Sumber: Foody

Ada banyak cara untuk mengenang masa kecil, salah satunya adalah mengunjungi sejumlah rumah makan jadul alias rumah makan yang sudah ada sejak jaman dulu dan masih berada di bangunan yang sama.

Lewat aneka menu lawas yang masih menggunakan resep original dan interior bangunan lama yang tidak banyak mengalami perubahan, pasti kamu akan teringat dengan masa kecil saat makan di luar bersama ayah dan ibu.

Malang adalah salah satu kota yang memiliki banyak rumah makan jadul. Dengan bertahannya sejumlah rumah makan jadul ini di tengah era modern, pastilah rasa masakannya sangat nikmat. Bila kamu ingin mengenang masa kecil dengan menu-menu lawas yang nikmat dan populer pada masanya, coba kunjungi beberapa rumah makan jadul berikut ini!

Depot Gang Djangkrik

Depot Gang Djangkrik ini populer dengan menu andalan pangsit mie. Lokasinya ada di sebuah gang bernama Gang Djangkrik, tapi saking nikmatnya kini pangsit mie Depot Gang Djangkrik berhasil dikenal oleh masyarakat luar Malang.

Selain pangsit mie, Depot Gang Djangkrik juga menyediakan menu nasi campur yang berisi sayuran hijau dan daging babi panggang. Karena sudah cukup terkenal, kamu bisa menyambangi cabang dari Depot Gang Djangkrik yang ada di kawasan Soekarno Hatta Kota Malang. Harga makanan di sini berkisar antara 3.500 hingga 85 ribu rupiah.

Depot 21

Depot 21 terkenal sebagai rajanya Chinese food di Malang. Koki yang bertugas di Depot 21 adalah sang pemiliknya langsung, yang kini sudah digantikan oleh anaknya. Aneka menu yang bisa kamu temukan di sini adalah nasi goreng, ayam kuluyuk, fuyunghai, capcai, aneka masakan berbahan daging babi dan juga kodok. Yang menarik di sini adalah meski sudah mengalami pergantian koki, cita rasa masakannya tetap sama seperti jaman dulu. Harga makanan di sini berkisar antara seribu hingga 80 ribu rupiah.

Gloria

Ingin menikmati pangsit mie Malang yang sudah terkenal sejak tahun 1970-an? Pergilah ke Gloria, kedia cui mie kebangaan Malang. Pangsit mie Malang ini dilengkapi dengan suwiran daging ayam, bawang goreng, dan potongan daun bawang. Adonan mienya dibuat sendiri oleh pemilik kedai sehingga rasanya sangat otentik dan teksturnya kenyal. Tiada duanya. Kisaran harga menu di Gloria adalah 8 ribu hingga 86 ribu rupiah.

Baca Juga: 7 Kuliner Dubai yang Wajib Kamu Cicip!

Hok Lay

Sumber: Inijie

Hok Lay adalah sebuah rumah makan jadul atau depot yang memiliki 3 menu andalan yaitu cui mie, lumpia, dan fosco. Yang paling menarik di antara ketiganya adalah fosco. Fosco sendiri adalah sebuah minuman yang merupakan campuran susu full krim murni dan cokelat yang disajikan dalam botol. Minuman yang sudah ada sejak jaman Belanda ini tidak akan kamu temukan di tempat lain, karena hanya dijual oleh Hok Lay. Harga menu di sini berkisar antara 4 ribu hingga 18 ribu rupiah.

Depot Mie Atom

Depot Mie Atom tidak hanya menyediakan menu mie saja, tapi juga nasi goreng yang nikmat. Porsinya pun tidak tanggung-tanggung karena cukup besar dan mengenyangkan. Depot Mie Atom ini bisa kamu temukan di Jalan Agus Salim Nomor 6, Kelurahan Sukoharjo. Depot ini buka dari jam 9:00 hingga 21:00 WIB. Harga makanannya berkisar antara 4 ribu hingga 41 ribu rupiah.

Sate Ayam Sayang Tukiyat

Rumah makan jadul lainnya adalah Sate Ayam Sayang Tukiyat yang berada di Jalan Raya Langsep dan Jalan Sugiono. Yang membuat sate ayam ini spesial adalah dalam satu tusuk sate, kamu akan mendapatkan daging ayam, usus, kulit, dan ati sekaligus. Rasanya tidak perlu diragukan lagi, sangat nikmat!

Depot Ikana

Ingin menikmati masakan lawas di rumah makan jadul bersama keluarga tercinta? Cobalah makan di Depot Ikana. Harganya murah, porsinya berlebih! Dijamin kamu bakal kenyang maksimal di sini. Porsi yang banyak ini memang sudah dari dulu menjadi ciri khas dari Depot Ikana. Rumah makan yang menyajikan Chinese food ini tidak menggunakan babi sehingga aman dikonsumsi oleh kamu yang seorang muslim. Harga makanan di sini berkisar antara 23 ribu hingga 80 ribu rupiah.

Rawon Nguling

Sumber: Trip Advisor

Rawon Nguling ini sangat ramai oleh pengunjung sehingga untuk mencicipinya kamu harus sabar mengantri, hampir tidak ada jam-jam sepi di Rawon Nguling ini. Rasa rawonnya yang sangat nikmat dan gurih akan membuatmu tidak bisa berhenti untuk menyuap. Porsi rawonnya pun sangat mengenyangkan. Selain rawon, rumah makan Rawon Nguling ini juga menyediakan menu nasi pecel yang tidak kalah nikmat. Harga menu makanan di sini berkisar antara 3 ribu hingga 40 ribu rupiah.

Setelah menyimak 8 rumah makan jadul di atas, rasanya tidak sabar untuk segera pergi ke Malang untuk mencicipinya ya!

274

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here