Sumber: corporate.target.com

Koper atau travel luggage menjadi salah satu perlengkapan traveling yang difavoritkan oleh banyak orang hingga saat ini. Memang untuk bepergian ke tempat yang cukup jauh, koper sangat dibutuhkan untuk membawa barang dalam jumlah yang sangat banyak. Selain itu dengan menggunakan koper, seorang traveler bisa lebih banyak memasukkan barang-barang yang harus dibawa dalam perjalanan mereka.

Sebenarnya selain koper, ada juga travel bag atau backpack yang bisa digunakan selama traveling. Semuanya punya fungsi yang sama, yaitu untuk membawa barang barang mulai baju, alas kaki hingga gadget yang diperlukan selama traveling. Beda dengan koper, backpack umumnya digunakan oleh traveller untuk menjelajah ke tempat dengan medan yang sulit seperti digunakan untuk mendaki gunung dan sebagainya. Meskipun begitu, backpack juga kadang digunakan untuk traveling biasa seperti yang terlihat ketika orang sedang mudik.

Saat traveling, Anda bisa memilih untuk menggunakan backpack atau koper. Namun ada alasan mengapa banyak orang memilih menggunakan koper untuk melakukan traveling. Beragam alasan itu seperti:

Punya roda sehingga mudah dibawa

Beda dengan backpack, koper punya roda yang memudahkan traveller untuk membawanya kemana saja, asalkan tempat tersebut memiliki permukaan yang halus dan juga rata. Selain itu, koper juga punya handle yang kuat sehingga bisa dijinjing ketika melewati tempat atau jalanan yang tak terlalu rata.

Tidak membebani punggung

Seperti namanya, backpack merupakan tas yang digendong di bagian belakang tubuh Anda. Namun tak semua orang punya kekuatan dan energi untuk menggendong backpack dengan segala isinya ke mana-mana. Karena itulah menggunakan koper lebih disrankan jika Anda memilki masalah pada punggung atau merasa kondisi tubuh tak memungkinkan untuk bisa terus menggendong backpack selama traveling.

Menjaga baju tetap rapi

Karena permukaanya yang lebih luas, koper akan menjaga baju-baju yang Anda masukkan dalam kondisi lebih rapi dibandingkan jika ditaruh di tas biasa atau backpack. Karena itu jika Anda melakukan traveling untuk bekerja atau perjalanan bisnis, maka koper lebih bisa diandalkan untuk membuat baju dan celana dalam keadaan selalu rapi.

Lebih terorganisir

Menggunakan koper berarti Anda bisa lebih terorganisi dalam menata barang-barang yang dibawa selama traveling. Dengan penataan yang tepat, Anda bisa menata alas kaki, baju, gadget, dan lain sebagainya dalam sartu wadah yang mudah diambil dan digunakan setiap saat. Sedangkan untuk backpack, Anda harus memastikan barang-barang yang ditata di bagian bawah adalah yang jarang digunakan. Sebab jika tidak, Anda mau tak mau harus membongkar seluruh isi backpack untuk mengambil barang yang terlanjur diletakkan di bagian bawah tas ransel Anda.

Terlihat lebih profesional

Sumber: gearpatrol.com

Untuk Anda yang melakukan traveling untuk urusan bisnis, koper lebih disarankan untuk dibawa. Ini karena koper terlihat jauh lebih formal dan profesional, dibandingkan jika Anda berpergian dengan menggunakan ransel atau backpack.

Lebih aman

Saat ini banyak koper yang dibuat dari bahan hard case yang cukup kuat dan sulit dibuka, bahkan dengan menggunakan pisau sekalipun. Bahan seperti ini membuat koper lebih aman untuk membawa barang-barang selama traveling. Tak hanya itu, bahan koper yang seperti ini pastinya juga anti air sehingga Anda tak perlu terlalu khawatir jika barang bawaan yang ada di dalam koper ini akan basah.

