Sumber: driveaway.com.au

Membicarakan tempat yang indah di bumi ini tak lengkap rasanya jika tak menyebut nama Hawaii di dalamnya. Ya sejak lama, pulau yang merupakan negara bagian Amerika Serikat ini disebut sebagai salah satu tempat terindah di muka bumi ini. Letaknya yang berada di lautan Pasifik, membuat Hawaii dianugerahi pemandangan alam yang istimewa dan tak mungkin Anda temukan di tempat-tempat lain di muka bumi ini. Tak heran jika banyak orang dari berbagai penjuru dunia ini mulai dari orang biasa, selebritis hingga politisi dan pemimpin negara memilih Hawaii sebagai destinasi liburan mereka.

Traveler dari Indonesia pun banyak yang berkunjung ke Hawaii, karena mengetahui betul betapa tempat ini layak disebut sebagai surga dunia. Hawaii sendiri merupakan negara bagian Amerika, yang terdiri dari ratusan kepulauan yang terbentang seluas kurang lebih 1500 mil atau sekitar 2400 km persegi. Dari ratusan pulau yang menjadi bagian dari Hawaii ada 8 terbesar yang dikenal di kalangan wisatawan yakni the Island of Hawaiʻi, Molokaʻi, Lānaʻi, Kauaʻi, Niʻihau, Maui, Kahoʻolawe,  dan Niʻihau. Menurut sensus pada tahun 2015 yang silam, jumlah penduduk Hawaii mencapai 1,431,603 atau menduduki urutan ke empat puluh dari pulau berpenduduk paling banyak di dunia ini.

Merupakan bagian dari kepulauan Polinesia dan terletak di tengah-tengah samudera Pasifik, Hawaii memiliki iklim tropis plus bentang alam yang unik dan indah sekali. Meskipun merupakan kepulauan tropis, namun Hawaii tak sepanas pulau-pulau lain beriklim sama. Udara di sana cenderung hangat sehingga jadi tempat favorit orang untuk menghabiskan liburan di musim dingin.

Pulau ini diketahui memiliki pantai-pantai yang sangat indah sekali, dengan air laut yang cenderung tenang yang masih sangat bersih dan belum tercemar sama sekali. Tak hanya pantai, Hawaii juga diketahui sebagai salah satu pulau di mana gunung api yang masih aktif atau sudah tidak aktif lagi memenuhi tempat yang indah ini. Hutan yang masih asri dengan ragam flora dan fauna yang sebagian dibiarkan di habitat aslinya, menambah nilai lebih untuk Hawaii. Selain itu, pulau ini juga dikenal dengan keramahan penduduknya dan juga keragaman budayanya, yang membuat orang betah berlama-lama untuk traveling ke pulau Hawaii ini.

Namun selain itu semua masih banyak hal menarik yang hanya bisa ditemui oleh traveler saat mengunjungi Hawaii. Tak hanya cocok untuk bulan madu mengingat view pantainya yang cantik dan romantis, Hawaii juga cocok kok untuk jadi destinasi traveling ketika liburan tiba baik bersama dengan teman atau kerabat. Masih ragu untuk menjadikan Hawaii destinasi traveling untuk liburan? 10 alasan berikut bisa jadi pertimbangan untuk Anda mengapa harus memilih Hawaii sebagai destinasi traveling yang tepat saat liburan. Apa saja itu?

Iklim yang ramah dan bersahabat

Hawaii memang tempat yang jadi favorit banyak orang yang tinggal di negara sub tropis. Namun para traveler dari negara tropis seperti Indonesia pun tak masalah bila mengunjungi pulau yang cantik ini. Pasalnya Hawaii punya iklim yang sangat bersahabat baik untuk traveler dari negara tropis dan sub tropis. Hawaii memang panas, namun udaranya cenderung hangat karena dikelilingi oleh lautan luas.

