Sumber: airtreks.com

Setiap orang pasti mendambakkan untuk bisa traveling dengan angota keluarga. Melakukan perjalanan bersama dengan keluarga memang seru dan menyenangkan. Aktivitas seperti ini juga bisa mengeratkan bonding atau ikatan antara anggota keluarga. Apalagi jika selama ini Anda dan pasangan sama-sama sibuk dengan aktivitas sehari-hari, maka saat traveling ini Anda bisa menikmati waktu berdua bersama dengan buah hati tercinta. Traveling bersama keluarga pun tidak perlu jauh-jauh.

Jalan-jalan ke luar kota sembari liburan bisa jadi alternatif pilihan traveling bersama keluarga yang menyenangkan. Namun selain itu, Anda pun bisa mengajak keluarga untuk jalan-jalan ke luar negeri untuk memberikan sensasi traveling yang seru dan tak terlupakan. Yang mana Anda pilih, yang paling penting adalah esensi traveling keluarga itu sendiri di mana kita bisa menikmati waktu yang berkualitas bersama dengan orang-orang kesayangannya.

Beda dengan solo traveling, traveling bersama dengan keluarga memang perlu persiapan yang cukup matang. Tak cukup hanya sekedar berencana, budget yang disipakan pun tidaklah sedikit. Ini tergantung dari jumlah angota keluarga yang akan dibawa. Semakin banyak angota keluarga yang diajak traveling, maka semakin besar pula biaya yang harus dipersiapkan. Selain itu, tentu saja lebih ribet dibandingkan jika Anda traveling seorang diri atau bersama pasangan saja. Namun semua hal itu sebanding dengan keseruan dan kebahagian yang akan Anda rasakan saat traveling dengan seluruh angota keluarga ini. Nah jika Anda punya rencana traveling bersama dengan angota keluarga dalam waktu dekat ini, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membuat traveling bersama dengan keluarga semakin berkesan dan juga menyenagkan. Apa sajakah itu?

Booking hotel sebelumnya

Umumnya orang akan melakukan traveling bersama keluarga jika musim liburan sudah tiba. Sayangnya bukan cuma Anda dan keluarga yang ingin traveling saat liburan ini. Keluarga lain pun akan melakukan hal yang sama dengan Anda. Akibatnya, kamar hotelpun sudah penuh terisi dengan keluarga yang ingin menginap. Karena itulah ada baiknya Anda untuk booking kamar hotel jauh-jauh hari sebelum keberangkatan bersama dengan seluruh anggota keluarga.

Jangan seperti saat traveling solo dulu ketika Anda bisa secara mendadak pesan kamar hotel dan bila tak dapat tempat menginap pun Anda bebas tidur di mana saja. Namun saat bersama dengan anak dan pasangan, Anda harus memastikan mereka segera mendapat tampat yang layak untuk beristirahat setelah menempuh perjalanan yang cukup jauh. Hal ini berlaku pula ketika Anda memesan tiket pesawat untuk traveling bersama dengan keluarga. Untuk menghindari kehabisan tiket, Anda tentu bisa membelinya beberapa hari sebelum rencana traveling terlaksana. Oh ya sebagai pertimbangan lain, sebaiknya pilih hotel atau tempat menginap yang dekat dengan area wisata di mana Anda bisa dengan mudah membawa keluarga menuju kesana.

Jika memungkinkan, pilihlah kamar suite saja

Sumber: hilton.com

Jika dana Anda mencukupi, ada baiknya untuk memilih kamar suite daripada kamar hotel pada umumnya. Anda boleh menyewa kamar hotel dengan double bed saat traveling bersama dengan keluarga. Namun tentu saja waktu istirahat akan menjadi kurang maksimal. Karena itu pilihlah kamar suite yang menyediakan beberapa kamar yang bisa ditempati oleh angota keluarga secara terpisah, namun masih berada dalam satu area yang sama. Mengapa kamar suite lebih disarankan daripada kamar hotel biasa? Ini karena saat traveling, waktu istirahat dan tidur adalah salah satu kunci untuk membuat perjalanan dan liburan menjadi menyenangkan. Anda tentu tahu bahwa anak-anak biasanya akan rewel ketika mereka tidak cukup tidur. Bahkan sebagai orang dewasa, Anda sendiri akan lesu dan tak bertenaga saat mengalami kurang tidur ini. Otomatis hal ini akan menganggu aktivitas traveling bersama dengan angota keluarga lainnya.

