Sumber: knowtechie.com

Di zaman modern seperti sekarang ini kehidupan manusia memang tak bisa dilepaskan dari yang namanya gadget. Bahkan manusia semakin dimanjakan dengan teknologi dan kecanggihannya yang kini bisa dibeli dengan mudah oleh siapa pun juga. Gagdet memang punya manfaat besar untuk manusia. Tak terkecuali jika sedang traveling sekalipun, manusia sangat sulit untuk dipisahkan dengan gadget-gadget mereka. Banyak orang yang menyebut traveling seharusnya cara yang tepat untuk sementara lepas dari kesibukan dan hirup pikuk manusia di sekitar Anda. Karena itulah sebaiknya gadget tidak dibawa atau dimatikan sementara waktu saja. Tapi buktinya, hal itu hanyalah teori saja. Berbagai jenis gadget malah dibawa oleh orang ketika traveling. Tak hanya telpon genggam dan kamera, bahkan tablet hingga laptop pun tak jarang dibawa orang saat traveling ini. Walau mungkin mereka harus menanggung beban yang berat karena membawanya, tak masalah yang penting gadget canggih dan modern ini selalu berada di dekat mereka selama traveling ini.

Namun membawa barang-barang tersebut saat traveling bisa jadi PR atau pekerjaan rumah yang lumayan menyita perhatian. Karena harganya yang lumayan mahal, tak mungkin gagdet-gadget ini dipacking secara sembarangan sebab bisa saja ada tangan usil yang berniat untuk mengambil benda berharga milik para traveller itu. Atau dikarenakan bentuknya yang sangat tipis dan mungkin gampang tergores atau bahkan hancur, maka gagdet tak bisa disatukan dengan barang bawaan Anda saat traveling. Nyatanya setiap traveller punya caranya sendiri-sendiri untuk packing gadget yang akan dibawa saat traveling ini. Prinsip aman jadi hal paling utama yang diperhatikan oleh para traveller ini, saat mengemas barang elektronik mereka itu. Selain itu para traveller ini harus memastikan bahwa gadget mereka itu masih berfungsi dan bisa digunakan, jika sudah sampai ke destinasi traveling nantinya.

Mengingat bentuknya yang “rapuh”, gampang rusak dan harganya yang mahal, barang elektronik memang mendapat perhatian tersendiri saat dipersiapkan atau dipack menjelang traveling. Nah untuk membuat gadget-gadget Anda selalu aman terlindungi saat traveling, tips berikut ini bisa sangat bermanfaat jika dipraktekkan.

Ketahui gadget apa yang paling Anda butuhkan

Manusia tak bisa hidup tanpa telepon genggam mereka saat ini. Selain digunakan untuk keperluan komunikasi, telepon gengam canggih juga bisa dimanfatkan untuk melakukan banyak hal seperti mencari berita, pesan tiket pesawat atau hotel, dan bersosialisasi dengan banyak orang lain. Karena itulah telepon genggam jadi prioritas utama gadget yang harus dibawa saat traveling.

Selanjutnya ada kamera yang bermanfaat untuk mengambil gambar di tempat baru nantinya. Namun untuk sebagian orang kamera konvensional tidak begitu diperlukan untuk dibawa traveling, asalkan telpon genggam sudah memiliki kamera dengan resolusi bagus dan juga jernih. Ada juga laptop yang bisa dipertimbangkan untuk dibawa atau tidak. Untuk yang melakukan business trip, maka mau tak mau laptop dengan data-data penting di dalamnya memang harus dibawa. Namun jika hanya sekedar untuk wisata saja, maka ada baiknya laptop ditinggalkan saja di rumah. Karena itulah ada baiknya Anda mengetahui gadget yang mana yang akan dibawa dan digunakan saat traveling ini. Tak perlu membawa semuanya mengingat kini smartphone yang canggih, sudah memenuhi semua kebutuhan Anda akan gadget itu.

