Sumber: Liputan Islam

Menjelang perayaan Idul Fitri, hampir semua masyarakat Indonesia akan pulang kampung, terutama mereka yang merantau ke ibu kota. Karena banyak yang melakukan mudik, kamu pun tidak bisa mempersiapkan kebutuhan mudik dalam waktu mepet.

Khususnya untuk kamu yang akan mudik menggunakan transportasi umum, pastikan sudah memegang tiket dari jauh hari agar tidak kehabisan. Misalnya saja tiket kereta api sudah bisa dipesan sejak 90 hari sebelum keberangkatan. Sedangkan kamu yang menggunakan mobil pribadi pun sudah harus mulai mengecek kondisi kendaraan agar bisa menyicil memperbaiki bagian yang rusak.

Lebih jelasnya lagi, mari kita simak tips mudik untuk masing-masing transportasi berikut ini!

Mobil pribadi

Sumber: Otomotif Kompas

Bagi kamu yang pergi mudik bersama seluruh anggota keluarga, memang lebih murah dan nyaman jika menggunakan mobil pribadi. Hal pertama yang harus kamu persiapkan adalah mengecek kondisi mobil yang akan digunakan. Menggunakan mobil untuk perjalanan jarak jauh akan menggempur tenaga mobil itu sendiri.

Bawalah mobil ke bengkel terdekat untuk pemeriksaan mesin secara menyeluruh, mengganti ban yang sudah gundul, menyiapkan ban cadangan, membersihkan AC, hingga menambahkan rak khusus di atas atau belakang mobil jika barang bawaanmu cukup banyak. Mobil yang sehat akan membawa kalian ke tempat tujuan dengan selamat dan nyaman.

Untuk urusan bahan bakar, bawalah uang tunai secukupnya agar transaksi berjalan lebih cepat. Bila perlu, sediakan juga uang kecil agar bisa membayar dengan uang pas. Pom bensin di sejumlah rest area akan dipenuhi oleh mobil-mobil lain. Untuk berjaga-jaga, bawalah bahan bakar di dalam jerigen khusus. Sewaktu-waktu kamu sudah kehabisan bahan bakar di tengah kemacetan atau malas mengantri panjang di pom bensin, kamu bisa menggunakan bahan bakar cadangan tersebut.

Yang namanya mudik, sejumlah jalanan pasti akan menjadi macet berjam-jam. Jika kamu terjebak di tengah jalan, akan sangat sulit menemukan penjual makanan. Agar kamu tetap berenergi dan tidak jatuh sakit, selalu bawa bekal dari rumah. Sediakan juga aneka camilan untuk mengusir bosan selama perjalanan. Manfaatkan juga smartphone-mu sebagai GPS untuk mencari jalan alternatif yang tidak terlalu macet. Jangan lupakan powerbank agar kamu bisa menggunakan smartphone sepanjang waktu.

Duduk di mobil terlalu lama akan membuat kamu bosan dan pegal. Bawalah bantal, buku, MP3 player, dan lainnya. Kamu juga harus menepi untuk beristirahat, terutama untuk para pengemudi. Tidurlah selama beberapa jam sebelum kembali menyetir. Ingat, utamakan keselamatan ya!

Kereta api

Tiket kereta api sudah bisa dipesan 90 hari menjelang keberangkatan. Agar tidak kehabisan, kamu harus rajin hunting tiket lewat situs online. Siapkan jaringan internet yang cepat, ID penumpang, dan sejumlah metode pembayaran seperti kartu kredit atau e-banking.

Pergi mudik menggunakan kereta api memang bebas macet, tapi tetap saja akan memakan waktu yang cukup lama. Agar tidak bosan, bawalah benda penyelamat seperti buku, bantal, camilan, MP3 player, dan mainan.

Gunakanlah pakaian yang nyaman sehingga kamu lebih mudah bergerak. Kaos oblong dan celana katun adalah pakaian yang terbaik. Kamu bisa menambahkan jaket untuk menghalau udara dingin di dalam kereta api.

Berhubung akan ada banyak orang di dalam kereta api, kamu harus selalu waspada. Tandai semua tasmu, bila perlu gunakan gembok kecil. Barang-barang berharga sebaiknya kamu letakkan dalam tas kecil yang bisa dibawa ke mana-mana untuk memudahkan pengawasan. Jika ingin tidur, sebaiknya bergantian dengan teman seperjalanan untuk mengawasi tas. Hindari juga pemakaian perhiasan berlebihan karena akan memancing tindak kejahatan.

Pesawat

Sumber: Tribun Travel

Sama halnya dengan tiket kereta api, tiket pesawat pun sudah dijual dari jauh-jauh hari. Manfaatkan aneka promo untuk menghemat dana beli tiket pesawat. Saat melakukan pemesanan, cek kembali apakah sudah termasuk dengan bagasi. Jika belum, belilah bagasi sesuai dengan kebutuhanmu. Jika membeli bagasi tambahan terlalu mahal untukmu, cobalah mengirim barang-barangmu menggunakan jasa pengiriman barang.

Pada hari keberangkatan, datanglah ke bandara lebih awal. Hal ini untuk menghindari kemacetan di jalan tol serta antrian di check in counter. Kalau kamu telat untuk boarding, pasti akan sulit untuk mencari penerbangan berikutnya berhubung ada banyak orang yang mau mudik. Jangan lupa untuk melakukan check in online dan membawa dokumen terkait seperti KTP serta boarding pass.

Baca Juga: Tidur Nyaman dan Bebas Gangguan di Kereta Api? Bisa Kok!

Perjalanan menggunakan pesawat menuju kota-kota di Indonesia tidak membutuhkan waktu yang begitu lama. Kamu bisa tidur atau bermain game untuk mengusir kebosanan. Tapi tidak ada salahnya juga untuk membawa bantal leher atau camilan, apalagi jika kamu membawa anak kecil. Pastikan barang-barang tersebut tidak membuatmu kerepotan ketika harus naik atau turun pesawat.

Demikian tips untuk mudik dari kami. Tahun ini kamuu akan mudik menggunakan transportasi apa nih?

595

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here