Sumber: Alesund

Kamu pasti sudah tahu dan sering melihat kegiatan arung jeram kan? Itu loh kegiatan mendayung menyusuri sungai menggunakan perahu karet. Kegiatan yang satu ini bisa dibilang cukup ekstrim lantaran perahu yang ditumpangi bisa saja terbalik ketika sedang digunakan. Untuk kamu yang masih pemula dan kesulitan untuk berenang, tentu hal tersebut akan membuat takut ya.

Namun jangan biarkan rasa takut tersebut menghantuimu karena kegiatan yang satu ini bisa membuat kita lebih sehat, melepaskan stress, bahkan melatih kerjasama tim. Nah untuk kamu para pemula, coba deh simak beberapa tips bermain arung jeram berikut ini supaya bisa bermain dengan aman dan nyaman.

Mempersiapkan kondisi tubuh

Hal yang paling utama saat akan bermain arung jeram adalah mempersiapkan kondisi tubuh yang fit. Dengan tubuh yang fit, kamu bisa bermain air sepuasnya, mendayung dengan kuat, berkonsentrasi penuh, dan mudah kembali ke atas perahu sesudah terjatuh. Ingatlah kalau kegiatan arung jeram termasuk salah satu olahraga yang menguras tenaga. Jangan sampai kamu tidak menikmati kegiatan ini dan jatuh sakit sesudah bermain ya.

Memilih pakaian yang tepat

Pemilihan pakaian juga akan berpengaruh pada gerakan dan kondisi tubuh selagi bermain arung jeram. Pilihlah pakaian yang tidak mudah menyerap air. Dengan demikian ketika kamu terkena air atau terjatuh ke dalam air, tubuh tidak akan terasa berat akibat baju basah. Tubuh pun akan terasa lebih mudah untuk bergerak dan yang paling penting adalah suhu tubuhmu tetap terjaga. Kebayang kan betapa menyiksanya kalau memakai baju basah kemudian terkena angin kencang? Bisa-bisa kamu masuk angina.

Menentukan sungai yang tepat

Untuk kamu para pemula, sebaiknya pilihlah sungai yang sesuai dengan kemampuan. Biasanya para pemula cocok dengan sungai level 3. Sungai level 3 ini kekuatan arusnya sedang, memiliki riak, dan bebatuan besar. Tidak terlalu sulit, namun tetap menantang para pemain. Contoh sungai level 3 di Indonesia adalah Sungai Elo Magelang, Sungai Cikaso Sukabumi, dan Sungai Palayangan.

Jangan lupa pemanasan sebelum bermain

Sumber: Picssr

Sama seperti olahraga lainnya, kamu pun tidak boleh lupa untuk melakukan pemanasan sebelum menaiki perahu dan mendayung. Pemanasan ini bertujuan untuk mencegah kram dan cidera otot. Lakukanlah pemanasan sekitar 10 hingga 15 menit sebelum bermain.

Makan 2 hingga 3 jam sebelum bermain

Seperti yang sudah kami sampaikan di atas, arung jeram adalah kegiatan yang cukup menguras tenaga. Oleh karena itu, kamu harus makan agar mendapatkan tenaga. Usahakan untuk makan sekitar 2 hingga 3 jam sebelum pergi bermain. Hal ini bertujuan agar makanan sudah dicerna dengan baik sehingga kamu tidak mual dan muntah ketika bermain arung jeram nanti.

Baca Juga: 7 Ayunan Alam Bebas Ter-Hits se-Indonesia

Memilih operator arung jeram yang profesional

Sebagai pemula, tentu kamu tidak diijinkan untuk bermain arung jeram sendiri. Gunakan jasa operator rafting yang profesional dan terpercaya. Mereka akan mengarahkan perahu dan membantumu untuk kembali ke perahu setelah terjatuh. Pokoknya aman. Cari tahu tentang operator arung jeram ini lewat internet atau pengalaman teman yang sudah pernah mencobanya.

Perhatikan posisi dan gerakan

Saat bermain arung jeram, posisi duduk yang tepat adalah di bagian tepi perahu bukan di bagian tengah. Untuk gerakan tangan selagi mendayung, perhatikan juga posisi tangan. Genggam ujung tongkat dayung menggunakan telapak tangan, kemudian tangan lainnya posisikan di bagian tengah. Perhatikan instruksi dari pemandu saat mendayung agar kompak dengan teman setim dan perahu bisa maju dengan sempurna.

Dilarang panik saat perahu terbalik

Sumber: Raftrek Adventure Travel

Ketika kamu panik, kamu akan semakin sulit untuk menyelamatkan diri dan kembali ke perahu. Oleh karena itu usahakan untuk tetap tenang. Yakinkan dirimu akan tetap selamat karena sudah menggunakan rompi pelampung dan ada pemandu tim yang profesional di sana.

Posisi tubuh yang tepat ketika sudah terjatuh di air adalah telentang dan biarkan tubuh mengapung. Arahkan tubuh sesuai dengan arah arus sungai, jangan lupa angkat kakimu untuk menahan diri jika mengenai batu. Bernafaslah dengan teratur sambil bergerak menuju perahu.

Nikmati kegiatannya, tapi jangan lupa diri

Saat bermain arung jeram, pasti kamu akan seru sendiri menikmatinya. Berteriak sambil bercanda dengan anggota setim sah-sah saja. Tapi pastikan untuk tidak lupa diri alias selalu waspada.

Olahraga alam yang satu ini membutuhkan konsentrasi yang cukup karena kamu tidak tahu kapan arus tenang dan kapan arus menjadi cukup deras. Kamu pun belum tahu di mana lokasi bebatuan dan turunan. Jangan sampai kamu kaget saat tiba-tiba perahu terhempas dan kesulitan untuk bernafas. Utamakan faktor keamanan dan keselamatan ya.

Bagaimana, ternyata mudah kan bermain arung jeram untuk pemula sekalipun? Selain menerapkan tips-tips tadi, jangan lupa untuk berdoa selalu untuk keselamatan ya. Selamat bermain arung jeram!

611

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here