Bagaimana tips untuk liburan murah dan on budget? Setiap orang pasti mempunyai keinginan untuk bepergian atau travelling. Tapi biasanya keinginan tersebut hilang oleh karena mahalnya biaya. Apakah Anda salah satu orang yang demikian? Anda tidak perlu khawatir, karena ada beberapa tips untuk liburan murah dan masih on budget bagi Anda yang ingin bepergian keluar kota atau bahkan ke luar negeri. Mari kita lihat bersama-sama.

Liburan tidak selamanya mahal dan mengeluarkan budget yang besar. Waktu liburan Anda dapat Anda habiskan dengan menyenangkan bahkan dengan budget yang dapat Anda atur sendiri. Simak beberapa tips berikut ini yang dapat menolong Anda dalam mengatur liburan Anda yang menyenangkan dengan budget minimum yang mencengangkan.

1. Liburan Saat Low Season

Yang dimaksud liburan saat Low Season adalah liburan saat tidak musim liburan. Karena biasanya liburan saat musim liburan harga akomodasi seperti tiket transportasi, restaurant dan juga penginapan cenderung lebih mahal. Bahkan biasanya naik higga 80-100 persen. Jadi jika kalian pergi saat Low Season pastinya akan lebih murah dan lebih banyak promo yang akan anda dapat.

2. Jangan Menginap di Hotel Berbintang

Anda tentu sudah tahu, kalau menginap di hotel membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Hal ini akan membuat pengeluaran Anda semakin meningkat. Untuk menyiasatinya, Anda bisa mencari tempat penginapan yang layak untuk ditinggali atau mencari rumah setempat yang bisa menyewakan kamar. Cara untuk mencari penginapan atau rumah seperti demikian di tempat wisata juga sudah semakin mudah, salah satunya lewat media online dengan memanfaatkan situs tertentu.

Cukup dengan mendaftar di situs itu, Anda dapat menemukan penginapan atau rumah dengan membayar sejumlah biaya. Hebatnya, biaya yang dikeluarkan bisa lebih murah daripada hotel, dan ini bisa menjadi solusi agar liburan Anda menjadi lebih murah.

3. Carilah Teman Perjalanan yang Banyak

Jika Anda ingin berlibur dengan biaya yang lebih murah, maka berliburlah bersama teman-teman Anda. Anda dapat menghemat biaya penginapannya karena Anda dapat memilih kamar untuk kapasitas orang lebih banyak.

Anda juga bisa mendapatkan paket rombongan di tempat wisata, sehingga menghemat pengeluaran Anda. Meskipun begitu, cara ini dianggap kurang cocok jika Anda ingin liburan sendiri atau hanya dengan orang terdekat.

4. Gunakanan Jalur Darat bila Memungkinkan

Jika Anda bepergian dari satu kota ke kota lainnya yang dapat ditempuh melalui jalur darat, maka jauh lebih murah jika Anda menempuhnya dengan melalui jalur darat. Memang perjalanan Anda akan memakan waktu lebih lama, tetapi biaya yang Anda keluarkan bisa jauh lebih murah. Anda sebenarnya juga dapat menggunakan kesempatan ini untuk beristirahat sambil menikmati perjalanan anda.

5. Makan di Restoran Lokal

Ketika berkunjung ke tempat rekreasi, satu hal yang mesti diperhatikan adalah biaya makan. Hindari untuk makan di restoran mewah. Dan jika Anda makan di rumah makan di tempat wisata tersebut, harganya selalu lebih mahal dari makanan yang dijual di luar tempat wisata.

Oleh karena itu, untuk menyiasatinya, Anda bisa makan di daerah sekitar tempat wisata, seperti jajanan tradisional atau warung makan yang lebih murah. Tetapi jangan terlalu menghemat juga untuk mempelajari kekayaan kuliner di tempat wisata tujuan Anda, karena itu akan menambah wawasan pengetahuan Anda.

6. Jangan Lapar Mata

Ingin membeli oleh-oleh untuk orang-orang tercinta? Sah-sah saja meskipun budget-mu terbatas, asalkan jangan sampai ‘lapar mata’ alias impulsif, ya! Tetap pertimbangkan harga oleh-oleh yang ingin dibeli sehingga isi dompet kalian tidak terkuras begitu saja.

Belilah oleh-oleh langsung di pusat oleh-oleh, bukan di mall karena harganya pasti lebih mahal. Kalau diperbolehkan menawar, ya tawarlah agar pengeluaran anda semakin berkurang. Tapi ingat, menawarnya harus wajar dan pakai hati.

7. Bersikap seperti Orang Lokal

 

 

 

Saat traveling ke negeri orang, cobalah bersikap seperti orang lokal. Anda gak perlu menunjukkan kalau anda wisatawan karena hal ini terkadang merugikan. Misalnya saja saat berbelanja, harga barang yang ditawarkan untukmu jauh lebih mahal daripada yang ditawarkan ke orang-orang lokal. Begitu juga dengan biaya transportasi.

Sebaiknya lakukan riset untuk mengetahui gaya hidup masyarakat lokal agar anda bisa segera menyesuaikan diri sesampainya di sana.

8. Mengunjungi Tempat Wisata Gratis

Saat berwisata ada baiknya untuk mengunjungi tempat wisata yang gratis, anda tidak harus selalu mengeluarkan uang untuk mengunjungi lokasi wisata terkenal, lho. Kalau budget anda emang terbatas, kamu bisa bikin itinerary untuk nge-list objek wisata gratis.

Contohnya berkunjung ke museum dan galeri gratis. Selain museum dan galeri yang gratis, anda juga bisa berkunjung ke taman-taman dan ruang terbuka publik yang cantik.

 

610

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here