Sumber: Wikimapia

Mendengar nama Pantai Licin, mungkin kamu akan membayangkan tepi pantai yang licin atau batu karang yang licin. Kenyataannya nama licin ini tidak diambil karena kondisi jalanan di pantai tersebut, melainkan karena lokasinya berada di Dusun Licin.

Pantai yang berada di paling ujung timur kabupaten Malang ini terkenal dengan hamparan pasir hitamnya. Sebelum kamu memutuskan untuk pergi liburan ke Pantai Licin, sebaiknya ketahui dulu 9 fakta berikut ini!

Pantai Licin memiliki hamparan pasir hitam

Yang paling terkenal dari Pantai Licin adalah hamparan pasir hitamnya. Wujudnya bagaikan pasir vulkanik yang biasa digunakan untuk bahan bangunan. Pasir hitam ini berasal dari letusan Gunung Semeru. Erupsinya mengalir menuju Sungai Glidik yang bermuara dekat dengan Pantai Licin.

Saking banyaknya pasir vulkanik yang terbawa hingga ke laut dan terhempas oleh ombak menuju daratan, lama-lama pasir di Pantai Licin ini menjadi hitam padahal sebelumnya memiliki pasir putih yang lembut. Meski demikian, pasir hitam ini tidak mengurangi nilai keindahan Pantai Licin.

Pantai dipenuhi oleh biota cantik

Pantai Licin berada di Dusun Licin yang dulunya merupakan sebuah kawasan hutan lebat dengan air menggenang sebelum dibuka sebagai lahan pemukiman. Kondisi hutan yang lebat dan tergenang air ini membuat jalanan berlumut dan licin.

Kondisi alam yang ada di Dusun Licin dan Pantai Licin ini membuatnya memiliki ekosistem aneka biota yang cantik. Ada ikan, kepiting, kerang, aneka tanaman cantik, dan masih banyak lagi. Jika kamu bertemu dengan biota cantik ini, jangan diganggu ya. Sebaliknya, kamu bisa mengabadikan momen dengan memotretnya saja dan menjaga habitat mereka dengan tidak merusak atau membuang sampah sembarangan. Mudah, kan?

Pantai Licin memiliki banyak batu karang

Sumber: Gopunk_vandersa2

Hampir sama dengan pantai-pantai lainnya, Pantai Licin juga memiliki batu karang. Hanya saja jumlahnya sangat banyak dan polanya tidak beraturan. Hasilnya, Pantai Licin ini terlihat semakin cantik dan eksotis. Kalau kamu pintar mencari spot, hamparan batu karang ini bisa jadi spot foto yang Instagramable loh! Kamu juga bisa bertemu dengan beberapa biota yang sedang bersembunyi di antara batu-batu karang ini.

Garis pantai tidak lurus

Kebanyakan pantai di Indonesia memiliki garis pantai yang panjang dan lurus, lain halnya dengan Pantai Licin yang memiliki garis pantai melengkung. Pantai yang menghadap ke arah Samudera Hindia ini terlihat seperti hampir terkepung oleh daratan.

Pantai Licin ini juga terlihat seperti teluk karena ada tebing tinggi yang memagarinya. Kehadiran tebing tinggi ini juga membuat ombak di Pantai Licin tidak terlalu besar. Jika kamu berdiri di tepi pantai, kamu hanya akan mendapat sisa-sisa ombak yang membasahi kakimu.

Ada terowongan di tengah batu karang

Sumber: Wisata Alam Malang

Ada sebuah objek yang cukup unik di Pantai Licin yaitu sebuah lubang di batu karang besar yang menyerupai terowongan. Tidak ada yang tahu bagaimana bisa ada sebuah lubang besar di tengah batu karang tersebut. Namun besar kemungkinannya adalah akibat kegiatan alam ya. Terowongan unik ini bisa kamu jadikan spot foto yang keren. Jika ingin mendekati atau melewati terowongan ini, kamu perlu menggunakan perahu nelayan setempat ya karena posisinya tidak ada di tepi pantai.

Baca Juga: 10 Pantai Dunia untuk Penggila Selancar

Ada juga batu terbelah

Selain batu karang yang memiliki terowongan di bagian tengahnya, Pantai Licin juga memiliki batu karang yang terbelah. Ukuran batu karang ini sangat besar sehingga penyebab terbelahnya kemungkinan besar adalah kegiatan alam. Sama seperti terowongan tadi, batu karang yang terbelah ini bisa dijadikan spot foto yang menarik.

Tebing pantai eksotis

Tidak hanya menarik untuk dinikmati dari atas pasir, keindahan Pantai Licin juga akan sangat terasa saat kamu melihatnya dari atas tebing pantai yang sangat eksotis. Terbayang tidak betapa kerennya pemandangan langit senja di kala matahari terbenam nanti? Untuk tiba di atas tebing ini, berhati-hatilah saat melangkah karena ada bagian tebing yang basah akibat air laut. Pastikan untuk tidak tergelincir ya.

Pantai dengan air laut bening

Ombak yang tenang di Pantai Licin ini berpadu dengan air laut yang bening. Kamu bisa bermain dengan aneka biota laut sambil melakukan snorkeling atau berenang di tepi pantai. Tidak perlu takut akan ombak besar, karena ada tebing karang yang akan memecah ombak besar tersebut.

Pantai tersembunyi yang cocok untuk relaksasi

Pantai Licin ini merupakan salah satu pantai tersembunyi yang ada di Malang. Pengunjungnya masih sepi sehingga suasananya begitu tenang, bahkan pada beberapa waktu tidak ada pengunjung sama sekali sehingga kamu bisa menjadi pemilik pantai ini seorang diri.

Suasana yang tenang ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin relaksasi dan menjauh dari kebisingan. Mau seharian di sini? Bebas!

Demikian 9 fakta yang perlu kamu ketahui tentang Pantai Licin di Malang. Bonus fakta terakhir, pantai ini buka 24 jam dan gratis!

1331

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here