Daripada bawa banyak barang, lebih baik menyewa saja

Seperti disebutkan di atas, saat traveling bersama dengan keluarga artinya ada banyak sekali barang yang harus dipacking. Apalagi jika anak-anak Anda masih balita, maka lebih banyak lagi hal yang harus dipertimbangkan untuk dibawa atau ditinggalkan. Tentu saja dengan membawa banyak barang, otomatis kendaraan Anda akan jadi penuh sesak dan tak nyaman. Atau jika Anda bepergian dengan menggunakan pesawat, maka siap-siap saja untuk membayar biaya cargo dan bagasi yang lumayan besar.

Karena itulah pertimbangkan untuk menyewa saja beberapa perlengkapan yang mungkin terlalu besar untuk dibawa. Salah satunya adalah stroller. Untuk Anda yang punya anak balita, stroller memang cukup bermanfaat untuk membawa anak-anak dengan nyaman dan tak perlu capek menggendong mereka. Tapi karena bentuknya yang cukup besar, maka membawa stroler bisa sangat merepotkan. Karena itu cari tahu apakah sekitar destinasi traveling Anda menyewakan alat atau perlengkapan lain seperti sepeda, kursi bayi, dan lain sebagainya. Dengan begitu Anda bisa untuk menghindari membawa banyak barang yang berat, dan juga memakan biaya yang tak sedikit itu. Namun jika tempat yang Anda datangi saat traveling bersama dengan kelaurga ini tidak memiliki jalan yang rata atau area pegunungan dan pantai, mau tak mau menggendong buah hati harus dilakukan karena tak mungkin stroller bisa digunakan di tempat seperti ini

Lindungi keluarga Anda dengan asuransi

Apa saja bisa terjadi saat Anda traveling bersama dengan keluarga ini. Mulai dari hal-hal seru dan menyenangkan, hingga yang tak terduga yang mungkin akan mengagetkan Anda. Karena itulah untuk melindungi keluarga, ada baiknya Anda memiliki asuransi perjalanan yang sesuai dan pastinya bisa digunakan dalam keadaan darurat. Mungkin saat solo travellig, Anda cuek dan tak peduli dengan asuransi jenis ini. Namun ingatlah kini Anda bepergian bersama dengan keluarga terutama buah hati yang masih kecil-kecil. Karena itulah untuk memastikan kondisi mereka aman dan terus terlindungi, maka asuransi perjalanan mutlak jadi pertimbangan utama sebelum Anda memutuskan untuk melakukan traveling bersama dengan seluruh anggota keluarga ini. Pilihlah asuransi yang fleksibel dan bisa digunakan di mana saja dan juga kapan saja. Pertimbangkan pula tanggungan pengobatan untuk anak, jika mereka mendadak sakit selama traveling ini. Asuransi perjalanan mungkin memakan banyak biaya, tapi paling tidak Anda terlindungi dan terjamin keselamatanya.

Selain smartphone, tablet juga bisa dibawa

Salah satu hal yang bisa membuat anak-anak tenang dan nyaman selama traveling adalah dengan menonton film kartun kesukaan mereka. Karena itulah ada baiknya sebelum berangkat traveling, Anda telah mempersiapkan beberapa seri film kartun di tablet yang bisa dibawa kemana saja. Saat menunggu pesawat delay, saat sedang dalam perjalanan atau ketika di kamar hotel; anak-anak akan tenang menonton film kartun kesukaan di tablet yang dibawa ini. Tentu saja dengan cara ini, anak-anak akan jadi lebih tenang dan tidak rewel lagi. Selain film kartun, Anda juga bisa mengisi tablet dengan berbagai game atau permainan menyenangkan yang disukai oleh anak-anak. Sama seperti film kartun, anak-anak akan asyik bermain game sembari menunggu delay pesawat atau menanti bus diberangkatkan.

