Sumber: pinterest.com

Aktivitas fotografi memang tak bisa dipisahkan dari kegiatan traveling atau dikenal dengan nama travel photography. Traveling apalagi ke tempat yang indah baik di dalam negeri ataupun luar negeri, belum lengkap rasanya tanpa mengabadikan gambar lewat selembar atau dua lembar foto. Apalagi saat ini sangat mudah sekali untuk mengambil gambar lantaran banyaknya bertebaran kamera handphone super canggih atau jenis kamera lain yang bisa dibawa saat traveling. Kamera canggih baik yang terdapat di handphone atau kamera konvensional, menjadi hal yang tak bisa dipisahkan begitu saja dari aktivitas traveling Anda selama ini. Apalagi di era media sosial seperti saat ini, orang akan mengabadikan momen seru saat traveling kemudian diunggah baik di akun Instagram atau Facebook masing-masing. Tak heran jika aktivitas fotografi memang tak bisa dipisahkan begitu saja dari kegiatan traveling yang dilakukan oleh sebagian besar orang di dunia ini.

Setiap traveler pasti mendambakkan untuk bisa menjepret momen yang psesial atau pemandangan indah yang fantastis ketika mereka sedang traveling. Untuk mewujudkan keinginan tersebut, tak jarang mereka rela membawa perlengkapan kamera yang banyak jumlahnya dan mungkin juga bobotnya lumayan berat sekali. Bahkan meskipun telah memiliki handphone dengan resolusi kamera yang sangat canggih, benda ini tetap dirasa kurang jika dibandingkan dengan jepretan kamera biasa seperti DSLR mislanya. Padahal yang terpenting sebenarnya adalah teknik ketika Anda mengambil gambar saat traveling inilah yang menjadi hal vital untuk bisa mendapat hasil jepretan yang fantastis dan indah. Bahkan meskipun telah menggunakan kamera super canggih dan juga mahal, jika Anda tak mengusai tekniknya yang benar hasil fotografi traveling pun akan mengecewakan.

Tentu saja sebagai traveler biasa dan bukan berprofesi sebagai travel photographer akan sangat sulit rasanya bagi Anda untuk bisa mendapatkan hasil foto yang indah dan memukau layaknya mereka yang telah profesional. Namun bukan berarti Anda tak bisa mendapat foto yang keren dan memukau yang bisa diambil ketika traveling. Beberapa ahli fotografi traveling dengan senang hati membagikan tips bagaimana cara mendapatkan snap atau jepretan gambar yang indah dan keren, ketika Anda traveling. Dirangkum dari berbagai sumber, inilah tips dari para ahli bagi Anda yang ingin mendapatkan hasil fotografi traveling yang indah dan keren

Sunset dan sunrise selalu jadi saat terbaik

Sumber: rebelwalls.com

Salah satu cara untuk mendapatkan moment terbaik ketika mengambil foto saat traveling adalah di pagi hari. Matahari terbit selalu jadi objek indah yang tak pernah gagal berpadu dengan lingkungan sekitar, baik bentang alam mapun gedung-gedung di area perkotaan. Karena itulah di mana pun Anda berada ketika traveling, usahakan untuk bangun pagi agar bisa mendapatkan moment tepat ketika matahari terbit ini. Pagi hari juga menjadi momen yang tepat bagi Anda ingin mengabadikan gambar di daerah perkotaan.

Pasalnya saat pagi-pagi sekali, daerah perkotaan masih terbilang sepi dan belum sesibuk ketika siang hari. Tak hanya saat matahari terbit, ketika senja hari atau sunset adalah momen terbaik untuk mengabadikan gambar atau terkenal dengan istilah “golden hours”. Matahari yang tenggelam akan meninggalkan sinar keemasan di langit yang bisa jadi objek foto terbaik untuk Anda abadikan dengan lingkungan sekitar. Oh ya jangan lupakan juga moment “blue hours” yakni satu jam sebelum matahari terbit atau tenggelam. Blue hours adalah saat bumi menjadi gelap di pagi atau senja hari, namun lampu-lampu belum banyak dinyalakan atau sebagian besar telah dimatikan. Ketika Anda jeli, Anda akan melihat langit yang berwarna biru alami yang cantik yang akan membuat hasil foto semakin mempesona.

