Sumber: goingpremium.com

Traveling terutama untuk tujuan liburan, tak melulu harus ke tempat-tempat yang sepi dan dekat dengan alam. Tak ada salahnya kok bagi Anda untuk memilih kota besar sebagai destinasi traveling Anda kali ini. Baik di Indonesia atau di luar negeri, banyak sekali kota besar yang layak untuk dipertimbangkam sebagai destinasi traveling Anda. Mungkin Anda tak akan melihat keindahan alam seperti ketika Anda memilih traveling ke daerah pegunungan atau pantai.

Namun kota besar juga punya segala keunikan yang sayang untuk Anda lewatkan. Apalagi bagi Anda pencinta sejarah, seni arsitektur atau sekedar penggemar wisata belanja. Kota besar adalah destinasi yang tepat bagi Anda yang ingin menikmati liburan dengan cara berbeda. Anda masih bisa berlibur dan menikmati kepadatan kota besar, namun tak kehilangan esensi traveling itu sendiri untuk menjelajah tempat-tempat yang baru dan mungkin tidak pernah Anda temukan di kota kelahiran Anda sendiri.

Meskipun begitu ternyata banyak orang yang masih enggan untuk menjadikan kota besar sebagai destinasi traveling mereka. Selain mungkin karena traveler ini terbiasa tinggal di kota besar dan ingin menikmati suasana baru dengan memilih traveling ke daerah pantai dan pegunungan, kota besar juga dianggap rawan tindak kejahatan. Tak dapat dipungkiri bahwa dibandingkan dengan daerah pedesaan atau pedalaman, di kota memang lebih rawan tindak kejahatan.

Apalagi bagi traveler yang baru pertama kali mengunjungi suatu kota tertentu. Wajah mereka yang tampak asing dan mungkin juga terlihat kebingungan, sering jadi sasaran orang jahat yang ingin mengambil barang berharga milik para traveler ini. Ada yang mengambilnya dengan cara halus dan tersembunyi seperti copet, namun ada juga yang terang-terangan meminta harta benda secara paksa dengan ancaman melukai atau menghilangkan nyawa. Karena itulah banyak orang yang kemudian merasa enggan untuk menjadikan kota besar sebagai tujuan traveling mereka.

Padahal sebenarnya yang namanya kejahatan itu bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Yang terpenting sebenarnya adalah Anda waspada dan tidak lengah. Apalagi bagi seorang traveler yang mengunjungi suatu tempat baru untuk pertama kali, kewaspadaan wajib jadi hal utama yang diperhatikan. Nah, bagi Anda yang punya rencana untuk traveling ke kota besar dalam waktu dekat ini, beberapa tips aman berikut mungkin akan sangat bermanfaat untuk dipraktekkan.

Gunakan naluri dan feeling Anda

Jika ada situasi yang menurut Anda mencurigakan, jangan memaksakan diri untuk melanjutkan menjelajah kota besar sesuai rencana Anda sebelumnya. Percayalah dengan naluri dan feeling Anda untuk menilai apakah sudut-sudut kota yang akan Anda jelajahi ini aman atau tidak. Mungkin untuk sebagian orang, terlalu percaya dengan feeling bisa dianggap parno atau khawatir berlebihan. Namun percayalah naluri Anda lebih bisa dipercaya ketika menghadapi situasi tertentu.

Jika Anda merasa ada orang mecurigakan mengawasi dan mencoba untuk mendekati, segeralah tinggalkan tempat tersebut. Berkumpulah dengan orang banyak di pusat keramaian, untuk menghindarkan Anda dari orang mencurigakan ini. Percayalah pada naluri bukan berarti Anda bersikap parno dan tertutup pada orang lain. Namun setidaknya hal ini jadi cara yang tepat untuk melindungi diri Anda dari orang jahat, apalagi ketika Anda traveling ke tempat yang baru dan seorang diri pula.

