Sumber: DeMata Museum

Yogyakarta memang tidak akan ada habisnya untuk dibahas. Mulai dari kebudayaannya, kulinernya, hingga tempat wisatanya yang selalu bermunculan setiap tahun. Yogyakarta juga cocok untuk semua kalangan baik pria atau wanita, juga dewasa atau anak-anak.

Bagi kamu yang akan berlibur ke Yogyakarta bersama anak-anak, tempat wisata yang akan dikunjungi tentu harus melewati seleksi yang ketat agar anak merasa senang dan teredukasi. Penasaran tempat wisata apa saja yang ramah anak di Yogyakarta? Langsung saja simak daftarnya berikut ini!

Taman Pelangi Monjali

Sumber: Metro News

Anak-anak pasti tidak bisa menolak segala sesuatu yang terlihat warna-warni. Untuk itu ajaklah mereka ke Taman Pelangi Monjali. Taman Pelangi Monjali yang mengelilingi Monumen Jogja Kembali ini dipenuhi dengan lampion dan lampu-lampu cantik. Pada malam hari, suasananya akan semakin cantik karena lampu yang menyala terlihat kontras dengan gelapnya langit malam.

Lampion ini ada yang dipajang berderet rapi, ada juga yang berbentuk menyerupai binatang atau bunga-bunga. Kamu sekeluarga bisa mendapatkan foto keren di sini sebagai kenang-kenangan.

Grand Puri Waterpark

Di tengah cuaca super panas, salah satu kegiatan yang menyenangkan adalah bermain air. Jika bermain air di pantai terasa kurang aman bagi si kecil, kamu bisa mengajaknya ke taman bermain air Grand Puri Waterpark yag berada di Bantul.

Bagi anak yang sudah usia sekolah, mereka bisa mencoba bermain seluncuran di wahana Water Slide. Sedangkan untuk balita, kamu bisa membawa mereka bermain di kolam bayi yang tidak kalah seru karena dilengkapi dengan ember tumpah dan perosotan kecil. Ingin benar-benar bersantai menikmati kesegaran air, mainlah ke Lazy River di mana kamu bisa duduk di atas pelampung dan mengikuti arus “sungai”.

DeMata & DeArca Museum

Zaman sekarang yang namanya museum tidak lagi membosankan. Misalnya saja di De Mata & DeArca Museum di mana kamu dan anak-anak bisa berfoto sepuasnya. Museum yang satu ini tidak menyimpan koleksi benda bersejarah melainkan kesenian 2D dan 3D yang mampu menciptakan ilusi mata dan foto yang super keren. Di area DeMata, kamu bisa berpose bersama Hulk atau lari dari kejaran buaya! Sedangkan di area DeArca, kamu bisa berpose bersama patung tokoh-tokoh terkenal seperti Steve Jobs, Ratu Elizaeth, hingga Presiden Jokowi.

Desa Wisata Rumah Domes

Kebanyakan anak-anak sudah pasti pernah menonton serial Teletubbies. Dalam serial tersebut ada rumah Teletubbies yang menyerupai dome atau kubah. Kini anak-anak tidak hanya bisa berimajinasi untuk masuk ke dalam rumah tersebut karena mereka bisa merasakannya langsung di Desa Wisata Rumah Domes.

Pada awalnya kawasan ini menjadi lahan bagi puluhan rumah berbentuk domes berwarna putih yang tahan gempa sebagai pengganti rumah penduduk yang rusak berat akibat gempa hebat pada tahun 2006 silam.

Kini kawasan tersebut berubah menjadi desa wisata karena banyak orang yang tertarik mengunjunginya. Rumah-rumah yang tadinya berwarna putih, kini dicat warna-warni sehingga terlihat lebih menarik.

Upside Down World

Berjalan terbalik di langit-langit dapur ternyata bukan hanya rekayasa semata di film layar lebar. Kini kamu bisa merasakan sensasi berjalan terbalik di Upside Down World. Anak-anak pasti akan bersemangat sekali dengan tempat wisata yang satu ini. Bisa-bisa mereka ketagihan untuk membuat foto yang keren dengan ekspresi menggemaskan.

Desa Wisata Brayut

Sumber: Berdesa

Bagi anak-anak yang memiliki energi berlebih, ajaklah mereka ke tempat wisata outdoor yang menyediakan berbagai kegiatan menarik. Di Desa Wisata Brayut, si kecil akan diajari cara menanam padi langsung di sawah atau cara menangkap ikan untuk dimasak. Mereka juga bisa belajar menari dan memainkan gamelan. Hitung-hitung bisa sekalian mempromosikan kebudayaan tradisional juga. Kegiatan yang mengajarkan mereka tentang kehidupan warga di pedesaan juga bisa jadi momen sekeluarga untuk bekerja sama loh.

Cokelat Monggo

Nama Cokelat Monggo rasanya sudah tidak asing lagi di telinga kita. Produsen cokelat lokal ini ternyata membuka kesempatan bagi anak-anak untuk belajar membuat cokelat. Setelah memahami cara membuat cokelat, anak-anak bisa mencicipinya. Pasti si anak akan bersemangat dan senang sekali nih.

Museum Mainan Anak Kolong Tangga

Masih ingatkah kamu permainan apa saja yang sering dimainkan pada masa kanak-kanak dulu? Museum Mainan Anak Kolong Tangga ini tidak hanya sekedar membawamu bernostalgia dengan mainan anak jaman dulu, tapi juga mengajarkan kepada anak-anak bahwa tanpa gadget pun masa kecil bisa terasa bahagia. Mereka pasti akan penasaran deh saat melihat aneka permainan zaman dulu.

Pantai Kuwaru

Menyusuri pantai dengan berjalan kaki rasanya sudah terlalu biasa dan cukup melelahkan, apalagi jika anak selalu minta digendong. Nah, di Pantai Kuwaru ini kamu bisa mengajak anak menyusuri pantai menggunakan ATV mini. Anak senang, orang tua pun tidak kelelahan. Pemandangan pantainya pun begitu indah sehingga sayang untuk dilewatkan.

Baca Juga: Ajak Anak Naik Pesawat Pertama Kali? Jangan Abaikan Tips Ini!

Selamat berlibur bersama anak dan keluarga tercinta!

303

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here