Pilih destinasi travel secara bijak

Beda dengan solo traveling ketika Anda bisa jalan kemana saja sesuka hati, sekarang Anda wajib untuk memilih destinasi yang tepat jika ingin melakukan perjalanan bersama dengan seluruh anggota keluarga. Anda tentu tak ingin bukan mengjak keluarga ke tempat yang ekstrim dan tak bersahabat untuk anak-anak? Atau karena Anda ingin memanjakan buah hati, destinasi travel yang dipilih semuanya adalah taman hiburan anak, sehingga sebagai orang dewasa Anda dan pasangan malah lupa untuk ikut bersenang-senang. Karena itu sebaiknya rencanakan destinasi traveling di mana ada tempat untuk anak bermain, tapi ada juga hiburan untuk orang dewasanya. Selain itu, suhu dan iklim tempat tujuan traveling juga perlu untuk diperhatikan. Mengingat anak-anak sangat rentan sakit dan sensitif terhadap perubahan suhu, sebaiknya bekali mereka dengan baju yang tepat sebelum Anda memutuskan untuk traveling ke suatu tempat tertentu.

Traveling sambil belajar itu lebih baik

Sumber: backpackingbella.com

Pengalaman adalah guru yang paling berharga. Ungkapan ini agaknya tepat sebagai konsep dari traveling Anda bersama dengan keluarga. Ketika traveling inilah saat yang tepat untuk memberikan edukasi yang ringan dan menyenangkan. Misalnya dengan mengajak anak ke laut, maka Anda bisa mengenalkan bentang alam dan keindahan sedari dini. Atau bisa berpergian menggunakan kereta api, Anda juga bisa mengajarkan anak untuk mengenali alat transportasi yang satu ini.

Sebagai orang tua, Anda wajib memiliki informasi dan pengetahuan yang cukup untuk menjelaskan pada anak-anak tentang manfaat traveling mereka kali ini. Apalagi anak-anak memang mahluk yang masih suka kepo dan bertanya mengenai hal yang baru dilihatnya, maka sebagai orang tua Anda wajib dengan bijak menjawab pertanyaan mereka sekaligus menyampaikan pengetahuan yang bermanfaat.

Jangan egois

Traveling bersama dengan keluarga sama artinya Anda harus siap untuk menghadapi semua konflik yang mungkin muncul. Anak balita yang mendadak rewel dan menangis sejadi-jadinya karena kelelahan, pasangan yang tak mau tahu kerepotan Anda, atau anak remaja yang ngembek karena orang tua tak mau menuruti keinginanya bisa terjadi saat traveling bersama dengan keluarga ini. Jika Anda egosi dan emosional, siap-siap saja traveling bersama keluarga ini berakhir sebelum waktunya. Karena itulah saat seperti ini Anda harus banyak belajar sabar dan memahami anggota keluarga masing-masing. Jika Anda ikutan marah dan kehilangan kontrol, maka traveling menjadi tidak menyenangkan lagi. Karena itu siapkan mental dan emosional Anda, sebelum memutuskan untuk traveling bersama dengan seluruh Angota ini.

Siapkan waktu yang panjang dan fleksibel

Luangkanlah waktu yang cukup banyak saat traveling. Mengingat Anda akan menghabiskan waktu bersama dengan seluruh keluarga, waktu yang tepat dan lumayan panjang sangat dibutuhkan. Apalagi jika Anda memutuskan traveling dengan anak-anak yang masih kecil, maka waktu yang panjang dan fleksible mutlak Anda persiapkan. Jangan terlalu memaksakan diri untuk traveling ke tempat yang jauh bersama dengan anak-anak dan kelaurga lain, jika Anda hanya diberi jatah liburan dua atau tiga hari saja. Selain akan merepotkan diri Anda sendiri, maka perjalanan yang memakan waktu lama akan membuat Anda sekeluarga kelelahan. Cukup traveling ke luar kota terdekat, jika Anda tak mendapat waktu liburan yang cukup panjang.

316

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here