Jangan jauh-jauh dari tempat keramaian

Mengunjungi kota besar sebagai destinasi traveling, berarti Anda harus bersiap untuk menghadapi keramaian yang ada di tempat tersebut. Meskipun mungkin Anda harus berdesak-desakkan dengan banyak orang, namun hal ini ternyata punya keuntungan untuk Anda. Apalagi bagi traveler yang baru pertama kali mengunjungi kota tersebut. Jangan mudah percaya pada orang yang mengajak Anda untuk melihat tempat yang unik dan menarik, namun dia tak bisa menjelaskan di mana lokasi tempat itu berada.

Jangan mengikuti orang asing ke tempat yang sepi di sudut-sudut kota yang sama sekali belum pernah Anda ketahui sebelumnya. Sebisa mungkin selalu tempatkan Anda di usat keramaian sehingga banyak orang yang siap menolong jika Anda hal buruk yang mungkin saja terjadi pada Anda.

Jangan sembarangan menenteng telepon genggam Anda

Sumber: zdnet.com

Beda dengan daerah-daerah, ponsel atau smartphone secanggih apapaun itu bukan hal yang aneh ditemui di kota besar. Bahkan Anda bisa melihat orang dengan bebas menenteng smartphone mereka ketika sedang berjalan-jalan. Namun jika Anda adalah  seorang traveler di kota besar, ada baiknya kebiasaan menenteng smartphone ini tidak Anda lakukan lagi. Ini karena bukan tak mungkin kriminal akan dengan mudah mengambil smartphone Anda ketika Anda sedang lengah.

Saat hendak memeriksa smartphone atau menerima panggilan telepon, berhentilah di tempat yang benar-benar aman sehingga kemungkinan orang merampas gadget Anda semakin kecil. Tak hanya itu, ada baiknya memasukkan smartphone Anda kedalam tas alih-alih menaruhnya di saku seperti biasa. Bisa saja copet akan dengan mudah mengambil ponsel Anda ini dengan berbagai cara. Selain itu ketika sedang makan di tempat terbuka seperti kafe misalnya, jangan letakkan ponsel secara sembarangan di atas meja. Orang jahat akan memanfaatkan kelengahan traveler ketika sedang makan untuk mengambil ponsel Anda ini.

Letakkan ransel Anda di bagian depan tubuh

Ransel atau backpack memang dipakai dengan cara digendong di bagian belakang punggung Anda. Namun saat sedang menjelajah kota-kota besar, ada baiknya tas atau ransel ini diletakkan di bagian depan tubuh Anda. Apalagi ketika Anda sedang berada di tempat yang ramai dan harus berdesak-desakkan sepeperti ketika berada di dalam bus atau kereta misalnya.

Ini penting sebab bukan tak mungkin orang jahat akan memanfaatkan momen ketika sedang berdesak-desakkan di tempat ramai, untuk membobol ransel atau tas Anda. Karena itulah lebih disarankan bagi Anda untuk meletakkan ransel dan tas di bagian depan tubuh, agar lebih mudah untuk diawasi terutama jika Anda membawa brang berharga seperti paspor atau kamera misalnya.

Hindari menggunakan perhiasan berlebihan

Mungkin sebagian dari Anda berpikir karena traveling ke kota besar, maka penampilan harus modis dan juga trendi. Meskipun begitu, bukan berarti Anda harus memakai perhiasan yang mencolok. Apalagi ketika Anda sedang mengeksplorasi kota-kota besar ini, justru perhiasan yang tampak mencolok akan membahayakan diri Anda sendiri. Orang jahat akan menjadikan Anda sebagai traget kejahatan, lantaran perhiasaan yang Anda kenakan ini.

Sebaiknya hindari memakai perhiasan yang mahal dan mencolok. Tampil trendi dan keren saat mengeksplor kota-kota besar, bukan berarti Anda harus tampil bling-bling dengan perhiasan berkilau kok. Tampil elegan namun tetap simple dan sederhana lebih dianjurkan, dari pada pamer perhiasan mahal yang pastinya akan membuat Anda jadi target sasaran orang jahat.

