Sumber: cheapoair.com

Banyak orang yang beranggapan solo traveling itu lebih beresiko dibandingkan traveling bersama dengan sahabat, keluarga atau tergabung dalam suatu kelompok tertentu. Anggapan ini tak sepenuhnya salah sebab menjelajah atau datang ke suatu tempat yang masih baru dan asing secara sendirian, memang memiliki banyak resiko yang perlu untuk dipertimbangkan. Salah satu hal yang membuat orang ragu untuk melakukan solo traveling adalah faktor keamanan.

Memang di mana pun kita berada baik sedang traveling atau tidak, maka faktor keamanan harus menjadi hal pertama yang perlu untuk diprioritaskan. Orang beranggapan saat traveling seorang diri, solo traveler harus menghadapi segala resikonya sendirian. Mulai dari kemungkinan menjadi korban kejahatan, kehilangan barang berharga atau bahkan mungkin kehabisan uang di perjalanan. Jika ada orang yang menemani traveling, semua kendala tersebut paling tidak bisa diatasi bersama. Sedangkan ketika solo traveling, mau tak mau semua itu harus dihadapi sendiri oleh solo traveler ini.

Namun di situlah sebenarnya letak keunikan solo traveling ini berada. Saat kita traveling seorang diri, maka ketangguhan sebagai seorang traveler atau manusia itu diuji. Kita akan belajar bagaimana caranya bertahan hidup di jalanan, mengatur keuangan untuk bisa cukup dipakai selama traveling, mendapat teman baru senasib seperjalanan, sekaligus belajar bahwa tak semua orang yang ditemui di jalan itu bisa dipercaya. Selain itu banyak hal-hal menarik dan unik yang akan Anda temukan ketika mencoba konsep solo traveling ini. Meskipun terdengar tak semengerikan yang orang bayangkan, namun solo traveling memang perlu persiapan yang sangat matang. Tentu saja ini untuk meminimalisir kerugian yang mungkin akan dihadapi solo traveler jika ia berpergian seorang diri.

Solo traveling juga punya banyak manfaat diantaranya banyak orang yang bisa menemukan dirinya sendiri ketika sedang traveling. Jika Anda masih ragu untuk traveling seorang diri, beberapa alasan berikut mungkin bisa jadi pertimbangan bagi Anda untuk mencoba solo traveler dan menjelajah ke tempat-tempat yang masih baru sendirian.

Anda akan lebih fokus pada tempat tujuan

Saat melakukan perjalanan seorang diri, Anda akan lebih fokus pada destinasi traveling. Traveling bersama dengan teman atau sahabat memang sangat menyenangkan, namun tentu saja setiap orang punya agenda yang berbeda-beda ketika sudah sampai di tempat tujuan. Bahkan ketika masih di jalan pun, perbedaan pendapat bukan tak mungkin terjadi diantara mereka yang melakukan perjalanan bersama-sama.

Namun saat Anda berpergian seorang diri, maka tujuan Anda akan lebih terfokus pada destinasi traveling nantinya. Anda tak perlu memikirkan harus mampir ke mana untuk membeli apa atau melakukan suatu hal tertentu. Saat pergi sendiri, maka Anda bisa langsung menuju ke tempat tujuan tanpa perlu menyesuaikan pendapat dengan orang. Dengan cara ini, waktu traveling akan lebih efektif dan membuat Anda bebas untuk menentukan kegiatan apa yang akan dilakukan ketika sudah sampai di tempat tujuan.

Anda akan lebih punya kesempatan berbaur dengan penduduk sekitar

Sumber: intrepidtravel.com

Salah satu hal yang bisa dilakukan ketika traveling ke tempat yang baru adalah berbaur dengan penduduk lokal. Mengikuti prinsip “di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung”, maka di mana pun Anda berada, sikap untuk menjaga norma sopan santun dan bersosialisasi dengan penduduk sekitar mutlak diperlukan. Selain sebagai salah satu bentuk norma kemasyarakatan, banyak keuntungan yang bisa Anda dapat saat berbaur dengan penduduk lokal.

