Sumber: Hardware Massive

Di saat penat sudah merasuki tubuh dan pikiran, kegiatan yang wajib kamu lakukan adalah pergi liburan. Dengan pergi liburan, kamu bisa merasa lebih senang dan mendapatkan pengalaman baru yang berdampak baik pada kehidupan nantinya.

Memang sih semua orang mau liburan, tapi yang selalu menjadi masalah adalah dananya. Kalau begitu, bagaimana jika kamu mencoba liburan dengan gaya backpacker? Tentunya pengeluaran minim, namun tidak mengurangi esensi penting liburan.

Mau coba backpacker ke Hong Kong untuk membuktikan serunya liburan ala backpacker? Simak dulu panduan singkatnya berikut ini!

Berburu tiket murah

Harga tiket pesawat bisa berubah-ubah setiap waktu, tidak seperti harga tiket kereta api yang flat. Akan lebih baik jika kamu memesan tiket pesawat dari jauh-jauh hari. Selain kamu bisa membandingkan harga antar maskapai, kamu pun tidak perlu berebutan dengan wisatawan lain saat menjelang keberangkatan.

Bila perlu, datanglah ke travel fair di sejumlah tempat untuk mendapatkan diskon besar atau bonus lainnya yang akan bermanfaat untuk liburanmu nanti. Jika tidak mendapatkan tiket pesawat dari Jakarta menuju Hong Kong, cobalah membeli tiket dengan rute Jakarta – Macau. Dari Macau kamu bisa menyeberang ke Hong Kong menggunakan feri yang harga tiketnya cukup terjangkau. Hitung-hitung sekalian menjejakkan kaki ke Macau juga, kan?

Menggunakan transportasi

Sumber: Hong Kong

Selama berada di Hong Kong, hindari menggunakan taksi atau menyewa kendaraan pribadi untuk berkeliling kota. Simpanlah uangmu untuk kebutuhan lain seperti penginapan. Sebaliknya, untuk transportasi di sana, naiklah transportasi umum.

Transportasi umum di Hong Kong terbilang memiliki sistem yang baik dan mudah dipahami oleh wisatawan. Selain itu, tarif naik transportasi umum pun cukup murah di kantong para wisatawan backpacker.

Transportasi umum yang bisa kamu gunakan di Hong Kong adalah MTR, bus, dan tram. Sebelum kamu berangkat ke Hong Kong, catatlah cara pembayaran masing-masing transportasi dan rute yang akan membawamu menuju destinasi wisata tujuan. Jangan sampai salah memilih rute ya.

Memilih hotel yang murah meriah

Jika kamu menginginkan hotel yang murah, pilihannya ada pada hotel yang berada di pinggir kota. Resikonya adalah kamu membutuhkan waktu lama untuk tiba di destinasi tujuan dan ongkos transportasi yang lebih banyak. Untuk urusan ini, kamu harus mempertimbangkan dengan matang ya perhitungannya. Sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan.

Jika kamu pergi bersama rombongan besar, akan lebih efisien jika menyewa apartemen di tengah kota. Keuntungan dari menyewa apartemen untuk banyak orang adalah harganya lebih murah dibandingkan menyewa kamar hotel. Kamu juga akan lebih mudah mengkoordinir anggota rombongan karena berada di satu tempat. Selain itu, kamu bisa memasak sendiri untuk sarapan atau makan malam sehingga bisa berhemat.

Memilih tempat wisata yang gratis

Bicara tentang Hong Kong, kamu tentu akan membayangkan Disneyland bukan? Memang sih rasanya kurang sah ke Hong Kong jika tidak main ke Disneyland. Tapi untuk menghemat dana liburan, sebaiknya kamu pilih tempat wisata yang harga tiket masuknya murah atau bahkan gratis.

Jika kamu sudah membeli satu tiket masuk yang mahal seperti Disneyland, usahakan di hari lainnya kamu berkunjung ke tempat wisata yang murah atau gratis. Hong Kong memiliki banyak tempat wisata yang gratis kok. Di antaranya adalah Avenue of The Star, Hong Kong Racing Museum, Golden Beach, dan Repulse Bay. Meski gratis, tempat wisata ini sangat keren dan tidak akan membuatmu menyesal telah mengunjunginya.

Baca Juga: Habiskan Liburan Tahun Baru Imlek di 5 Kota di Indonesia Ini!

Belanja murah meriah

Sumber: Youtube

Yang namanya liburan jelas tidak bisa dipisahkan dari kata belanja, apalagi jika kamu seorang penggila fashion dan suka memberikan oleh-oleh ke teman. Salah satu tempat yang bisa kamu kunjungi untuk belanja murah meriah adalah Jardine’s Bazaar, Temple Street Market, dan Ladies Market.

Di tempat belanja tersebut, kamu bisa menemukan aneka produk fashion dengan harga murah dan kualitas yang cukup baik. Tidak jarang ada barang-barang bermerk yang dibanderol dengan harga miring. Selain itu juga ada beberapa toko souvenir murah meriah yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Pokoknya kamu bisa puas belanja di sini.

Makanan

Untuk makanan, kamu bisa menyiasatinya dengan membeli jajanan untuk sarapan keesokan paginya atau memanfaatkan fasilitas sarapan dari penginapan jika ada. Selagi berkeliling kota, kamu bisa mengenyangkan diri dengan aneka jajanan pinggir jalan yang menggoda selera atau mengunjungi kedai-kedai sederhana yang rasa makanannya tidak kalah nikmat dengan makanan di restoran.

Khusus untuk wisatawan muslim, kamu perlu tahu kalau makanan di Hong Kong biasanya mengandung daging babi alias tidak halal. Untuk mengatasinya, kamu bisa pergi menuju kawasan Victoria Park di mana ada banyak TKI. Di sana ada banyak rumah makan yang menjual makanan halal. Jika tidak mau repot dan lebih hemat, kamu bisa menyiapkan makanan instan dari rumah sendiri.

Sudah siap untuk backpacker-an ke Hong Kong?

503

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here