. Medan perjalanannya tidak terlalu berat karena tidak ada banyak tanjakan dan sudah ada tangga untuk mempermudah pengunjung.

Tempat wisata ini terbuka setiap saat, namun jika ingin melihat pemandangan yang luar biasa datanglah pada sore hari menjelang waktu matahari terbenam.

Air Terjun Gedad

Air Terjun Gedad sebenarnya sudah cukup lama dibuka sebagai tempat wisata untuk umum, namun baru menjadi populer belakangan ini saja. Tempat wisata yang juga sering disebut sebagai ATG ini berada di Kabupaten Gunung Kidul.

Udara di lokasi ini sangat sejuk dan air terjunnya jernih. Aliran air terjun ini bisa dibilang cukup deras. Di sekelilingnya ada banyak pepohonan yang tumbuh subur. Ada juga beberapa jembatan dari kayu dan bambu. Untuk tiba di lokasi Air Terjun Gedad ini, kamu harus berjalan kaki sejauh 50 meter dari perkampungan warga Dusun Gedad.

The Lost World Castle

Sumber: Explore Wisata

Tempat wisata terbaru berikutnya di Yogyakarta adalah The Lost World Castle yang berada di Kepuharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman. Tempat wisata yang satu ini digemari banyak wisatawan karena memiliki aneka spot foto dengan konsep yang berbeda satu sama lain, jadi kamu akan sangat puas berfoto di segala sudut. Hanya dengan membayar tiket seharga 15.000 rupiah per orang, kamu bisa puas berkeliling di kastil ini.

Rumah Hobbit Cangkringan

Masih berada di kawasan Cangkringan, kamu bisa menemukan rumah hobbit yang menyerupai rumah hobbit di luar negeri. Berada di sini membuat kamu merasa seperti sedang syuting film The Lord of The Rings. Rumah Hobbit Cangkringan ini berada di area perbukitan dekat dengan pemukiman warga. Harga tiket masuknya cukup murah, hanya 10.000 per orang dan area ini sudah dilengkapi dengan fasilitas memadai seperti lahan parkir dan toilet.

Ayunan Langit Watu Jaran

Tempat wisata yang hits Yogyakarta berikutnya adalah Ayunan Langit Watu Jaran yang lokasinya berada di ketinggian 800 meter di atas permukaan laut. Tempat wisata yang satu ini cocok untuk kamu yang suka kegiatan peningkat adrenalin. Bagaimana tidak, ada sebuah kegiatan bermain ayunan di ketinggian sambil menikmati pemandangan alam berupa pegunungan yang megah. Kamu akan terpesona sekaligus deg-degan. Meski tinggi, ayunan ini aman karena pengunjung menggunakan alat pengaman yang diawasi juga oleh tim setempat. Untuk menjajal ayunan yang tinggi ini, kamu perlu membayar tiket sebesar 30.000. Tiket tersebut sudah termasuk dengan akses menyusuri Goa Kidang Kencana.

Baca Juga: 9  Air  Terjun  Yang  Wajib  Kamu  Kunjungi  Saat  Traveling  Ke  Yogyakarta 

Dari ketujuh tempat wisata terbaru di Yogyakarta tadi, nomor berapa yang ingin kamu kunjungi bersama keluarga?

799

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here