Sebisa mungkin berbaurlah seperti penduduk sekitar

Salah satu hal yang membuat turis atau traveler rawan jadi korban tindak kejahatan saat berkunjung ke suatu tempat adalah karena penampilan mereka yang terlihat mencolok dan jauh berbeda dengan warga kebanyakan. Apalagi jika ditambah dengan wajah bingung, maka turis atau traveler ini kerap jadi incaran orang yang akan berbuat kejahatan. Karena itulah sebisa mungkin berbaurlah seperti penduduk sekitar. Salah satu caranya adalah dengan dandan sesimple dan sesederhana mungkin, layaknya penduduk di kota besar tersebut.

Cari tahu bagaimana penduduk lokal berdandan dan pakaian-pakaian yang harus dipakai atau dihindari jika berada disana. Hindari untuk mengalungi kamera apalagi jenis DSLR yang cukup mencolok, sekaligus bisa jadi target orang yang akan berbuat jahat. Berdandan simple dan sederhana layaknya penduduk lokal akan membuat traveling Anda jauh lebih tenang dan nyaman, sekaligus menghindarkan Anda dari pusat perhatian.

Ketika traveling ke luar negeri, cari tahu lokasi kedutaan besar

Saat traveling ke mancanegara, satu hal yang harus Anda tahu bahwa traveler dari Indonesia bisa mendapat perlindungan dan bantuan diplomatik dari kedutaan besar RI di luar negeri. Ketika Anda traveling ke kota-kota besar di dunia, maka akan lebih mudah lagi bagi Anda untuk menemukan kedutaan besar Republik Indonesia ini. Yang penting bagi Anda adalah menemukan letak kantor kedutaan besar ini, agar lebih mudah untuk dituju dan dihubungi jika suatu masalah menimpa Anda.

Misalnya jika Anda mengalami kecelakaan, paspor yang hilang dicuri orang atau hal-hal darurat lainnya, sebagai warga negara Indonesia Anda berhak mendapt perlindungan dari pihak kedutaan besar ini. karena itulah selain menjelajah kota-kota yang unik di seluruh dunia saat traveling, pastikan Anda tahu juga di mana letak kedutaan besar Indonesia berada.

Lakukan hal ini ketika Anda merasa diikuti orang asing

Menjadikan kota besar sebagai destinasi traveling, berarti kewaspadaan pada lingkungan dan orang-orang sekitar mutlak untuk diperhatikan. Terutama dengan orang asing yang terus-terusan terlihat mengawasi dan mengikuti Anda. Selain menggunakan naluri dan feeling Anda seperti point pertama di atas, ada satu hal lagi yang bisa dilakukan jika Anda merasa diikuti oleh orang asing.

Segeralah menyebarang jalan, jika Anda merasa seseorang mengikuti Anda dari belakang. Segeralah menuju ke tempat yang ramai di mana banyak orang yang berkumpul. Jangan sekali-kali Anda menuju ke tempat yang sepi untuk bersembunyi. Jika Anda merasa masih diikuti, segeralah datangi kantor polisi setempat untuk melaporkan keadaan yang Anda alami ini.

Hati-hati ketika membayar taksi

Sumber: visitberlin.de

Taksi menjadi salah satu angkutan yang mungkin akan sering Anda gunakan ketika sedang traveling ke kota besar ini. Meskipun lebih mahal dibandingkan moda transportasi lain seperti bus, namun privasi taksi memang lebih terjaga. Apalagi jika Anda terburu-buru menuju suatu tempat tertentu.

Yang perlu untuk diperhatikan adalah, pastikan supir taksi memiliki identitas yang sama dengan di dashboard mobil yang dikemudikannya. Selain itu, bayarlah taksi ketika Anda masih berada dalam kendaraan. Jangan sembarangan mengeluarkan dompet di pinggir jalan untuk membayar taksi, karena bukan tak mungkin Ada orang jahat yang memanfaatkan momen ini untuk mencopet Anda.

Tetap waspada

Di mana pun Anda berada saat traveling, tetaplah waspada dengan lingkungan sekitar. Jangan sampai karena asik menjelajah di kota besar ini, Anda jadi lengah dan sembrono. Selalu waspada dengan orang asing atau mereka yang bertingkah mencurigakan di sekitar Anda.

766

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here