Saat ini banyak sekali jenis koper yang bisa Anda pilih untuk dibawa traveling. Ukuranyapun beragam, dan bisa disesuikan dengan kebutuhan Anda selama traveling. Tak hanya itu dewasa ini koper juga didesain dengan bentuk yang modern dan juga trendi, disertai dengan variasi warna yang bisa dipilih sesuai dengan selera Anda. Bahkan sekarang ini ada koper yang dilengkapi dengan teknologi canggih seperti tracker dan bisa tersambung ke smartphone, untuk memantau lokasi dan juga keamanan barang bawaan Anda ini. Lalu sebenarnya bagaimana sih cara untuk memilih koper yang tepat untuk traveling? Dikutip dari berbagai sumber, berikut  ini ada beberapa cara yang bsia dicoba ketika Anda memilih koper untuk traveling seperti:

Perhatikan ukuran koper yang Anda bawa

Jika traveling ke tempat yang jauh dalam waktu yang lama, perlu dipertimbangkan untuk membawa koper dalam ukuran yang besar sehingga baju dan keperluan lainnya bisa muat di sana. Sesuaikan  ukuran koper yang akan dibawa traveling, dengan kebutuhan dan juga kuantitas barang yang akan dibawa. Jika hanya bepergian selama seminggu saja, koper ukuran kecil sudah cukup untuk menampung barang bawaan Anda.

Jangan beli koper yang ukurannya terlalu besar sehingga menyusahkan Anda nantinya. Lebih baik Anda memilih dua koper berukuran sedang, namun ringan dan mudah dibawa daripada satu koper yang sangat besar namun justru membebani Anda ketika traveling. Tak hanya itu jika Anda memaksakan untuk memasukan semua barang dalam satu koper berukuran besar, maka siap-siap saja membayar biaya bagasi yang cukup mahal.

Ada baiknya menghindari koper berwarna hitam

Hitam adalah warna yang umum diaplikasikan pada koper dari berbagai merek. Alasanya adalah karena hitam tak akan mudah terlihat kotor, jika dibawa traveling dengan alat transportasi apapun. Selain itu, koper berwarna hitam juga lebih murah harganya dibandingkan koper warna lain pada umumnya. Jika Anda memilih untuk membeli yang berwarna hitam, maka ada baiknya untuk memberikan tanda atau ciri khusus pada koper Anda itu. Pasalnya Anda akan menemui banyak sekali koper dengan warna dan desain senada, baik di bandara atau bagasi bis yang Anda tumpangi.

Karena itulah jika Anda khawatir koper akan tertukar dengan penumpang lain, maka ada baiknya menghindari warna hitam untuk koper yang biasa dibawa traveling. Saat ini, banyak kok koper yang dijual dengan variasi motif dan warna selain hitam yang bisa dipilih untuk traveling Anda. Memang harganya sedikit lebih mahal daripada koper konvensional yang berwarna hitam. Namun ini lebih baik daripada ternyata bawaan Anda tertukar dengan orang lain, yang memiliki koper serupa saat dibawa traveling ini.

Boleh tidak membeli koper dengan cara online?

Saat ini banyak online shop yang menawarkan koper untuk traveling dengan berbagai pilihan desian, warna dan harga yang variatif. Tentu saja penawaran ini sangat menarik, apalagi bagi Anda yang tak sempat untuk membeli koper karena kesibukan pekerjaan. Namun jika membeli secara online, jangan mudah tergoda dengan warna mencolok atau harga murah yang ditawarkan.

Ingatlah kembali bahwa koper tersebut akan dibawa untuk traveling, artinya ia harus tahan banting dan cukup kuat melindungi barang bawaan Anda. Karena itu pastikan online shop penjual koper ini terpercaya dan menyediakan koper yang kuat sesuai kebutuhan Anda. Sebenarnya, lebih baik bagi Anda menyempatkan waktu untuk pergi membeli koper secara langsung. Ini karena Anda bisa memeriksa bahan pembuat koper, memastikan roda dan handlenya tidak seret serta masih pada tempatnya, dan banyak hal lain lagi yang bisa Anda periksa ketika membeli koper secara langsung pada penjualnya.