Salah satunya adalah mengetahui tempat-tempat yang unik dan belum begitu dikenal banyak orang, mengetahui resto atau penginapan murah meriah, hingga mendapat perlindungan dari penduduk lokal jika keselamatan Anda terancam. Nah saat sedang traveling seorang diri inilah Anda punya lebih banyak kesempatan untuk berbaur dengan orang asing. Anda tak perlu malu untuk menyapa dan berinteraksi dengan penduduk lokal, asalkan sopan dan tidak sembarangan. Bebeda ketika Anda  traveling bersama teman, maka bukan tak mungkin Anda akan terfokus pada partner perjalanan Anda ini. Anda akan lebih banyak menghabiskan waktu ngobrol dengan sahabat, alih-alih berbaur dengan penduduk lokal selama traveling ini.

Anda bisa lebih fleksible

Saat traveling seorang diri, semua rencana yang telah disusun tak harus Anda jalani keseluruhannya. Anda bisa lebih fleksible mau menjalani atau meninggalkan rencana yang telah dibuat sebelumnya. Saat menjelang traveling, memang ada beberapa hal yang telah Anda rencanakan. Meskipun begitu, semua rencana yang Anda susun tersebut tak harus dijalani kok ketika traveling seorang diri.

Anda bisa memilih mana yang diprioritaskan dan mana yang tak perlu untuk dilakukan. Berbeda jika Anda traveling bersama teman atau dalam suatu kelompok. Setiap orang punya rencana masing-masing yang pastinya ingin terlaksana semuanya. Tentu saja mau tak mau, Anda menyesuaikan diri dengan rencana teman seperjalanan Anda ini. Karena itulah traveling bersama memang rawan terjadi konflik, karena tak jarang tiap orang punya rencana dan pendapat masing-masing yang ingin terlaksana saat itu juga.

Bisa merubah rencana sewaktu-waktu sesuka Anda

Traveling seorang diri berarti Anda punya kebebasan untuk merubah rencana sewaktu-waktu sesuka Anda. Merencanakan sesuatu dengan matang sebelum traveling, memang menjadi salah satu hal yang perlu untuk dilakukan. Namun seperti point tersebut diatas, tak semua rencana harus dilakukan dan terlaksana.

Sewaktu-waktu, Anda bisa bebas merubah rencana sesuai keinginan dan kondisi yang terjadi saat ini. Hal ini tentu tak bisa dilakukan ketika Anda traveling bersama dengan banyak orang. Karena setiap orang punya rencana sendiri-sendiri, maka menyatukan tiap orang akan lumayan sulit dan tak mungkin bisa memicu yang namanya konflik. Karena itulah ketika melakukan solo traveling, Anda punya kuasa sendiri pada rencana yang bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan keinginan Anda.

Mental Anda akan jadi lebih sehat

Banyak travel blogger yang menyarankan mereka yang mengalami masalah kesehatan mental, untuk melakukan traveling seorang diri. Saat ini di zaman yang serba cepat dan modern ini banyak orang yang mengalami stress lantaran kesibukan atau masalah pribadi yang mereka hadapi. Tekanan dalam pekerjaan dan kehidupan sehari-hari, memicu orang untuk mengalami tekanan mental dan bahkan juga depresi.

Nah salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi semua masalah mental itu dengan traveling seorang diri. Mengapa begitu? Ketika traveling, Anda akan berkunjung ke tempat yang baru, melihat dan berinteraksi dengan orang asing yang belum pernah dikenal sebelumnya, menikmati keindahan alam dan menjadi diri Anda sendiri tanpa ada orang yang akan menghakimi. Anda akan menjadi lebih aktif dan kreatif karena melakukan segalanya seorang diri, sehingga mau tak mau menempa mental Anda untuk semakin tangguh dan juga kuat. Karena itulah ketika Anda mulai lelah dan ingin lepas dari penatnya kehidupan sehari-hari, maka tak  ada salahnya untuk sekali saja mencoba yang namanya solo traveling ini.