Perhatikan transportasi yang Anda gunakan

Alat transportasi yang digunakan saat traveling juga memiliki pengaruh pada keamanan gadget yang Anda bawa loh. Jika menggunakan kendaraann pribadi misalnya, akan lebih mudah bagi Anda untuk menata tas di dalam mobil untuk menjaganya tetap aman dan bebas benturan. Lalu bagaiman jika Anda berpergian dengan kendaraan umum seperti kereta, bus atau pesawat? Saat naik kendaraan umum, tas berisi gadget harus tetap berada di dekat Anda. Bagi yang naik kereta atau bus, Anda harus waspada saat meletakkan tas di rak yang umumnya ada di atas kursi penumpang. Sebab jika lengah atau Anda ketiduran, bukan tak mungkin ada orang lain yang menggasak tas itu. Selain itu ada juga bandara internasional yang melarang para penumpangnya untuk membawa laptop, sehingga Anda harus tahu aturan sebelum membawa gadget ini ke negara tujuan destinasi traveling.

Masukan gadget dalam tas terpisah yang bisa dibawa kemana saja

Apapun gadget yang Anda bawa, sebaiknya masukkan dalam tas bawaan yang terpisah dengan koper yang akan masuk ke bagasi pesawat atau bis. Handphone, kamera, atau laptop sebaiknya dimasukkan dalam tas ransel yang bisa dibawa ke mana saja. Selain itu, Anda juga wajib untuk membawa tas ini kemana-mana dan tidak meninggalkannya sembarangan. Memasukkan gadget bersama dengan bagasi selain kemungkinan bisa hilang karena ulah oknum tak bertanggung jawab, gadget Anda juga bisa rusak karena benturan atau gesekkan dengan barang-barang lain. Karena itulah barang-barang yang termasuk berharga itu tak boleh terpisah dari tubuh Anda, dan dimasukkan dalam tas yang harus Anda bawa ke mana saja selama traveling ini.

Beli tas khusus untuk gadget

Sumber: aliexpress.com

Selain memisahkan gadget dengan bawaan Anda yang lainnya, ada baiknya pula untuk membeli tas yang dirancang khusus untuk menyimpan gadget ketika dibawa bepergian atau traveling. Tas seperti ini umumnya dibuat dari bahan yang kuat dan cukup tebal, sehingga menjaga gadget yang Anda bawa dari benturan atau goresan. Bentuknya pun terorganisir sehingga Anda bsia menempatkan laptop, tablet, handphone atau kamera pada tempatnya masing-masing. Harganya memang sedikit lebih mahal dibandingkan dengan tas ransel lain pada umumnya. Namun mengingat maksimalnya perlindungan yang ditawarkan oleh tas ini,  ada baiknya Anda menyisihkan sedikit uang untuk bisa membelinya guna dimanfaatkan ketika traveling nanti. Tas semacam ini bisa Anda beli di outlet-outlet mall besar, atau bisa juga membelinya secara online.

Jadikan satu aksesories gadget

Ga ada yang lebih menyebalkan dibandingkan charger laptop atau handphone yang ketinggalan, dan tak terbawa ketika travelling. Apalagi jika Anda traveling ke tempat yang jauh, sehingga tak mungkin untuk kembali lagi ke rumah untuk mengambil charger ini. Mungkin di tempat tujuan Anda bisa membeli charger laptop atau handphone baru, namun sama artinya Anda mengeluarkan sejumlah uang lebih dari anggaran traveling. Tak hanya charger laptop dan handphone, aksesoris lain seperti coolpad, tongsis, headphone atau earphone sebaiknya dijadikan satu secara terorganisir dan dimasukan bersama dengan gadget lainnya.

