Sumber: Krosnov

Menyiapkan segala kebutuhan untuk pergi liburan memang selalu menyenangkan. Mulai dari tiket pesawat, penginapan, hingga pakaian dan benda yang akan dibawa ke destinasi wisata. Jika kamu pergi liburan saat musim panas, benda-benda yang perlu dibawa tidaklah jauh berbeda dengan benda yang kamu gunakan sehari-hari. Kamu hanya perlu membawa pakaian yang nyaman dan keren supaya bagus saat difoto.

Tapi lain ceritanya jika kamu pergi liburan pada saat musim dingin yang suhunya yang bisa mencapai di bawah belasan derajat Celcius. Tubuh kita sudah terbiasa dengan suhu iklim tropis sehingga akan kaget jika tiba-tiba berada di tempat yang sangat dingin. Langkah yang bisa kamu ambil untuk membuat tubuh merasa nyaman adalah menggunakan sejumlah benda perlengkapan musim dingin.

Yuk, simak daftar benda yang akan menjadi penyelamatmu di saat liburan musim dingin nanti. Dicatat, ya!

Jaket musim dingin

Benda pertama yang wajib kamu bawa adalah jaket khusus musim dingin. Jaket musim dingin ini berbeda dengan jaket yang biasa kita pakai sehari-hari. Jaket khusus musim dingin ini biasanya terbuat dari wol tebal, bulu sintentis, atau padding yang berisi bulu angsa. Ada yang modelnya setengah badan, ada juga yang model panjang hingga betis.

Jaket musim dingin ini sangat tebal dan berat. Usahakan hanya membawa satu jaket saja selama liburan nanti untuk menghindari barang bawaan menjadi berat. Pilihlah jaket musim dingin dengan warna netral supaya bisa kamu padukan dengan pakaian warna-warni.

Heattech atau longjohn

Sudah memakai jaket musim dingin, namun tubuh masih merasa kedinginan? Jika iya, kamu membutuhkan heattech atau longjohn. Heattech atau longjohn ini adalah pakaian dalam yang bahannya tipis namun mampu menahan angin dan suhu dingin. Pakaian yang satu ini digunakan sebelum menggunakan baju luaran.

Topi

Sumber: Bernard Hats

Tubuh sudah terasa hangat, jangan lupakan bagian kepalamu. Saat angin berhembus, biasanya udara terasa semakin dingin. Bagian kepala seperti telinga akan mudah merasakan dingin. Sebelum mati rasa atau merasa pusing, sebaiknya gunakan topi untuk menghalau angin. Kamu bisa menggunakan topi kupluk dari bahan wol atau penutup kepala yang memiliki penutup telinga sekaligus

Sepatu anti slip

Selain kepala, kamu perlu memperhatikan bagian kaki juga. Pada musim dingin, jalanan menjadi licin akibat es. Gunakan sepatu anti slip agar kamu tidak mudah terpeleset ketika berjalan di luar ruangan. Pilihlah sepatu yang bagian dalamnya memiliki lapisan bulu agar kaki tetap terasa hangat. Selanjutnya, usahakan untuk memilih sepatu yang gelap dan memiliki bahan yang tidak mudah rusak akibat air berhubung hujan atau salju akan turun sewaktu-waktu.

Sarung tangan

Saat berada di luar ruangan, jari-jari tanganmu akan mudah merasa dingin. Tidak sedikit yang merasa tangannya kaku akibat suhu dingin. Oleh karena itu, gunakanlah sarung tangan berbahan wol untuk menghangatkan tubuh.

Jika kamu malas menggunakan sarung tangan karena sulit untuk menekan layar sentuh smartphone, pilihlah sarung tangan khusus yang memiliki lapisan di bagian ujung jari. Sarung tangan ini sudah banyak dijual di pasaran.

Baca Juga: Musim Dingin di Australia, Kegiatan Apa yang Menarik?

Syal

Terkadang meski kamu sudah menggunakan jaket, bagian leher sering terbuka dan terkena udara dingin. Oleh karena itu kamu membutuhkan syal untuk menghangatkan leher. Selain berfungsi untuk menghangatkan, syal ini bisa dijadikan item pelengkap fashion musim dinginmu.

Kaos kaki

Ketika kamu berkeliling kota, pastikan kamu sudah menggunakan kaos kaki sebelum menggunakan sepatu untuk memastikan suhu tubuh terjaga dengan baik. Tidak hanya pada saat jalan-jalan, kaos kaki ini juga bermanfaat ketika kamu sedang tidur. Meski suhu ruangan sudah hangat, jari kakimu bisa saja masih terasa dingin dan membuatmu sulit tidur dengan nyenyak.

Masker

Bagi kamu yang memiliki hidung sensitif atau merasa sakit ketika bernafas di udara dingin, sebaiknya bawalah masker. Selain membantu pernafasan terasa lebih nyaman, masker ini juga bisa menghalau udara dingin mengenai bagian pipi yang kulitnya mudah kering.

Krim pelembab

Kulit kita sudah terbiasa dengan cuaca panas. Ketika berada di suhu yang dingin, kulit akan mudah terasa kering dan kusam. Oleh karena itu, gunakanlah krim pelembab untuk menjaga kesehatan kulit. Gunakan krim pelembab ini pada bagian wajah dan tangan. Bila perlu, gunakan krim pelembab yang mengandung sunblock karena sinar matahari tetap bersinar kuat di tengah musim dingin.

Hot pack

Sumber: Youtube

Sudah menutupi seluruh bagian tubuh dengan pakaian hangat, namun masih tetap merasakan dingin selagi mengunjungu tempat wisata? Belilah hot pack kemudian tempelkan di bagian tubuh yang masih kedinginan.

Itulah 10 benda yang wajib kamu bawa selagi liburan di musim dingin. Selain itu hindari minum minuman dingin agar suhu tubuh tetap hangat. Selamat berlibur!

1717

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here