Bicara tentang kuliner Makassar, yang akan terbayang di pikiran kita adalah coto Makassar dan sop iga. Membayangkannya saja sudah membuat lidah bergoyang ya. Kebanyakan kuliner Makassar ini memiliki rasa pedas atau asam, namun gurih. Dijamin tidak cukup jika hanya makan seporsi.

Ketika kamu berlibur ke Makassar tapi bingung harus mencari kuliner khas Makassar di mana, simak dulu daftar rumah makan berikut ini!

  1. Iga Bakar dan Sop Konro Karebosi

Berkunjung ke Makassar tidak lengkap tanpa mencicipi kuliner khas utamanya yaitu iga bakar dan sop konro. Salah satu rumah makan yang menyajikan kuliner ini adalah Iga Bakar dan Sop Konro Karebosi yang ada di Jalan Gunung Lompobattang, Pisang Utara. Rumah makan ini sudah berdiri sejak tahun 1968. Kualitas masakannya tidak perlu diragukan lagi.

Iga bakar dan sop konro di sini tidak hanya dihidangkan menggunakan nasi, tapi pengunjung bisa memilih untuk menggantinya dengan ketupat atau buras yang dimasak dengan santan.

  1. Mie Hengki

Rumah makan berikutnya yang cukup populer di Makassar adalah Mie Hengki. Menu utama yang disajikan adalah mie kering Makassar. Mie kering Makassar adalah olahan mie khas china yang disajikan bersama cumi-cumi, irisan ayam, jamur, dan ati. Rumah makan yang buka dari jam 7 malam hingga 12 malam ini berada di Jalan Nusantara nomor 354, depan pelabuhan Makassar. Meski tempatnya kurang memadai, namun harga dan rasanya cukup nendang. Cocok untuk kamu yang ingin berhemat selama berada di Makassar.

  1. Pallu Basa Serigala

Sumber: Toko Mesin

Rumah makan Pallu Basa Serigala ini merupakan spesialis dari kuliner pallu basa. Nama serigala yang digunakan oleh rumah makan ini berasal dari nama jalan dari lokasinya yaitu Jalan Serigala nomor 54, Makassar. Pallu basa merupakan kuliner yang menggunakan kuah santan kecoklatan. Isi dari kuliner ini adalah daging sapi, jantung, limpa, usus, babat, hati, paru, dan telur mentah. Rumah makan ini buka mulai dari pukul 11 siang hingga 10 malam.

  1. Coto Gagak

Rumah makan coto Makassar lainnya yang cukup populer di Makassar adalah Coto Gagak. Jangan kaget melihat namanya dan mengira daging yang digunakan adalah daging burung gagak, karena nama tersebut diambil dari nama jalan. Rumah makan Coto Gagak ini berada di Jalan Gagak nomor 27, Mariso, Makassar.

Rumah makan yang dibuka oleh H. Jamaliddin ini pertama kali berdiri pada tahun 1970. Soal rasa dan kualitas tidak perlu diragukan lagi karena rumah makan ini sudah berumur puluhan tahun. Jika rumah makan lainnya buka hanya pada jam tertentu, rumah makan Coto Gagak ini buka selama 24 jam. Jadi jika kamu kelaparan tengah malam atau mencari sarapan di pagi buta, inilah rumah makan yang tepat.

  1. Coto Daeng

Tidak heran jika banyak rumah makan yang menjual kuliner coto Makassar karena kuliner ini merupakan kuliner yang terkenal dan bikin ketagihan. Rumah makan coto Makassar berikutnya yang populer juga adalah Coto Daeng Makassar. Rumah makan yang berada di Jalan Sultan Alauddin nomor 84 ini berdiri sejak tahun 2006. Kelebihan coto Makassar yang ada di rumah makan ini adalah harganya yang murah, dagingnya empuk, dan rasanya nikmat. Coto Makassar milik rumah makan Coto Daeng ini biasanya disajikan dengan ketupat. Jika kamu tidak suka ketupat, mintalah ganti dengan nasi putih.

  1. Kampoeng Popsa Makassar

Pecinta kuliner, yuk merapat ke Kampoeng Popsa Makassar. Kampoeng Popsa merupakan area food court yang berada di pinggir pantai. Di sini ada berbagai macam makanan yang bisa dinikmati. Mulai dari kebab, ayam goreng, mie titi, nasi goreng merah, ikan bakar, coto Makassar, pisang ijo, dan masih banyak lagi.

Karena berada di pinggir pantai, Kampoeng Popsa ini cocok dikunjungi menjelang malam. Kamu bisa menikmati pemandangan pantai saat senja dari sini. Pada malam hari para pengunjung akan ditemani oleh penampilan dari live band. Kampoeng Popsa beroperasi pada pukul 10 pagi hingga 12 malam.

  1. Sop Saudara Jalan Irian

Sop saudara merupakan salah satu kuliner khas Makassar yang terdiri dari daging sapi, jeroan, bihun, dan kentang. Sop ini akan semakin nikmat ketika disantap bersama dengan telor bebek. Rumah makan Sop Saudara Jalan Irian berada di dekat Pasar Sentral Makassar. Rumah makan yang berdiri sejak tahun 1970 ini beroperasi selama 24 jam, jadi kamu bebas berkunjung kapan saja ke sini.

  1. Rumah Makan Nelayan Makassar

Sumber: Trip Advisor

Bagi para pecinta seafood, jangan lewatkan kunjungan ke rumah makan yang satu ini. Rumah Makan Nelayan Makassar ini berada di Jalan Ali Malaka nomor 25, Makassar. Lokasinya dekat dengan Pantai Losari sehingga kamu bisa mampir mengenyangkan perut setelah puas bermain di pantai. Rumah makan ini tidak hanya populer di kalangan wisatawan dalam negeri, tapi juga luar negeri loh.

Rumah makannya tidak terlalu luas, namun suasananya bersih dan seafood yang disajikan memiliki kualitas baik.

 

719

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here