Cegah kabel kusut dengan cara ini

Kabel-kabel penting sebagai bagian aksesoris dari gadget tersebut, kadangkala bisa kusut ketika dimasukkan ke dalam tas Anda. Hal menyebalkan ini bisa dihindari jika Anda menggunakan sejenis kawat kecil atau coil yang bisa digunakan untuk mengikat kabel perbagian. Ambil koil sepanjang 3 hingga 5 cm, potong lalu gunakan untuk mengikat bagian kabel-kabel gadget Anda, sesuaikan panjang coil dengan tebal kabel gagdet yang akan digulung. Anda juga bisa menggunakan tali atau  karet, untuk mengikat kabel ini menjadi satu dan mencegahnya supaya tidak kusut. Dengan cara ini kabel-kabel yang dibawa untuk gadget tidak akan kusut, dan Anda bisa menggunakannya dengan cepat jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Perlindungan ganda dengan bubble wrap

Mungkin hingga saat ini ada di antara Anda yang masih suka bermain dengan bubble wrap atau plastik gelembung. Ya, untuk kebanyakan orang, plastik gelembung yang akan meletus jika dipencet memang terasa sangat menggemaskan untuk dimainkan. Namun tahukah Anda bahwa bubble wrap ini bisa sangat bermanfaat untuk melindungi gadget Anda ketika dibawa traveling? Dengan permukaannya yang menggelembung, bubble wrap memang sangat efektif digunakan untuk melindungi gadget dari benturan atau goresan. Anda bisa membungkus laptop, kamera atau tablet dengan bubble wrap ini sebelum dimasukkan ke tas pelindung yang akan dibawa traveling. Dengan cara ini maka gadget Anda mendapat perlindungan ganda saat traveling. Bubble wrap ini bisa dibeli di toko-toko plastik langganan, Anda juga bisa memesannya secara online.

Gunakan packing cube atau bags organizer

Kaum pria mungkin kurang familiar dengan bags organizer, namun tidak dengan para wanita. Mereka bisanya menggunakan bags organizer ini untuk tempat make up, kosmetik atau pakaian dalam saat traveling. Ternyata bags organizer atau packing cube ini bisa digunakan sebagai perlindungan untuk gadget ketika traveling loh. Benda ini lumayan kecil dengan ukuran yang bervariasi, dan dilengkapi dengan risleting untuk pengamanya. Anda bisa memasukkan gadget atau juga kabel dan aksesoris lain dalam bags organizer atau packing tube ini, sebelum dimasukkan ke dalam tas dan dibawa traveling.

Awas maling!

Saat traveling, Anda tak boleh sembarangan meninggalkan tas berisi peralatan elektronik ini di sembarang tempat atau menitipkannya pada orang tak dikenal. Jika Anda ingin ke toilet dan khawatir tas menjadi basah, tas bisa dititipkan sementara waktu pada petugas keamanan. Atau jika Anda ingin berwisata ke suatu tempat tertentu, barang elektronik seperti laptop dan tablet bisa ditinggalkan di lemari di kamar hotel yang terkunci rapat.

Untuk pocket kamera dan handphone, sebaiknya tidak dimasukkan ke dalam kantong celana karena mungkin saja ada copet yang mengincar gadget Anda itu. Kamera bisa digantungkan di leher, atau dimasukkan ke dalam tas traveling kecil bersama dengan handphone Anda. Selain itu saat berada di tempat ramai, posisikan ransel tempat gadget ini berada di depan dan bukan dibelakang sebagaimana mestinya. Dengan cara ini, copet akan berpikir dua kali untuk mengambil barang Anda itu.

Mau foto di bawah air? Begini caranya

Sumber: aliexpress.com

Saat traveling dan mengunjungi suatu tempat tertentu, terkadang cuaca jadi tak bisa berubah sewaktu-waktu dan mendadak hujan turun dengan derasnya. Karena itulah Anda harus mempersiapkan pelindung anti air, untuk gadget yang dibawa traveling itu. Kini pelindung anti air ini banyak dijual bebas di online shop terutama case untuk melindungi smartphone. Sebagaimana diketahui saat ini sedang trend selfie di bawah air. Jika Anda ingin mengikuti trend ini, maka dibutuhkan pelindung yang water proof  untuk menjaga ponsel Anda selau kering dan tidak kena air. Benda mirip kantung kecil ini bisa Anda gunakan jika ingin mengambil selfie di bawah air. Namun selain itu, Anda juga bisa menggunakan pelindung water proof ini untuk menjaga gadget dalam keadaan kering, jika sewaktu-waktu hujan turun ketika Anda sedang asyik traveling.

1447

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here