Manfaatkan internet dan sosial media

Ingin mengetahui lokasi yang cantik untuk tempat foto di destinasi traveling Anda? Cobalah manfaatkan Google Image dan Instagram untuk mengetahui tempat-tempat yang indah tersebut. Instgram adalah tempat di mana Anda bisa menemukan inspirasi tempat foto yang cantik di destinasi traveling Anda.

Selain itu, Google Image juga bisa jadi panduan untuk menemukan spot-spot dan objek foto yang menarik. Tak hanya itu Anda juga bisa membaca dari blog atau situs wisata, untuk mengetahui di mana saja tempat cantik, unik, dan juga menarik untuk difoto. Atau jika tidak Anda tetap bisa berjalan-jalan ke mana saja sesuka Anda, namun pastikan alat fotografi dalam keadaan stand by sehingga momen atau tempat indah yang ditemui dalam perjalanan bisa diabadikan sewaktu-waktu.

Tips untuk mengambil foto penduduk sekitar

Saat traveling, bukan hanya pemandangan atau landmark perkotaan saja yang bisa jadi objek foto Anda. Penduduk lokal dengan segala keunikanya bisa jadi objek foto menarik yang sayang untuk dilewatkan. Namun sebagai traveler atau pendatang, tentu Anda tak bisa sembarangan mengambil foto penduduk lokal ini. Apalagi jika Anda terhalang keterbatasan bahasa sehingga sulit berkomunikasi. Bisa-bisa mereka marah karena Anda menjepret tanpa izin terlebih dahulu. Padahal penduduk lokal dengan adat dan aktivitas mereka sehari-hari, merupakah hal yang menarik untuk dibadikan.

Untuk mengatasi hal ini, para profesional membagikan tips yang sangat sederhana. Anda bisa menyapa mereka lebih dahlu, menanyakan alamat, mengobrol sebentar dan membeli souvenir yang mereka jual. Setelah itu, minta izin untuk mengabadikan gambar penduduk lokal lewat sebuah foto, akan jadi lebih mudah. Selau mintalah izin untuk mengambil gambar mereka, apalagi jika dari dekat.

Gunakan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti penduduk lokal ini, untuk menanyakan izin apakah Anda boleh mengambil gambar mereka atau tidak. Sebagian akan melakukannya dengan senang hati, sebagian akan menolak permintaan Anda ini, dan sebagian lagi akan meminta bayaran. Tentu saja semua itu tergantung pada diri Anda sendiri untuk terus mengambil gambar penduduk lokal yang unik ini atau tidak.

Gunakan tripod

Membawa tripod saat traveling untuk sebagian orang memang sangat ribet dan mungkin melelahkan. Meskipun begitu, kita tak bisa memungkiri pentingnya tripod untuk urusan travel fotografi ini. Tripod memberi akses bagi Anda untuk meletakkan kamera agar tetap stabil, sehingga Anda punya banyak kesempatan untuk mengambil gambar yang bagus di suatu objek foto yang tepat.

Tripod juga sangat tepat digunakan jika Anda ingin mengambil gambar yang berjalan dengan cepat seperti air terjun, bintang jatuh, lampu kendaraan, dan lain sebagainya tanpa perlu merasa khawatir gambar akan goyah jika memotret dengan kamera yang dipegang tangan saja. Namun bukan berarti Anda harus membawa tripod kemana saja saat traveling. Bawalah tripod saat mengunjungi tempat yang menurut Anda benar-benar menarik, dan bisa menghasilkan gambar yang bagus jika difoto menggunakan tripod. Mengingat manfaat tripod ini, tak ada salahnya untuk membawanya saat traveling. Apalagi kini sudah ada inovasi tripod  dengan yang tidak terlalu berat, bisa dilipat dalam bentuk seringkas mungkin, dan sangat  praktis dibawa saat traveling.