Selain itu ada yang unik di Hawaii yang tak ditemukan di pulau-pulau lain. Sebagian wilayah di Hawaii nyaris tak pernah mengalami hujan sama sekali. Daerah tersebut umumnya di sekitar pantai seperti Pantai Kolaha contohnya, sehingga cocok untuk berjemur dan menggelapkan kulit. Meskipun tak pernah hujan, namun daerah ini tetap terlihat asri dan juga rimbun. Tak pelak karena keunikannya inilah, Hawaii jadi pilihan yang tepat untuk Anda yang ingin berlibur ke tempat yang indah ini.

Tak hanya pantai, Hawaii adalah pulau yang tepat untuk hiking

Sumber: mauimagazine.net

Hawaii memang dikenal dengan pantainya yang sangat indah dan mempesona. Hampir di semua bagian pulau-pulau di Hawaii punya pantai yang sayang jika tak dijelajahi. Namun pantai bukan satu-satunya pesona yang dimiliki oleh pulau cantik ini. Jangan lupa bagi pecinta adrenalin atau olah raga menantang, maka Hawaii adalah surganya untuk melakukan hiking ke tempat-tempat yang mungkin belum pernah Anda dengar sebelumnya.

Hawaii memang punya banyak trek hiking yang sangat menantang untuk dijelajahi. Trek hiking ini dikelilingi oleh gunung, lembah, gunung berapi yang masih aktif, atau hutan yang masih sangat terjaga kelestariannya. Biasanya hiking di Hawaii dimulai di Hawaii Volcanoes National Park. Anda juga bisa mulai hiking di The King’s Trail di mana Anda akan melewati situs budaya bersejarah di Hawaii ini.

Surganya peselancar yang sayang untuk dilewatkan

Belum cukup menantang dengan hiking di berbagai tempat di Hawaii, Anda bisa menguji nyali dengan menunggangi ombak di lautan sekitar pantai pulau ini. Hawaii memang kepualauan yang dikelilingi olah samudera Pasifik yang maha luas itu. Ini memberikan keuntungan bagi Hawaii yang memiliki pantai dengan pamandangan yang indah dan tidak ditemukan di tempat-tempat lain di muka bumi ini.

Tak hanya itu, Hawaii juga punya ombak yang cocok untuk surfer dari seluruh penjuru dunia. Berbagai event surfing kerap dilakukan di berbagai tempat di pulau Hawaii ini. Hawaii memiliki ombak yang panjang dan juga bervariasi, yang sangat disukai oleh surfer dari berbagai penjuru dunia. Salah satu spot terbaik untuk surfing di Hawaii adalah sekitar The North Shore yang punya ombak cukup bagus saat musim dingin tiba, sehingga tempat ini selalu jadi tujuan surfer dari berbagai tempat di dunia ini.

Sensasi menunggang kuda di tepi pantai

Bagi Anda yang traveling ke Hawaii untuk menikmati liburan yang menyenangkan, jangan lewatkan sensasi berkuda di sekitar pantai kepulauan ini. Menjelajah pantai-pantai sekitar Hawaii akan semakin lengkap jika Anda melakukanya sambil menunggang kuda. Dengan didampingi pemandu, Anda akan diajak untuk berkuda di tepi pantai sambil menikmati semilir angin laut, ombak yang berdebur dan juga menikmati sunset ataupun sunrise.

Ada banyak perternakan kuda yang dibuka untuk umum di sekitar pantai di Pulau Hawaii ini, salah satunya adalah Kahua Ranch di mana Anda bisa menunggang kuda secara langsung atau menaiki kereta tradisional yang ditarik kuda.

Menikmati keindahan bawah laut lewat snorkeling

Satu lagi alasan mengapa Anda harus menjadikan Hawaii sebagai destinasi traveling saat liburan tiba. Hawaai tak hanya punya pantai yang indah di permukaanya, tapi kekayaan bawah lautnya juga sangat memukau sekali. Anda bisa melakukan snorkeling sambil melihat ikan-ikan berwarna warni, yang berenang secara bebas di antara anemon atau terumbu karang di tempat ini.

Di tempat ini Anda bisa melihat biota laut dari samudera Pasifik. Salah satunya yang jadi favorit wistawan adalah penyu laut hijau dan ikan-ikan tropis dengan warna-warni cerah yang cantik. Biasanya Anda akan diajak untuk naik kapal pesiar kecil atau boat untuk menuju spot yang tepat guna melakukan snorkeling ini.