Anda akan lebih percaya diri dan kreatif

Bagi yang ingin menempa rasa percaya diri, maka cobalah konsep solo traveling ini. Melakuakn traveling solo akan membantu untuk membuat Anda menjadi lebih percaya diri terhadap segala keputusan dan tindakan yang Anda ambil. Anda yang baisanya introvert dan pemalu, maka mau tak mau akan lebih banyak berinteraksi dengan orang lain saat traveling seorang diri ini. Tak bisa dipungkiri saat pertama kali melakukan traveling seorang diri, maka rasa takut cemas dan khawatir akan Anda alami.

Namun justru semua hal tersebut akan mematik rasa percaya diri di hati Anda. Mengetahui kemana harus berjalan, penginapan yang harus ditinggali atau berinterkasi dengan orang yang baru akan menimbulkan perasaan percaya pada diri sendiri dan juga kreativitas yang ada dalam diri Anda. Selain itu insting sebagai manusia untuk bertahan hidup dan berjuang ketika traveling seorang diri ini akan membuat Anda semakin kreatif dan juga aktif.

Anda akan semakin berani dan mandiri

Tak perlu dipungkiri, traveling seorang diri membutuhkan keberanian yang sangat besar sekali. Melakukan perjalanan ke tempat yang sama sekali baru, asing, dan juga jauh adalah suatu aktivitas yang tak semua orang mampu atau berani melakukannya. Apalagi jika melakukannya seorang diri. Karena itulah sosok solo traveler selalu dianggap sebagai orang yang tak hanya nekat, tapi juga sangat berani sekali. Bagaimana tidak, Anda akan melakukan perjalanan sendiri di tempat yang mungkin jauh hanya seorang diri saja tanpa ada teman yang mendampingi.

Keberanian saat traveling seorang diri ini juga akan membuat Anda menjadi orang yang sangat mandiri. Jika selama ini Anda mengandalkan pembantu, teman atau orang tua untuk mengurus segala kebutuhan Anda sehari-hari, maka saat solo traveling Anda harus melakukan segalanya sendiri tanpa tergantung pada bantuan orang lain. Tak heran jika banyak orang yang merasa berubah menajdi seorang yang lebih baik lagi sepulangnya mereka dari solo traveling.

Solo traveling akan membuat Anda jadi pribadi yang tangguh

Saat traveling bersama dengan teman atau keluarga, maka segala sesuatu bsia dihadapi secara bersama-sama. Meskipun hal ini bagus sekali untuk bekerjasama, namun tentu saja keberanian dan kemandirian Anda tidak begitu terasah. Berbeda ketika Anda melakukan traveling seorang diri.

Memutuskan segala sesuatunya sendiri, berjalan di tempat yang asing tanpa teman yang mendampingi, menjelajah dan bertemu dengan banyak orang asing yang tak dikenal sebelumnya, mengurus dan menjaga diri sendiri selama dalam perjalanan, akan membuat Anda jadi orang yang tangguh dan juga kuat. Tak dipungkiri saat traveling sendiri rasa lelah dan mungkin kesepain akan Anda alami. Namun dari situ pula Anda akan bsia menysukuri hadirnya teman, sahabat, dan keluarga dalam kehidupan sehari-hari.

Anda bisa melihat dunia dari sisi yang berbeda

SumberL i-likelocal.com

Selama ini mungkin Anda selalu berada di zona nyaman di mana segala sesuatunya dilayani dan bisa didapat dengan mudah. Hidup Anda hanya terfokus pada satu hal saja, tanpa mengetahui ada hal unik lain di luar sana. Namun saat memutuskan untuk melakukan traveling solo, maka Anda mengetahui bahwa dunia ini berbeda sama sekali dengan cangkang yang membungkus Anda selama ini.

Melakukan traveling solo dengan segala keunikan dan rintangnya, akan membuat Anda melihat dunia dan orang-orangnya dari sisi yang sangat berbeda dan belum pernah Anda lihat sebelumnya. Jadi masih butuh alasan apalagi untuk traveling seorang diri?

767

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here