Kesabaran adalah segalanya

Objek yang cantik, unik, dan indah kadang tak bisa Anda temui begitu saja ketika traveling. Anda perlu bersabar menunggu beberapa saat sebelum menemukan moment yang pas untuk melakukan fotografi. Seperti Anda harus menunggu selama berjam-jam di pagi buta di tengah udara gunung  yang dingin, untuk mengambil gambar matahari yang terbit. Atau kadang Anda harus menunggu lama di bawah terik matahari, untuk bisa mengambil objek gambar awan cantik yang berpadu dengan lingkungan sekitar.

Belum lagi jika Anda traveling bersama orang lain yang hobinya hanya sekedar selfie saat traveling. Anda harus menjelaskan panjang lebar pada mereka mengapa tak segera menuju tempat lain, sekedar utuk menunggu momen yang tepat untuk mengambil gambar. Karena itulah tak ada salahnya bagi Anda untuk pergi sendiri sementara terpisah dari rombongan, jika ingin fokus mengambil gambar yang bagus saat traveling.

Selain Anda bisa lebih fokus pada objek foto, Anda pun tak harus membuat teman menunggu lama karena butuh waktu berjam-jam untuk menunggu momen pas di satu tempat demi sebuah foto yang cantik dan menarik.

Manual lebih baik daripada auto mode

Saat ini kamera juga dilengkapi dengan mode manual, yang memudahkan fotografer untuk mengambil gambar. Sayangnya mode manual tak selamanya bagus dan cocok untuk bisa mengabadikan jepretan yang menarik, keren serta tak biasa. Meskipun gambar yang dihasilkan mungkin cantik, namun tak ada yang mengalahkan keunikan dan kekhasan gambar yang diambil kamera dengan mode manual.

Tentu saja ketika mengambil gambar dengan mode manual, banyak hal yang perlu dilakukan mulai dari mengatur ekposure, zoom, aperture, ISO dan shutter speed. Jika Anda ingin mendapat gambar yang bagus, mau tak mau harus mengatur semua mode tersebut secara manual. Untuk bisa melakukanya, yang perlu dilakukan hanya menekan tombol manual mode di mana Anda akan punya kontrol sepenuhnya kepada semua elemen-elemen dalam kamera untuk menghasilkan gambar yang unik, keren dan tak biasa.

Selalu bawa kamera ke mana saja

Sumber: nomadasaurus.com

Selain handphone, saat traveling yang tak boleh ketinggalan untuk dibawa adalah kamera. Anda tak akan mampu menebak di mana ada peristiwa unik atau objek yang indah untuk difoto. Moment unik dan langka pun bisa secara tak terduga Anda temui di jalanan. Karena itulah selain ponsel dengan kamera yang beresolusi bagus, tak ada salahnya untuk membawa kamera ke mana-mana.

Jadi jika Anda hal unik yang menarik perhatian Anda selama traveling, segera saja ambil gambarnya dengan menggunakan kamera. Namun ada satu hal yang perlu untuk diperhatikan yakni keamanan kamera Anda. Meskipun kecil, kamera terutama yang DSLR kerap menajdi incaran orang jahat. Apalagi mengingat harga kamera ini yang terbilang sangat mahal. Karena itulah Anda bisa memasukkan kamera tersebut dalam tas, alih-alih menggantungkannya di leher seperti traveler pada umumnya.

Tak hanya itu, perhatikan juga lokasi di mana Anda akan mengambil gambar ini. Jika dirasa tempatnya berhaya dan kurang kondusif, sebaiknya urungkan niat untuk mengambil gambar dengan menggunakan kamera berjenis DSLR ini. Sebagai solusi, Anda bisa memanfaatkan kamera handphone untuk mengambil gambar di tempat yang kurang terjamin keamanannya. Meskipun begitu untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan, Anda sebaiknya mengambil gambar di tempat lain yang dipastikan aman saja.

638

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here