Sumber: Fluent U

Selalu ada yang pertama untuk semua hal, termasuk melakukan liburan tanpa bantuan agen wisata. Liburan dengan bantuan agen wisata memang akan membuatmu lebih nyaman karena semua urusan tiket, akomodasi, dan jadwal perjalanan sudah dipersiapkan oleh mereka. Namun, kamu pastinya juga ingin merasakan liburan dengan segala jerih payah sendiri karena katanya sih semua yang disiapkan sendiri akan jauh lebih berkesan dan menambah pengalamanmu.

Bagi kamu yang ingin liburan ke tempat baru, tentu ada perasaan takut. Misalnya saja takut salah memesan tiket, takut menyasar di detinasi liburan, hingga kekurangan uang selama liburan nanti. Perasaan takut tersebut wajar jika kamu alami. Yang perlu kamu lakukan adalah menghilangkan rasa takut tersebut dengan melakukan persiapan yang sangat matang. Agar kamu merasa lebih percaya diri saat liburan nanti, simak dulu beberapa tips berikut ini!

Menyiapkan tekad bulat

Sumber: ICE

Apalah artinya rencana tanpa tekad yang kuat? Liburan adalah momen untuk melepaskan stress dari pekerjaan sehari-hari dan menambah pengalaman baru. Pastikan liburanmu ini tidak akan diganggu dengan aneka pekerjaan. Selesaikan pekerjaan sebelum berangkat liburan dan lupakan semua persoalan selagi luburan nanti.

Tidak kalah penting, siapkanlah dana untuk keperluan liburan. Bila perlu, buatkan satu rekening atau celengan khusus untuk tabungan liburan ini. Di saat kamu sudah punya waktu untuk liburan, kamu tidak perlu pusing memikirkan dana lagi. Ingat, jangan iseng mengambil uang yang ada untuk keperluan lainnya ya.

Menentukan destinasi wisata

Sudah punya dana dan waktu untk liburan? Saatnya menentukan destinasi wisata. Untuk kamu yang benar-benar baru pertama kali liburan tanpa bantuan agen wisata, cobalah dengan berlibur ke kota dalam negeri terlebih dahulu. Dengan demikian, kamu tidak perlu menemukan kendala perbedaan bahasa atau pun mata uang. Ketika tersesat di jalan, kamu pun bisa bertanya kepada orang lain dengan nyaman, apalagi orang Indonesia terkenal dengan keramahannya.

Jika ingin ke luar negeri, cobalah destinasi yang dekat dengan Indonesia seperti Singapura atau Malaysia. Kemudahan yang akan kamu dapatkan adalah dana liburan tidak akan terlalu mahal, masyarakat setempat mampu berbahasa Inggris atau pun Melayu, sistem tranportasi umumnya tertata dengan baik sehingga kecil kemungkinan untuk tersasar, dan ada banyak tempat wisata yang menarik.

Kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya

Manfaatkan internet dan gadget-mu untuk mencari berbagai informasi mengenai destinasi wisata. Beberapa hal yang perlu kamu cari adalah tiket pesawat, penginapan, lokasi-lokasi tempat wisata, biaya transportasi, dan lokasi tempat makan. Untuk tambahannya, kamu juga bisa mencari tahu etika atau hal-hal yang tidak boleh dilakukan di destinasi wisata tersebut agar tidak menyinggung masyarakat setempat.

Menyiapkan fisik yang sehat

Pada saat liburan, biasanya para wisatawan akan menghabiskan waktu sehari untuk mengunjungi lebih dari 3 tempat wisata. Berjalan kaki seharian di tempat wisata pasti akan membuatmu merasa pegal, bahkan tidak bersemangat untuk liburan hari kedua.

Untuk mengatasi hal ini, kamu perlu melatih fisik sebelum liburan. Misalnya dengan membiasakan diri berjalan jauh, setidaknya 30 menit setiap hari. Minumlah vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh. Jika tubuhmu kuat dan sehat, liburan pun akan terasa lebih menyenangkan.

Memesan tiket

Pembelian tiket transportasi menuju destinasi wisata sebaiknya dilakukan dari jauh-jauh hari. Jika kamu ingin naik kereta api, tiketnya sudah mulai dijual sejak H-90 keberangkatan. Dengan demikian kamu tidak perlu kehabisan tiket.

Jika kamu menggunakan pesawat, belilah dari jauh-jauh hari juga dan pantau promo yang diberikan maskapai. Dengan promo-promo ini, kamu bisa menghemat pengeluaran karena harga yang ditawarkan bisa sangat murah dari harga aslinya.

Menentukan gaya liburan

Secara garis besar, ada 2 gaya liburan yaitu koper dan ransel. Gaya liburan koper identik dengan kemewahan di mana kamu menginap di hotel dan menyewa kendaraan pribadi untuk berpindah tempat. Sedangkan gaya liburan ransel identik dengan kesederhanaan dan berbaur dengan masyarakat setempat. Sesuaikan saja kepribadian dan budget liburanmu dengan gaya liburan yang cocok ya.

Membawa barang secukupnya

Sumber: Travel Fashion Girl

Pada saat mengemas barang, pastikan kamu hanya membawa barang yang diperlukan saja agar tidak kelebihan bagasi. Untuk peralatan mandi, bawalah dalam kemasan sekali buang atau wadah khusus traveling. Jangan membawa barang berharga secara berlebihan karena akan memancing penjahat. Jangan lupa untuk menyesuaikan pakaian dengan suhu udara di destinasi wisata agar bisa berkeliling dengan nyaman.

Menyiapkan uang cadangan

Kamu tidak akan pernah tahu musibah apa yang akan menimpamu selama liburan nanti, apakah kecopetan atau ada kebutuhan mendesak lainnya. Oleh karena itu, kamu perlu menyiapkan uang cadangan baik di dalam ATM atau pun berupa uang tunai kemudian menyimpannya di tempat yang aman.

Jika sudah menerapkan kedelapan tips tadi, kamu tidak perlu khawatir lagi. Selamat menikmati liburan!

788

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here