Ukuran dan berat koper akan mempengaruhi biaya bagasi

Jika Anda traveling dengan menggunakan pesawat, tentu mengetahui jika maskapai penerbangan punya kebijakan berbeda pada setiap tambahan biaya bagasi penumpang. Karena itu pastikan Anda membeli koper yang tak membuat biaya bagasi membengkak. Seperti contoh membeli koper dengan ukuran sedang dan cukup ringan sehingga Anda tak harus membayar lebih banyak untuk biaya bagasi ini. Semakin ringan bobot koper yang Anda bawa, maka semakin leluasa Anda untuk memasukkan barang yang akan dibawa pergi atau pulang traveling.

Pilih koper yang awet

Selain warna dan desain, ada satu hal lagi yang perlu diperhatikan saat Anda memilih koper untuk traveling. Anda harus memastikan bahwa koper tersebut cukup awet selama beberapa tahun lamanya. Beberapa koper seperti Samsonite, North Face atau L. L. Bean diketahui sebagai brand dengan koper yang kuat dan juga tahan lama. Harganya memang relatif mahal jika dibandingkan dengan koper lain apda umumnya. Namun nggap saja ini sebagai investasi, karena produk dari brand-brand ternama itu sudah teruji kualitas dan ketahanannya. Selain itu koper dari brand ternama juga memiliki garansi selama beberapa waktu tertentu atau servis gratis jika koper yang dibeli telah rusak. Daripada mengeluarkan uang terus menerus untuk membeli koper setiap kali traveling, lebih baik membeli koper dengan harga mahal sekali saja namun awet untuk bertahun-tahun lamanya.

Perhatikan resleting koper Anda

Resleting merupakan bagian penting dari koper yang tak boleh untuk diremehkan. Jika roda atau handle rusak, Anda masih tetap bisa membawa koper tanpa khawatir benda-benda yang ada di dalamnya berjatuhan. Namun bagaiman bila yang rusak adalah resleting dari koper itu sendiri? Bisa-bisa semua barang yang Anda bawa saat traveling jadi tercecer ke mana-mana. Atau sebaliknya, relesting koper Anda jadi macet sehingga butuh tenaga ekstra untuk membukanya. Karena itulah ada baiknya Anda melakukan perawatan pada resleting koper milik Anda ini. Berikut ini ada beberapa cara untuk merawat resleting koper selalu lancar dan dalam kondisi baik.

  • Pertama pastikan resleting tidak memiliki penghalang, baik berupa serat kain atau benang yang mungkin akan menghambatnya. Sebaiknya periksa resleting koper Anda untuk memastikan tak ada benang atau serat kain yang mungkin bisa membuat resleting jadi tersangkut.
  • Anda bisa memanfaatkan lotion atau vaseline untuk melumasi resleting koper Anda. Lotion atau vaseline ini bisa dioleskan secara berkala pada resleting, untuk memastikan benda ini mudah terbuka dan tidak seret. Apalagi untuk koper dengan resleting besi, ada baiknya Anda melakukan pembersihan berkala dengan menggunakan lotion atau vaseline ini.
  • Jika resleting koper macet, cobalah gunakan cuka untuk membuatnya lancar kembali. Gunakan sikat gigi yang telah ditetesi cuka untuk menyikat resleting koper Anda.
  • Selalu biasakan untuk mengeringkan resleting koper setiap kali selesai dicuci ataupun terkena air. Anda bisa menggunakan kain yang halus atau washlap untuk mengelap resleting setelah dicuci. Jangan lupa gunakan kain dengan permukaan halus untuk mengeringkan resleting koper setelah dicuci.
  • Jika terkena air laut, segela bilas resleting dengan air tawar kemudian keringkan.
357

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here