Berenang bersama dengan lumba-lumba di habitat aslinya

Menjadikan Hawaii sebagai destinasi liburan saat traveling, memberikan Anda kesempatan untuk berenang bersama dengan lumba-lumba di habitat asli mereka. Ya, saat liburan ke Hawaii, jangan sampai Anda melewatkan kesempatan untuk berenang bersama dengan lumba-lumba samudera Pasifik yang hanya bisa Anda rasakan di tempat ini.

Untuk bisa menikmati sensasi berenang bersama dengan lumba-lumba ini, Anda perlu datang ke taman laut Ohau dan The Big Island sebagai salah satu penangkaran lumba-lumba di hawaii. Namun bagi yang punya nyali lebih dan ingin menjajal sensasi berenang bersama lumba-lumba liar di habitat aslinya, maka tempat terbaik yang harus dituju adalah Kailua-Kona.

Punya angaran lebih? Nikmati keindahan Hawaii menggunakan helikopter

Sumber: tripsavvy.com

Bagi Anda yang punya anggaran melimpah saat traveling ke Hawaii, salah satu hal yang patut untuk dijajal adalah menaiki helikopter dan melihat keindahan pulau ini dari atas. Keindahan Hawaii akan tereksplore sepenuhnya ketika Anda terbang rendah dengan helikopter dan mengelilingi pulau yang sangat cantik ini.

Terbang dengan menggunakan helikopter, berarti Anda punya kesempatan untuk melihat gunung api yang masih aktif di The Big island yang sangat mashur itu. Anda akan diajak merasakan sensasi hangat gunung api di tempat ini namun tetap pada jarak yang cukup aman, dengan terbang menggunakan helikopter ini.

Scuba diving yang patut dicoba

Selain snorkeling, scuba diving juga jadi alasan lain mengapa harus menjadikan Hawaii sebagai destinasi liburan saat traveling. Laut sebening kristal di Hawaii adalah surganya scuba diving yang wajib untuk dijelajahi. Salah satu spot terbaik untuk melakukan scuba diving adalah di bagian timur kepualauan Hawaii ini.

Jika Anda belum mahir betul melakukan scuba diving, bisa belajar dulu di pantai Leleiwi yang menyediakan instruktur profesional sekaligus sertifikat bagi Anda yang melakukan pelatihan disana. Jika sudah merasa mahir, maka segeralah menuju Kona sebagai spot terbaik dengan air yang sangat jernih untuk melakukan scuba diving ini.

Melihat ganasnya lava gunung berapi bertemu air laut

Hanya di Hawaii saja Anda akan melihat lava gunung merapi yang masih aktif, mengalir secara bebas menuju ke samudera luas. Salah satu gunungg api paling terkenal di Hawaii sekaligus yang masih aktif hingga kini adalah Mauna Loa, yang sangat mengerikan namun mengundang wisatawan untuk datang berkunjung.

Atau jika ingin mengambil gambar lava panas membara yang bertemu dengan air laut yang sangat dingin, maka Anda bisa mengunjungi Kilauea sebagai gunung api paling aktif di antara 5 gunung berapi lain di pulau Hawaii ini.

Santai di pantai

Hawaii memang pulau yang wajib untuk dieksplore jika Anda traveling ke tempat yang cantik ini. Namun Anda tak harus memaksakan diri untuk hiking atau diving saat datang ke tempat ini. Duduk di tepi pantai sambil menikmati keindahan alam sekitar adalah alasan terkahir mengapa Hawaii harus jadi destinasi traveling Anda saat liburan.

Menikmati minuman tropis dengan bersantai di tepi pantai adalah hal terbaik yang bisa Anda lakukan ketika sedang di Hawaii ini. Jangan lupa untuk belajar menari hula-hula bersama dengan penduduk lokal yang ramah serta murah senyum dan dengan senang hati akan mengajarkan tarian khas dari pulau Hawaii ini.

1301

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here